Cuma 2 Jam, Hyundai Ioniq 5 Langsung Ludes di Australia!

Cuma 2 Jam, Hyundai Ioniq 5 Langsung Ludes di Australia!

Mobil listrik terbaru Hyundai Ioniq 5 baru saja memasuki pasar Australia. Namun tak butuh waktu lama, dalam hitungan 2 jam mobil listrik terbaru Hyundai itu langsung ludes terjual. Tingginya antusias dan minimnya stok unit kendaraan menjadi penyebabnya.

Menurut laporan dari Car Expert, dilansir dari Paultan, total 240 unit Hyundai Ioniq 5 langsung habis dibeli warga Australia. Dengan 70 unit yang sudah dipesan sebelum unit tersedia. Sedang sisa 170 unit langsung ludes dalam waktu 2 jam saja. Jumlah itu lebih sedikit dari total unit yang sebelumnya disebut bakal masuk Negeri Kanguru. Meski langsung habis, pihak manufaktur tak langsung siap sedia untuk stok ulang Ioniq 5.

Sebabnya, ada gangguan produksi dan pasokan akibat dari kelangkaan chip semiconductor. Menurut Hyundai, mereka akan kembali memboyong Ioniq 5 setelah mendapat kejelasan terkait suplai kendaraan. Yang berarti, kemungkinan tercepatnya adalah awal tahun depan.

Hyundai Ioniq 5

Baca juga: Alasan Memilih Hyundai STARIA Sebagai MPV Mewah Bagi Keluarga

Disebutkan, Hyundai bakal melepas stok berikutnya untuk pasar Australia setelah produksi kembali dijadwalkan. Guna memastikan waktu yang pas untuk pengiriman kepada konsumen. Jadwal alokasi berikutnya kemungkinan bakal tersedia 160 unit, sebagai pemenuhan kuota total 400 unit yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Hyundai Ioniq 5 ditawarkan dalam dua varian di Australia. Varian bawah dengan single motor menggerakkan roda belakang bertenaga 218 PS dan varian AWD dengan dua motor yang punya daya 306 PS. Keduanya tak banyak berbeda soal kelengkapan. Termasuk kapasitas baterai yang digendong, dengan paket 7,6 kWh lithium-ion.

Arsitektur kelistrikan hebat memungkinkan fleksibilitas pengisian baterai dengan sistem multi-charging pada Ioniq 5. Bisa berganti dari sistem 400 V dan 800 V tanpa perlu adaptor tambahan. Yang berarti, bisa diisi dayanya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam 18 menit saja. Menggunakan DC fast charger 350 kW. Jika diibaratkan dari hitungan WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure), dalam pengisian daya 5 menit bisa menambah jarak tempuh hingga 100 km.

Hyundai Ioniq 5 2022

Hyundai Ioniq 5 varian AWD diklaim punya akselerasi 0 - 100 km/jam dalam 5,2 detik. Performa yang hebat berkat catatan torsi 605 Nm. Meski hadir sebagai varian pemuas performa, klaim jarak tempuhnya masih impresif. Bisa mencapai 461,9 km. Sementara versi motor penggerak roda belakang berbekal baterai 73 kWh, diunggulkan dengan estimasi kemampuan jelajah hingga 470 - 480 km dalam kondisi baterai penuh.

Soal harga, Ioniq 5 di Australia dibanderol AUD$71.900 atau sekitar Rp 751 jutaan untuk versi satu motor. Varian dua motor atau AWD diberi harga AUD$75.900, senilai Rp 792 jutaan. (Tom)

Sumber: Paultan

Baca juga: Harapan untuk Low MPV Baru Hyundai di Indonesia

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil