Bocor Spesifikasi Suzuki Jimny 5-Pintu, Indikasi Kuat Segera Meluncur

Bocor Spesifikasi Suzuki Jimny 5-Pintu, Indikasi Kuat Segera Meluncur
Gambar
Review Pengguna

Setelah kehadiran Suzuki Jimny, para penggemarnya belum juga puas. Yap, mereka masih berharap hadirnya model 5 pintu. Tapi Suzuki Jimny wheelbase panjang berpintu 5 kini bukan lagi wacana. Pengembangan sedang dilakukan pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang itu. Bahkan sudah beredar penampakan saat sedang diuji. Keinginan pasar akan sosok Jimny yang lebih roomy bakal segera terwujud. Meski belum dapat dipastikan kapan, tapi bocoran spesifikasi teknis mengindikasikan tak lama lagi.

Informasi didapat Creative311 dari laman Facebook. Detailnya cukup jelas terutama ukuran dimensi. Karena sektor itulah yang paling membedakan dengan Jimny 3-pintu. Panjang bertambah 300 mm jadi 3.850 mm. Hal ini pun berpengaruh pada jarak sumbu rodanya yang menjadi lebih panjang dibanding model reguler atau yang saat ini dipasarkan. Wheelbase melar hingga 300 mm ke 2.550 mm.

Sementara bagian lain tetap sama seperti versi pendek. Lebarnya 1.645 mm, tinggi 1.730 mm dan ground clearance 210 mm. Selain urusan dimensi, pelek tetap menggunakan dimensi 15 inci. Yang baru, ada tambahan opsi warna white dan brown meski belum diketahui persinya apa. Sehingga total menjadi 10 warna serta ada kemungkinan variasi two-tone.

Suzuki Jimmy 5 doors render

Membayangkan Suzuki Jimny dengan tambahan pintu belakang tidak sulit. Kolesa pernah membuat reka gambar yang begitu nyata dan mungkin sekali bakal seperti itu. Desain bodi kaku praktis memudahkan penambahan pintu tanpa perlu merombak banyak bagian. Tinggal memanjangkan wheelbase lalu selipkan pintu. Resepnya bisa dibilang sama seperti Jeep mengubah Wrangler menjadi Wrangler Unlimited. Transformasi penambahan kabin pun semestinya serupa.

Penggunaan wheelbase yang panjang, membuat kabin semakin praktis untuk mengangkut orang lebih banyak. Sehingga cocok dibeli konsumen berkeluarga yang ingin mengajak bertualang ramai-ramai. Akomodasi tak akan sepelit Jimny 3-pintu dengan kursi belakang sempit. Namun kalkulasi perlu dilakukan dari efek penambahan wheelbase dan dimensi. Umumnya bakal mempengaruhi kemampuan off-road.

Urusan spek teknis memang tidak ada perubahan. Masih mengikuti model global atau di Jepang masuk trim Sierra. Sama juga seperti yang beredar di Indonesia, mesin mengandalkan unit K15B seperti kepunyaan Ertiga. Mesin dengan kapasitas 1.500 cc ini yang mampu menghasilkan tenaga 102 ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm di 4.000 rpm. Bedanya diposisikan membujur untuk tersambung ke gardan belakang. Sasis ladder-frame menopang bodi dan berisi konstruksi rigid axle. Transmisi tersedia manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed.

Baca juga: Tambah Murah, Suzuki Ertiga dan XL7 Dapat Korting Ekstra

Suzuki Jimmy interior

Bodi panjang dan 5-pintu sebenarnya tidak asing buat Jimny. Dulu memang pernah ada versi wheelbase panjang. Tepatnya generasi kedua yang punya banyak sekali varian. Di Indonesia akrab dengan sebutan Jimny long ex BRI. Versi lain bersasis melar banyak dikreasikan menjadi kabin plus tambahan pintu. Ada Jimny Katana dibuat 5 pintu, ada juga berdandan a la Land Rover Discovery dengan julukan Katana Corsica.

Sekarang tinggal menanti wujud asli Jimny 5-pintu muncul. India kemungkinan mengeluarkannya terlebih dulu. Sebab di sana jugalah pusat produksi berada, selain pabrik Kosai di Jepang. Disiapkan untuk melawan pemain lokal Mahindra Thar. Sekaligus alternatif selain segmen Sub4m seperti Kia Sonet, Hyundai Venue, dan Maruti Vitara Brezza. Maruti Suzuki pun menjadi harapan market yang sulit memenuhi membludaknya permintaan Jimny. Tentu saja ada harapan bisa diekspor juga ke Tanah Air. Mengabulkan asa akan banderol yang logis.

Sebagai informasi, saat ini Suzuki Indomobil Sales membanderol Jimny 3 pintu di angka Rp 395,5 juta untuk single tone M/T sampai Rp 411 juta untuk two tone A/T yang menjadi varian tertinggi. Itupun harus menunggu lantaran daftar inden yang mengular. (Odi/Raju)

Sumber: Creative311

Baca juga: Dua Mobil Bikinan Suzuki Indonesia Ini Sangat Diminati Pasar Luar Negeri

Jelajahi Suzuki Jimny

Suzuki Jimny Rp 395,5 - Rp 411 Juta Cicilan : Rp 9,02 Juta

Bandingkan & Rekomendasi