Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021, Best Hybrid: Toyota Corolla Cross Hybrid

Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021, Best Hybrid: Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota menjadi pionir dalam kendaraan hybrid di Tanah Air. Ketika beberapa pabrikan baru mulai menjual, Toyota sudah memiliki deretan mobil ramah lingkungan ini. Yang terbaru adalah Corolla Cross Hybrid. Sejak dulu Corolla merupakan salah satu sedan berukuran medium merek Jepang paling asyik dikendarai, dari generasi ke generasi. DNA keasyikan berkendara itu akhirnya digunakan dan dikembangkan menjadi sosok SUV (Sport Utility Vehicle) lewat Corolla Cross. Daizo Kameyama, Chief Engineer Toyota Motor Corporation dalam presentasinya kala peluncuran di Thailand menyebutkan; "Konsep mobil ini adalah 'Corolla Meets SUV’.

Platform yang dipilih serumpun dengan Corolla. Mengadopsi rancang bangun Toyota New Global Architecture (TNGA). Landasan yang jadi basis untuk pengembangan Prius, C-HR, Levin, bahkan Lexus UX. Dimensi berukuran medium ini diyakini bisa menyajikan keunggulan SUV tanpa berkompromi pada keasyikan berkendara.

Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan. Mesin konvensional 2ZR 1,8 liter jadi basis untuk dua pilihan ini. Imbuhan motor elektrik yang jadi pembedanya. Dari segelintir pilihan mobil hybrid di Indonesia, Toyota Corolla Cross Hybrid boleh dibilang punya harga yang cukup terjangkau di pasaran. Dia tidak hanya hadir sebagai varian SUV (Sport Utility Vehicle) pertama di keluarga Corolla, tetapi juga berhasil menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia, sekaligus mendukung semangat menghadirkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. 

CEC 2021 Toyota Corolla Cross Hybrid

Corolla Cross Hybrid termasuk produk paling segar dan benar-benar baru meski menganut nameplate lama. Melalui teknologi hybrid, membuat mobil ini jadi pilihan terbaik untuk menunjang mobilitas dan merujuk pada kendaraan ramah lingkungan di masa depan. Pasalnya, konsumsi  bahan bakar yang efisien, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

Produk yang dilansir oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 2020 ini, mengisi segmen Hybrid Electric Vehicle (HEV) alias mobil hybrid yang mengkombinasikan tenaga baterai dengan mesin konvensional ICE (Internal Combustion Engine). Dengan kata lain, teknologinya tidak membutuhkan infrastruktur rumit. Misal charging station dan tak perlu mengkhawatirkan pengecasan ulang. Cukup mengisi bensin saja, mesin konvensional berfungsi membantu pengisian baterai untuk menggerakkan motor listrik. Pada saat mobil jalan, baik mesin pembakaran dan baterai beroperasi bergantian sesuai kebutuhan.

Mengusung mesin Completely Built-Up (CBU) dari Thailand berkode 2ZR-FXE. Dengan kapasitas 1.798 cc, 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i dan mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS dibarengi torsi puncak 142 Nm. Disokong pula dorongan motor listrik sekuat 72 PS plus torsi 163 Nm. Hasil itu ditorehkan dari baterai nickel-metal hydride 28 modules 168 cells di atas papan konstruksi TNGA. 

CEC 2021 Toyota Corolla Cross Hybrid

Desain eksterior

Desain eksterior kental dengan pengaruh DNA RAV4. Tapi permukaan tubuhnya cenderung minim sudut. Bodinya memperlihatkan sebagai crossover modern. Bentuk grille seperti sarang tawon, dikombinasikan apik dengan rumah lampu berisi pendar LED tampak lebar menyipit. Mengenakan eyeshadow kebiruan sebagai diferensiasi dengan model konvensional. Melirik ke bawah, apron hitam memberikan nuansa tangguh bak elemen bull bar. Area dagu disudahi oleh fog lamp LED dan elemen skid plate metalik.

Bagian atap melekat power moonroof. Terdapat ornamen trim kromium di beberapa tempat. Roda berukuran 18 inci mengisi penuh ruang sepatbor. Tak hanya penerangan utama, lampu kabut, hingga lampu kombinasi belakang sudah mengadopsi unit LED. Semua komponen itu diberikan sebagai barang pencipta kesan mewah.

Corolla Cross jelas bisa dijadikan jawaban kalau menginginkan rasa sedan dibalut kepraktisan SUV. Pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus menghasilkan tingkat peredaman yang empuk. Bagian interior pun mendapat penataan apik, kesan mewah dan gaya eksklusif yang terasa cukup kuat. Material yang dipakai pun berkualitas, sehingga pengemudi maupun penumpang dibuat nyaman sepanjang perjalanan.

CEC 2021 Toyota Corolla Cross Hybrid

Interior

Corolla Cross terang-terangan membawa nuansa sang sedan dalam kabin. Dapat dilihat rancangan dasbor identik, menyuarakan kesan berkelas dari perpaduan nuansa hitam bersama detail aksen silver. Bahan kulit sintetis bermotif polos campur perforated lantas membungkus jok. Ditemukan pula beberapa titik pembungkus leather misal pada shift knob dan lingkar kemudi.

Bagian dashboard terdapat dua kisi AC di titik terluar yang saling terhubung lewat ornamen perak melintang. Lalu, di tengah bertengger sarana hiburan berupa layar sentuh berukuran 9 inci yang berisi fungsi AM/FM Stereo, Bluetooth, Miracast, Voice Command hingga Near Field Communication (NFC). Fitur yang sangat berguna saat ingin mengecek saldo e-money. Kontrol audio pun dapat dilakukan lewat palang setir.

Fitur kabin modern juga menunjang kenyamanan berkendara. Ada pendinginan kabin, terlaksana lewat perangkat Dual Zone Automatic Climate Control. Headroom dan akses lapang berkat atap tinggi serta punya bagasi ekstra. Itu merupakan penambahan nilai dari sebuah platform berikut rancangan kabin sedan. 

CEC 2021 Toyota Corolla Cross Hybrid

Secara dimensi, ia punya panjang keseluruhan hingga 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dan wheelbase 2,640 mm. Figur ini menjanjikan ruang cukup untuk kenyamanan 5 penumpang dewasa. Buat kapasitas bagasi, klaimnya mencapai 487 liter dan bisa dioptimalkan untuk mengangkut koper, barang belanjaan, stroller si kecil dan bahkan tas golf. Kompartemen penyimpanan juga didesain rapi di konsol tengah, pintu dan di dasbor penumpang depan.

Melihat detail kelengkapan, bisa dibilang menawarkan fitur yang berkelas. Smart entry misalnya, memungkinkan akses kabin tanpa perlu berinteraksi dengan kunci. Kemudahan akses bagasi dilengkapi dengan Power Back Door berikut Kick Sensor. Tinggal ayunkan kaki lalu kap bagasi terbuka.

Posisi duduk dapat diatur secara elektris. Di sisi kelengkapan pendukung, start/stop button eksis juga  perangkat kunci pintar. Moon Roof hadir untuk memberikan kemewahan dengan model atap kaca yang bisa dibuka tutup. Untuk memudahkan parkir sudah terpasang kamera parkir dan sensor depan-belakang.

CEC 2021 Toyota Corolla Cross Hybrid

Tak kalah penting adalah safety features komprehensif. Meliputi Hill-Start Assist Control (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signals (EBS), 7 airbags, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Ditambah pula sabuk pengaman tiga titik bagi seluruh penumpang dengan dua di depan lengkap kemampuan tarik-ulur otomatis saat terjadi celaka (pretensioner + force limiter).

Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi pendatang baru paling serius dengan tampilan yang mengesankan. Didukung oleh nama besar Toyota dan mesin hibrida bertenaga. Kehadirannya menjadi alarm bahaya bagi pesaingnya di segmen SUV kompak Tanah Air.

Kesimpulan

Berkat pengembangan teknologi mesin hybrid oleh pabrikan untuk Corolla Cross Hybrid, SUV/crossover ini menjadi hybrid dengan harga terjangkau dalam line-up pabrikan. Racikan terkini yang dibenamkan, membuat kendaraan memiliki level konsumsi BBM yang efisien, namun tidak mengorbankan performa dan kesenangan mengemudi. Resep jitu yang membuat Corolla hebat di segmen sedan, tetap diwariskan pada versi SUV. Tak salah kalau gelar Best Hybrid  Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive jatuh kepadanya. (ZENUAR YOGA)

TOYOTA COROLLA CROSS HYBRID

LAYOUT: Mesin depan, 5 pintu, 5 penumpang, FWD, MESIN: Bensin 4-silinder 1.8L DOHC, 98 PS @ 5.200 rpm / 142 Nm @ 3.600 rpm, Motor Elektrik 72 PS / 163 Nm, TRANSMISI: CVT, DIMENSI: 4.460 mm x 1.825 mm x 1.620 mm, WHEELBASE: 2.640 mm, KAPASITAS TANGKI BBM: 36 liter 

Jelajahi Toyota Corolla Cross

Model Mobil Toyota

  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Avanza Veloz
    Toyota Avanza Veloz
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota CHR
    Toyota CHR
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota 86
    Toyota 86
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
Mobil Toyota

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Toyota Corolla Cross Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Corolla Cross

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang