Collectible Item, Mazda3 100th Anniversary Edition Hanya Ada 20 Unit di Indonesia

Collectible Item, Mazda3 100th Anniversary Edition Hanya Ada 20 Unit di Indonesia

Pabrikan asal Jepang, Mazda, merayakan usianya yang ke-100 tahun pada tahun ini. Untuk menandai umur 1 abad, Mazda melansir edisi anniversary dalam jumlah terbatas. Model edisi spesial ini juga hadir di Indonesia. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai pemegang merek Mazda di Tanah Air merilis satu model edisi khusus dan terbatas, yaitu Mazda3 Hatchback 100th Anniversary Edition.

Selain jumlah unit yang terbatas, Mazda3 ini juga punya berbagai keistimewaan yang tidak bisa didapatkan pada versi standar. Untuk momen spesial, tentunya ditandai dengan mobil yang spesial juga.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk dapat merayakan 100 tahun Mazda di dunia dengan menghadirkan varian Mazda3 100th Anniversary Edition di Indonesia,” jelas Ricky Thio, Managing Director PT EMI. “Hal ini merupakan suatu bentuk penghargaan dan komitmen kami bagi seluruh pelanggan dan pencinta Mazda di Indonesia, karena unit ini sangat diminati oleh banyak konsumen di seluruh dunia dan kami berhasil mendatangkan 20 unit untuk konsumen Indonesia.”

Dengan hanya 20 unit Mazda3 100th Anniversary Edition tentunya ada beberapa penanda yang yang membuat mobil ini sangat istimewa. Apa saja?

Mazda3 100th Anniversary Edition

Eksterior

Pertama, jika melihat eksteriornya, Mazda memoles semua model untuk edisi ini dengan cat berwarna Snowflake White Pearl Metallic. Warna ini sebenarnya sudah tersedia sebagai standar di seluruh model Mazda terkini, namun dipilih khusus sebagai identitas dari edisi 1 abad. Warna ini adalah simbol warna passenger car pertama Mazda yaitu R360 yang dibuat tahun 1960. Kalau kita perhatikan beberapa tahun ke belakang, Mazda justru khas dengan warna Soul Red yang diusung sejak awal model berdesain Kodo.

Eksterior juga masih menampilkan warna khusus pada velg 19 inci, yang berubah menjadi hitam metalik. Di titik pusat velg diberikan sentuhan dop (center mini cap) dengan logo 100th Anniversary, dengan aksen warna merah. Kemudian masih di dekat area roda depan, terpasang emblem 100th Anniversary pada fender depan, dengan keterangan tahun 1920-2020.

Baca juga: Menerka Peluang Masuknya Hyundai Palisade, Rival Mazda CX-9 di Indonesia

Mazda3 100th Anniversary Edition

Kabin

Sentuhan ala 100 tahun kemudian berlanjut ke dalam kabin. Begitu masuk, langsung dapat dijumpai trim panel soft touch pada dashboard dan pintu berubah warna. Lapisan bahan kulit yang standarnya merah, menjadi putih terang. Lapisan kulit warna putih itu juga dapat aksen jahitan berwarna sama. Nuansa triple-tone meriahkan kabin, lewat warna hitam, putih, dan merah.

Kulit warna merah bawaan standar Mazda3 Hatchback dipertahankan untuk jok. Namun ada penanda pada headrest jok depan, yang dibuat embos logo 100th Anniversary. Kemudian aplikasi warna senada hadir pada karpet lantai. Pada karpet juga tersemat emblem logo 100th Anniversary, agar siapapun yang berada di dalam Mazda3 ini sadar berada di dalam mobil yang spesial.

Mazda3 100th Anniversary Edition

Spesifikasi

Bicara soal fitur dan spesifikasi, sebenarnya tidak ada yang berubah sama sekali dibandingkan edisi reguler. Tapi ada beberapa bagian yang mendapatkan penanda sebagai edisi ulang tahun. Misalnya, remote kunci atau key fob, juga diberi sentuhan embos logo 100th Anniversary oleh pabrikan yang juga populer lewat RX-7 bermesin Wankel. Kunci tersebut dikemas khusus dan box eksklusif, disertai kartu nomor seri dan merchandise eksklusif dari Mazda Indonesia.

Di balik bonnet hatchback berdesain cantik ini, Mazda memasang mesin empat silinder SkyActiv-G 2,0 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga 153 hp dan torsi 200 Nm, tak ada yang berbeda. Sistem transmisi juga tidak berubah, dengan mengandalkan varian otomatis 6-speed dengan teknologi SkyActiv-Drive.

Lantaran hanya tersedia 20 unit, artinya hanya segelintir konsumen di Indonesia yang cukup beruntung untuk bisa memiliki mobil yang istimewa ini. Bahasa kerennya collectible item. PT EMI mengumumkan harga untuk Mazda3 100th Anniversary Edition ini yaitu Rp 533,8 juta (OTR Jakarta). Jadi, kalau berminat langsung saja datangi dealer resmi Mazda terdekat. Oh ya, PT EMI tidak melayani pesanan di luar 20 unit tadi dan juga tidak akan melayani pesanan model 100th anniversary di luar model Mazda3 ini. (Why/Raju)

Baca juga: 5 Mobil Hebat yang Pernah Dibuat oleh Mazda

Jelajahi Mazda 3 Hatchback

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Bandingkan & Rekomendasi