First Impression Jeep Gladiator, Kesan Pertama Si Penggaruk Lumpur Mewah

First Impression Jeep Gladiator, Kesan Pertama Si Penggaruk Lumpur Mewah

Babak baru Jeep di Indonesia dimulai. Jeep kembali hadir di bawah bendera PT DAS Indonesia Motor yang memperkenalkan Jeep Gladiator, Rabu lalu. Gladiator tentu saja melengkapi model-model Jeep Wrangler yang telah eksis di Indonesia saat ini. Jeep Gladiator merupakan model SUV Truk/Pick-Up yang dibangun di atas platform JL dengan desain bak terbuka di belakangnya.

Hal tersebut dilakukan demi memfasilitasi kebutuhan konsumen yang ingin mengendarai Jeep dengan hobby outdoor-nya seperti motor trail, sepeda dan ATV. Usai perkenalan, PT DAS langsung mengajak media merasakan performa unit yang dijual Rp 1,9 miliar tersebut.

Uji coba dilakukan dihabitanya langsung di Jeep Station Indonesia Off-Road Track, Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini dipilih karena memiliki fasilitas off-road yang lengkap. Hal yang tentunya sesuai dengan habitat sang Gladiator. Berbagai handicap dan rintangan disiapkan untuk menguji kemampuan mobil ini.

Jeep Gladiator 2020

Tampilan Luar

Sebelumnya kita bahas sedikit tentang tampilan. Secara umum, Gladiator punya paket yang sama dengan keluarga Wrangler lainnya. Kesan tangguh dan mampu berlari di medan apapun terlihat jelas. Bedanya, ia punya dimensi panjang yang mencapai 5,5 meter berikut dengan ruang bagasi di belakang. Mirip dengan couble cab yang selama ini kita kenal. Kemudian ada emblem Gladiator di sisi pintu.

Bagian kaki-kaki Gladiator dibuat agar mampu mengakomodasi ke segala medan jalan. Gladiator menggunakan roda Falken Wildpeak berukuran 17-inci dengan tapak yang lebar serta desain velg yang khas ala Wrangler. Selain itu, Gladiator juga menggunakan suspensi Fox Shock dengan bodi alumunium berdiameter 2-inci. Meski kehadiran suspensi ini sangat kental dengan aura balap off road, namun terpat penyesuaian agar mampu memberikan kenyamanan saat digunakan di jalan raya.

Selain itu, pada grill berdesain khas Jeep ini juga disematkan kamera untuk melihat kondisi di depan mobil saat melewati obstacle baik di medan off-road atau jalan raya. Kamera tersebut menampilkan ke layar hiburan berukuran 8,4 inci di dalam kabin. Pada bagian bagasi terbukanya terdapat cover softtop dan diklaim mampu mengakomodir dua unit sepeda motor trail. Pasalnya bagasinya tersebut memiliki panjang hingga 153 cm dan lebar 144 cm.

Baca juga: Jeep Gladiator Sudah Bisa Dipesan Konsumen Indonesia, Harga Rp 1,9 Miliar

Jeep Gladiator 2020

Interior Simpel

Fokus pada kemampuan membuat Jeep tak mau belebihan di bagian interior. Begitu masuk ke kabin, Gladiator memiliki interior yang serupa dengan Jeep Wrangler lainnya. Perbedaannya hanya terdapat pada bordiran Gladiator berkelir merah di jok kulitnya. Konfigurasi di dalam kabin mampu menampung lima penumpang dengan pengaturan jok manual.

Layout dashboardnya pun dibuat minimalis dengan bentangan bar dan terdapat handle bar di depan jok penumpang. Di samping itu, terdapat layar hiburan berukuran 8,4-inci yang dengan koneksi ke smartphone Anda dan layanan U-Connect 4C NAV. Lingkar kemudinya pun dibalut dengan material kulit serupa dengan yang terdapat di bagian konsol tengah dan doortrim.

Fitur pendukung antara lain adalah blind spot monitoring and rear cross path detection, electronic stability control, Parkview rear back up camera, parksense rear park assist system, trailer sway control, advantage multistage air bags, supplemental front seat mounted side air bags, forward collision warning plus, enhanced accident response system dan beberapa lainnya.

Jeep Gladiator 2020

Kemampuan Off-Road

Sebagai SUV sejati, Jeep ini memiliki kemampuan off-road mumpuni. Seperangkat fitur ditaamkan Jeep. Sebut saja Command-Trac 4x4 System, Selec Trac Full Tyme 4x4 System dan Rock-Trac 4x4 System. Sehingga kapabilitasnya di medan lumpur dan tanah tak perlu diragukan.

Kita bahas satu per satu. Selec-speed control membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road. Berbekal teknologi ini pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, mereka hanya perlu mengontrol mobil agar tetap berada di jalurnya.

Jeep juga memasang Command Trac 4X4 yang merupakan sistem untuk kemampuan off road di segala cuaca. Dukungan sistem shifton-the-fly paruh waktu ini membagi torsi 50/50 antara as roda depan dan belakang agar memiliki ketangguhan untuk daya tarik. Transfer case yang bekerja dengan mulus dalam peralihan dari 2WD hingga 4WD dengan kecepatan hingga 45 mph.

Melewati jalanan off-road butuh tenaga dan torsi besar. Untuk meningkatkan jumlah torsi yang ada saat melakukan off road, Jeep Gladiator juga sudah dibekali dengan Rock-Track 4X4 yang memungkinkan mobil ini dapat berjalan pelan untuk lebih mengontrol dan meningkatkan torsi yang tersedia dari ruang mesin untuk menapaki medan off road.

Lainnya, Tru-lok Differential yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan penguncian secara elektronik pada bagian depan dan belakang untuk meningkatkan torsi yang maksimum. Bahkan, fitur ini juga mampu memaintain terbaik saat fitur 4W digunakan di kondisi tertentu.

Jeep Gladiator juga menghadirkan fitur OFF-ROAD +, dimana sistem lanjutan ini mampu menyesuaikan secara otomatis mengenai parameter kinerja untuk medan ketika Anda sedang berkendara baik di medan 4-HI (Pasir / Lumpur) atau 4-LO (Rock Crawling). Kombinasi fitur-fitur ini membuat Anda dimanjakan saat menghadapi jalanan off-road. Tak perlu effort banyak lantaran si mobil punya kemampuan melakukan tugasnya.

Baca juga: Road Test Maserati Ghibli, Fun Machine dari Italia

Jeep Gladiator 2020

Mesin

Jeep double cabin ini dibekali dengan beberapa pilihan mesin, di antaranya V6 3.0-liter Turbodiesel dan mesin bensin V6 3.6-liter Pentastar. Sedangkan yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia hanya dengan varian mesin bensin yang mampu menghantarkan tenaga maksimal hingga 285 hp dan torsi 353 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang menghantarkan seluruh tenaga ke semua roda. Selain itu tersedia juga tuas transfer case berfungsi untuk mengubah kerja ban dari 2WD menjadi 4WD dan mampu mencapai kecepatan 72 km/jam.

Harga

"Saat ini, banyak konsumen Jeep yang juga memiliki hobby outdoor seperti motor trail, sepeda dan ATV off road. Dengan adanya Jeep Wrangler Gladiator ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut," jelas Dhani Yahya, Chief Operating Officer DAS Indonesia.

Jeep Wrangler Gladiator sudah resmi diluncurkan dan mulai menerima pemesanan unit dengan banderol Rp.1,9 Miliar (off the road). PT DAS Indonesia Motor akan memulai pengiriman unit ke konsumen pada Februari mendatang dan hingga saat ini Jeep Gladiator sukses membukukan angka pemesanan hingga 20 unit di seluruh Indonesia. (Ndo/Raju)

Baca juga: First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan

Model Mobil Jeep

  • Jeep Wrangler
    Jeep Wrangler
  • Jeep Cherokee
    Jeep Cherokee
  • Jeep Gladiator
    Jeep Gladiator
  • Jeep Compass
    Jeep Compass
Mobil Jeep

Coronavirus

Video Mobil Jeep Wrangler Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Jeep Wrangler

Tren SUV

  • Yang Akan Datang