jakarta-selatan

Akuisisi Garansindo, Hascar Siap Besarkan Jeep di Indonesia

  • 03 Des, 2018
  • 1423 Kali Dilihat

Jeep Wrangler terbaru resmi dipasarkan di Indonesia (1/12 lalu). Menariknya, tak ada nama Garansindo terlihat saat peluncuran. Justru tulisan besar Hascar muncul di layar. Usut punya usut, ternyata merek Jeep sudah tak lagi dipegang Garansindo International Motor.



Per Oktober lalu, hak agen pemegang merek (APM), berada di tangan Hascar Internasional Motor (Hascar). Tak hanya Jeep, Hascar juga memegang merek-merek lain yang ada dalam naungan Fiat Chrysler Automobiles (FCA), yakni Fiat, Chrsyler, Alfa Romeo dan Dodge.


“Awalnya memang mengakuisisi perusahaan lama, yang kami ketahui dulu Garansindo. Dari situ kami mengajukan ke prinsipal, untuk menunjuk Hascar sebagai agen pemegang merek. Garasindo itu memang ada beberapa company, seperti memegang Jeep, lalu Volvo. Yang kami ambil alih itu Garansindo International Motor,” jelas Ari Utama selaku CEO PT HIM di Jakarta, Sabtu lalu.


Ari pun memastikan Hascar tak memiliki hubungan dengan Garansindo terkait penjualan merek-merek FCA sebelumnya. Hascar berdiri secara resmi Oktober tahun ini. Namun, pengurusan perpindahan hak agen sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Lantaran upaya meyakinkan prinsipal tidaklah mudah.


“Kami juga meyakinkan prinsipal bisa menjual. Mereka pun yakin, soalnya kami punya dukungan dari perbankan dan dekat dengan komunitas, salah satunya Jeep. Makanya prinsipal menyetujui,” tuturnya.



Sebagai APM baru, Hascar telah menyiapkan beragam strategi guna menggenjot penjualan semua merek yang dipegang. Antusiasme Hascar terlihat dari target yang dicanangkan untuk 2019 sebanyak 559 unit. Tak sampai di situ, di 2020 angkanya lebih besar lagi, kisaran 1.200 hingga 1.300 unit.


Untuk mewujudkan target itu, Hascar mengambil langkah awal melalui penguatan jaringan layanan. Saat ini Hascar sudah memiliki beberapa diler di Jakarta, Surabaya, Makassar dan Bali. Rencananya outlet terus ditambah, setidaknya 11 sampai 14 unit tahun depan.


“Ke depannya Hascar akan memastikan untuk aftersales, terutama dukungan teknis dan spare part. Karena ini yang paling penting,” jelas Ari.


Di samping itu, lini produk diperkuat dengan terus menghadirkan model-model baru. APM yang tengah menyiapkan diri untuk menjadi anggota Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) ini, sudah memiliki rencana memboyong beberapa model tahun depan.


“Di 2019 kami memasukkan banyak line-up kendaraan dari merek-merek yg kami pegang. Dari awal kami masukkan Alfa Romeo, Fiat, kemudian varian-varian dari Jeep juga kita perbanyak, seperti Renegade. Saat ini kan sudah ada Jeep Compass,” tutup Ari. (Hfd/Van)


Baca Juga: Komentar Daihatsu Terkait Xenia Stop Produksi demi Model Baru

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Jeep Wrangler

Lihat video terbaru Jeep Wrangler untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Jeep Pilihan

  • Populer
  • Komparasi