• Wishlist

BMW M8 Gran Coupe, Ras Campuran Penantang AMG GT 4-Door

BMW M8 Gran Coupe, Ras Campuran Penantang AMG GT 4-Door

Rivalitas duo pabrikan otomotif raksasa Jerman, kembali berkobar. Penyulutnya, BMW melahirkan kembali ras campuran sedan-kupe bertenaga tinggi: M8 Gran Coupe. Penantang langsung AMG GT 4-Door ini, punya potensi tenaga lebih dari 600 hp.


BMW M8


Mendengar sebutan M dari BMW membuat perhatian tertuju pada performa dan pengendalian. Sektor dapur pacu mengandalkan unit yang berasal dari M8 Coupe, 4.4L V8 dengan M TwinPower Turbo. Di titik 6.000 rpm, unit V8 ini sanggup mengail tenaga sebesar 600 hp. Namun jika masih merasa kurang bisa memilih varian M8 Competition Gran Coupe. Racikan khusus BMW ini menyuguhkan tambahan 25 hp.


Figur daya yang dimilikinya menyerupai X5M dan X5M Competition. Momen puntir ekstra besar, 750 Nm, diraih dari 1.800 rpm. Dorongannya bisa dipastikan lebih spektakuler, karena bobot M8 ini 330 kg lebih ringan ketimbang SUV superkencangnya.



Seluruh potensi daya disalurkan melalui Transmisi M Steptronic 8-percepatan. Fungsi Drivelogic yang dimiliki, mengizinkan pengemudi mengatur karakteristik perpindahan gigi. Sistem M xDrive mengarahkan distribusi tenaga ke empat roda. Kendati demikian, porsi roda depan hanya ditujukan sebagai pembantu kontrol kendali. Mereka ingin menghadirkan dinamisme penggerak roda belakang di mobil ini.


BMW M8 Gran Coupe, sepertinya memang dirancang untuk bersenang-senang. Dalam keterangan resmi BMW disebutkan, sistem M xDrive memungkinkan untuk drifting yang terkendali. Seolah disarankan untuk melakukan drifting karena lebih mudah. Bila merasa yakin dan jago mengemudi, penyaluran tenaga ke depan bisa diputus total melalui satu tombol.



Akselerasi 0-100 kpj dalam tempo 3,3 detik diraih berkat kombinasi mesin dan transmisi canggihnya. Spek kompetisinya selisih 0,1 detik lebih cepat soal akselerasi. Kecepatan maksimum dibatasi sampai 250 kpj, namun bisa ditembus hingga 305 kpj dengan membeli opsi M Driver’s Package.


Kepraktisan sedan dalam balutan dress kupe nan cantik, dipastikan sukses membuat semua mata tertuju padanya. Apalagi setelah diberikan sentuhan detil agresif ala divisi M di sekujur tubuh. Bukaan kanal udara serta garis mukanya meliuk tajam. Untung saja proporsi kidney grille tidak dirancang terlalu besar seperti flagship BMW lain. Di bawah bokong tebalnya terdapat apron beraksen hitam, serta empat buah pipa gas buang, meningkatkan gaya agresif sedan seksi ini.



Desain interior juga tak ketinggalan dikaryakan oleh divisi M, tanpa menghilangkan aura kemewahan. Suasana kokpit dihiasi trim karbon serta aksen merah di tombol M dan start/stop engine. Tuas selektor transmisinya bergaya baru. Tuas ini dibalut material kulit dengan jahitan warna M GmbH, dilengkapi integral lighting. Sport seat dibalut material Merino Leather (M8 Gran Coupe) atau Full Leather (M8 Competition Gran Coupe).


First Edition Model, sudah tersedia saat peluncuran sports car berpintu empat ini. Totalnya hanya 400 unit dengan perpaduan warna eksklusif seperti mobil konsepnya: BMW Individual Aurora Diamond Green Metallic beraksen Gold Bronze di beberapa titik. Belum diketahui berapa nominal yang bisa ditebus untuk first edition ini. Namun, melansir dari Motor1, banderol M8 Gran Coupe di AS dimulai dari 130.000 USD (Rp 1,84 miliar) dan 143.000 USD (Rp 2,03 miliar) untuk M8 Competition Gran Coupe. Rentang harganya lebih murah 3.000 USD (Rp 42,5 juta) ketimbang versi Coupe. (Krm/Odi)


Baca Juga: BMW Alpina B3 Touring, Salah Satu Wagon Tercepat Dunia

Jelajahi BMW 8 Series Coupe

BMW 8 Series Coupe Rp 3,74 - Rp 4,29 Milyar Cicilan : Rp 85,31 Juta

Bandingkan & Rekomendasi