Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR Diskon Karena Regulasi Emisi

Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR Diskon Karena Regulasi Emisi

Sungguh malang nasib motor-motor ini, misalnya Suzuki GSX-R150 atau yang di pasar India dikenal dengan nama Gixxer. Malang bagi motornya, namun beruntung bagi masyarakatnya. Sebab, kendaraan roda dua ini, kena imbas tak boleh lagi dijual lantaran pemerintah India menetapkan regulasi emisi Euro 4.

Di sana, Euro 4 dikenal dengan nama Bharat Stage (BS) 4. Level emisinya sama, hanya penggunaan diksi saja yang disesuaikan untuk negaranya. Mahkamah Agung India, menetapkan pelarangan penjualan kendaraan dengan mesin BS 3 mulai 1 April. Seketika pabrikan yang masih menjual produk inipun, berusaha melepas barangnya ke masyarakat sebelum tak bisa lagi dijual.

Tak sedikit motor yang akhirnya didiskon besar-besaran, bahkan hingga gratis untuk menghabiskan stok yang sudah terlanjur diproduksi. Beberapa di antaranya, pun motor yang diedarkan di sini. Nantinya, pabrikan India bakal merevisi sistem mesinnya agar sesuai standar BS-4 yang berlaku. Ini daftarnya:

Suzuki Pabrikan berlambang S ini, memiliki banyak produk yang masih berstandar emisi BS-3. Namun kebanyakan tak diedarkan juga di Indonesia, misalnya Hayate EP juga scooter Let’s. Tapi ada yang menarik dan perlu kita telurusi nasibnya, yakni Gixxer.

Suzuki Gixxer SF

Gixxer dikenal di tanah air dengan nama Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Di India, keduanya dikenal dengan nama sama, Gixxer. Bedanya, versi berfairing ada akhiran SF. Motor dengan mesin injeksi berkapasitas 154,9 cc ini ternyata masih menggunakan spesifikasi BS-3. Diskon sekitar Rp 1 jutaan pun ditawarkan di dealer-dealer Suzuki sana.

Honda Merek ini mungkin pabrikan yang paling ‘gila’ dalam menawarkan promo motor BS-3 nya. Bukan sekadar memotong harganya jadi lebih murah, namun hingga memberikan motor setiap pembelian motor.

m_honda-cbr-150r_3

Ya, ada sebuah motor bernama Honda Navi yang diberikan secara cuma-cuma untuk pembelian Honda CBR baik itu CBR150R maupun CBR250R. Dua motor ini (CBR), sejatinya dijual dengan harga Rp 29 dan 45 jutaan. Namun sejak 1 April lalu, setiap pembelian kendaraan roda dua bermodel sport ini, pembeli mendapatkan juga Honda Navi yang seharusnya dijual Rp 8 juta.

Navi memang asing bagi khalayak tanah air. Tampilannya yang unik dan harganya yang terjangkau, membuatnya menarik untuk dimiliki. Dalam rangka kebijakan emisi baru, pembeli Navi juga diberi diskon besar bagi yang ingin meminangnya.

m_honda-navi_2

Cukup bayar setengah harga alias RP 4 juta, sudah bisa memboyong motor kompak perkawinan skutik dan motor mini itu. Konon, diskon ini merupakan yang terbesar, di banding model lain yang dijual di india.

Ada satu lagi motor India bermerek Honda yang juga dijual di Indonesia, Dream Yuga. Motor ini kita kenal dengan nama Megapro. Nah, menurut Indiatimes, dealer memberikan potongan hingga Rp 3,8 juta untuk pembelian model ini.

Selain dua motor di atas, Honda juga memangkas besar-besaran harga model lain seperti Activa 3G, CB Shine, juga CD 110DX.

TVS Merek yang tak asing di telinga kita, TVS juga harus memotong banyak harga jual motornya yang masih bermesin Euro 3. Sialnya, model-model yang mesinnya dianggap pemerintah ketinggalan zaman ini, justru model populer di negara itu. sebutlah Apache, Jupiter dan Victor. Diskon untuk model tadi berkisar Rp 1-2 jutaan.

Indonesia? Untuk diketahui, regulasi Euro 4 juga akan mulai diterapkan di Indonesia. Pemerintah 10 Maret lalu, mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.20/MENLHK/SETJEN/KUN.1/3/2017 tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor. Peraturan ini nantinya dikenal dengan nama Emisi Euro 4.

Pabrikan pun harus mulai membenahi produknya, karena bukan Cuma Euro 3 yang masih beredar, bahkan Euro 2 pun masih bisa ditemukan di tanah air. Konon, aturan ini mulai dilaksanakan pada September 2018. Hmm, jadi, sekitar 18 bulan lagi ada diskon besar-besaran seperti di India nih!

Baca Juga : Pilihan Motor Adventure di Tanah Air

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor

Artikel Motor dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature