• Wishlist

12 Ubahan Honda Civic Hatchback dan Alasan Hanya Varian RS

12 Ubahan Honda Civic Hatchback dan Alasan Hanya Varian RS

Honda Indonesia pada Kamis kemarin (6/2) mengenalkan Civic Hatchback RS sebagai barang anyar. Harganya melambung Rp 30 juta dari model lama menjadi Rp 499 juta OTR Jakarta. Kenaikan lantaran terjadi perombakan pada 12 titik, baik itu pada eksterior maupun bagian dalam. Padahal kalau diliat sepintas tidak bikin pangling. Patut disayangkan varian lebih terjangkau yang ada sebelumnya, S dan E harus lenyap, diganti RS saja.


Civic Hatchback RS


Ubahan dimulai dari roman sang hatchback. Lekukan front bumper dibikin beda, mengapit sepasang foglamp LED. Penyegaran juga diberikan oleh Honda pada front under spoiler, bumper belakang dengan diffuser, posisi pipa knalpot di tengah, ada side under spoiler. Dikombinasi pelek dua warna lima palang 17 inci.


Begitu Anda masuk ke dalam kabin, terdapat perubahan kecil pada lingkar kemudi. Kini dijahit benang merah pada sisi dalam. Begitu juga dengan konsol tengah, door lining, jok mobil serta shift knob. Dibanding model lama, pola jok dibikin lebih sporty sedikit semi bucket. Posisinya bak kursi balap, bisa memangku dan memeluk tubuh lebih baik. Tak ketinggalan, pedal gas dan rem memakai pelat kromium. Itulah deret sentuhan minimalis pada mobil yang menyandang lencana RS.


Baca Juga: Honda Civic Hatchback 2020 Hanya Tersedia Varian RS, Harga Rp 499 Juta


Lantas kenapa dua tipe sebelumnya dihilangkan diganti hanya dengan satu varian saja, RS? Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor menjabarkan. "Kalau kami amati, kemauan konsumen pada mobil sporty itu sangat tinggi. Contoh Jazz tipe RS, itu 97 persen peminatnya. Jadi Civic ini dibuat sporty dan tipe RS memang lebih tepat bagi mereka. Tipe S dan E sudah tidak ada lagi, ya karena itu, konsumen lebih suka kendaraan sporty (RS). Dan kalau konsumen mau, sudah bisa dipesan sekarang, ready stock," terangnya.


Munculnya unit gres membuat Honda mematok target penjualan lebih tinggi. Mereka percaya, kasta RS pada Civic bisa mendongkrak daya pemasaran. “Tahun lalu Civic hatchback laku 1.500 unit. Dan kami ingin tingkatkan menjadi 1.800 unit dengan pangsa pasar 5 persen. Jadi kalau dulu saban bulan cuma terjual 120 mobil, harapannya bisa tercapai 150 unit sebulan. Khusus model baru ini saja. Kalau Civic sedan sekitar 1.000 unit terjual tahun lalu. Kami optimis Civic baru diterima masyarakat, meski pasar relatif stagnan,” pungkas Yusak Billy.


Civic Hatchback RS meluncur


Seperti produk lain, New Honda Civic Hatchback RS juga dilengkapi dengan fasilitas purna jual. Antara lain paket gratis biaya jasa perawatan berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun, tergantung mana yang tercapai dulu. Memberikan pula layanan eksklusif 24 jam Honda Experience untuk membantu konsumen yang mengalami kondisi darurat di jalan. (Alx/Tom)


Baca Juga: Detail Spesifikasi Mobil Baru Honda Civic Hatchback RS

Jelajahi Honda Civic Hatchback RS

Bandingkan & Rekomendasi