jakarta-selatan
kali dibagikan

BMW M2 Competition Adopsi Kehebatan M3 dan M4

  • 18 Apr, 2018
  • 2733 Kali Dilihat

Akhirnya selubung BMW M2 Competition dibuka. Model ini sebenarnya versi penyegaran, menggantikan posisi M2 Coupe yang beredar sejak 2016. Mobil ini telah ditunggu-tunggu penggemar BMW M, yang menginginkan performa lebih hebat lagi dari basis 2-Series Coupe. Benar saja, bukan hanya facelift belaka, melainkan ada jantung mekanis baru yang bersamayam di coupe kompak satu ini. Menjadikannya mobil sport serius terbaru dari M Division, yang bisa menyamai keagresifan BMW M3 maupun M4.


BMW M2 Competition Adopsi Kehebatan M3 dan M4


Karena BMW membenamkan mesin sama yang dipakai M3 dan M4. Tidak lagi pakai mesin N55 dan beralih ke S55. Mesin ini tak lain versi lebih bertenaga dari N55. Berkapasitas 3,0-liter 6-silinder inline twin-turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 410 hp dan torsi sebesar 551 Nm. Jumlah daya kudanya tidak sebesar M3, namun torsi maksimumnya sama. Tapi ingat, M2 berdimensi kompak dan bobot lebih ringan dari M3 maupun M4. Dayanya meningkat tajam dari M2 lama yang tenaganya 365 hp dan torsi 465 Nm.


Mesin turbo ganda itu dipasangkan dengan transmisi manual 6-speed sebagai standar. Ini menjadi bagian paling menarik bagi petrol head sejati. Jika malas mempekerjakan kaki kiri untuk menginjak kopling, opsi transmisi DCT 7-speed juga ada. Kedua jenis transmisi sama-sama menggerakkan roda belakang dengan tambahan M Differential untuk membagi torsi antara kedua roda belakang. Perangkat tersebut sama juga yang dipunyai M3/M4, namun sudah disetel untuk kebutuhan M2 Competition.


Klaim BMW, akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 4,2 detik jika pakai transmisi DCT. Untuk manual lebih lambat sedikit jadi 4,4 detik. Figur ini tidak terpaut banyak dengan M2 standar. Tambahan torsi besar seperti hanya berpengaruh untuk akselerasi mengambang saja. Kecepatan puncaknya tetap dibatasi 248 km/jam, tapi bisa ditingkatkan jadi 278 km/jam dengan tambahan M Driver’s Pack. M2 Competition juga meminjam sistem pendinginan dari M3/M4. Ini merupakan peningkatan besar karena M2 standar sering terkendala overheat bila dipacu di cuaca panas.


Agar pengendalian M2 Competition semakin tajam, BMW M mengkalibrasi ulang power steering elektrik dan differential belakangnya. Modifikasi sama seperti dilakukan untuk BMW M4 Competition Package, dan sukses meningkatkan pengendalian dibandingkan versi standar.


Tampak luar seperti tak mendapat ubahan sama sekali. Bila diperhatikan, desain Kidney Grille tampak sedikit berbeda yang semakin besar dengan ujung meruncing. Mengikuti M4 Competition Package, tidak memakai aksen kromium di grille maupun emblem. Semuanya dilabur Shadowline Gloss Black yang tampak lebih sangar. Lip depan juga baru dengan tiga ventilasi untuk aliran udara. Jika melihat profil M2 Competition keseluruhan, tampak semakin agresif dan ceper. Sementara di dalam, terlihat jok baru yang persis seperti milik M4. (Odi/Van)


Baca Juga: Galeri Foto BMW M2 di Indonesia

Galeri

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video BMW M2 Competition

Lihat video terbaru BMW M2 Competition untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil BMW Pilihan

  • Populer
  • Komparasi