Cari Skutik Sudah Keyless di Bawah Rp 30 Juta? Ini Pilihannya

Cari Skutik Sudah Keyless di Bawah Rp 30 Juta? Ini Pilihannya

Teknologi pada motor saat ini memang semakin maju, salah satu yang populer yaitu keyless system. Keren memang. Rider tak perlu lagi mengantongi anak kunci atau mengalami kasus kunci patah. Hanya butuh remote dan memutar kenop untuk menghidup-matikan mesin. Selain menawarkan kepraktisan dan unsur kecanggihan, fungsi lain adalah memberikan keamanan, khususnya dari tindak pencurian. Menariknya, fitur bagus ini sudah disematkan pada motor-motor yang harganya di bawah Rp 30 juta. Berikut beberapa skutik dengan fitur keyless yang bisa jadi pilihan.

Honda Scoopy

1. Honda Scoopy

All New Scoopy menjadi skutik termurah Honda yang sudah dibekali teknologi keyless. Mengadopsi Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Untuk mengoperasikan motor hanya menggunakan remote. Pakai model knop, mirip Honda Vario 150 terbaru. Banderolnya Rp 21,125 juta OTR Jakarta dengan dua pilihan varian, Prestige dan Stylish.

Remote FOB-nya tersedia 2 tombol. Bawah berfungsi untuk mengaktifkan sistem Smart Key seperti menyalakan motor atau buka kunci setang. Lalu tombol atas untuk Answer Back System, yang membantu pemilik mencari motornya di parkiran. Untuk buka bagasinya mirip dengan Honda Scoopy sebelumnya, menekan knop sebelah rumah keyless-nya. Fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi.

Roda dua ini menawarkan desain bodi yang kental aura retro. Lampu oval, lengkap dengan imbuhan DRL dan sumber cahaya dari LED proyektor menjadi ciri khasnya. Bentuk mika stoplamp bulat sempurna dan terpisah dengan sinyal belok. Memberikan khas layaknya skuter Eropa. Sementara area samping masih menyerupai Scoopy lama, pakai konsep garis bodi S (shape).

Menggendong mesin generasi baru dan termutakhir dengan teknologi eSP (enhanced Smart Power). Kapasitasnya 109,5 cc SOHC pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mampu menghebuskan power sebesar 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS).

Variabel fiturnya canggih. Ada pengisi daya atau power outlet berjenis soket USB, bagasi luas dengan kapasitas 15,4 liter, panel instrumen modern dengan kombinasi analog-digital, Multi Function Hook, standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock.

Baca juga: Cari Skutik Bertampang Adventure? Ini 5 Pilihannya

Honda Vario 150

2. Honda Vario 150

Honda Vario 150 sudah mengadopsi keyless sejak 2018. Tidak ada lagi anak kunci konvensional seperti model sebelumnya, berganti kenop dan remote pintar. Skutik ini ditawarkan dengan harga Rp 24,715 juta OTR DKI Jakarta.

Sama seperti Scoopy, bila ingin mengaktifkan mesin, tekan dulu tombol starter sampai motor mengeluarkan bunyi dan muncul lambang kunci di panel instrumen. Setelah itu, kenop baru bisa diputar ke posisi on. Sistem keamanan itu juga telah terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Fitur lain yang tak kalah menarik yaitu panel instrumen digital. Side Stand Switch, Brake Lock System idling stop system (ISS) dan combi brake system (CBS) menjadi peranti standar pada Vario 150. Dalam hal kepraktisan, ia memiliki kapasitas bagasi sebesar 18 liter, dapat menyimpan helm standar serta barang berdimensi kecil.

Dapur pacu Vario 150 bisa melontar tenaga 13 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Mesinnya telah disematkan teknologi eSP yang terintergrasi dengan ACG Starter, mampu membisukan suara mesin saat pertama dinyalakan.

Yamaha FreeGo

3. Yamaha FreeGo S

Skutik 125 cc dari Yamaha ini sudah pakai kunci canggih berbasis remote alias smart key. Fitur ini bisa didapatkan pada FreeGo tipe S dan S ABS. Buat harganya, masing masing dilego Rp 20,815 juta dan Rp 23,190 juta OTR Jakarta. Buat varian tertinggi tak hanya keyless, ia juga mendapat pasokan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) di roda depan.

Hadirnya smart key tak perlu lagi mengeluarkan atau memasukkan kunci. Semua dipermudah dengan hanya mengantongi remote saja. Alat itu sudah dijejali modul immobilizer. Peranti pengendali jarak jauh yang dikeluarkan Yamaha punya bentuk ringkas. Begitu pula kenop yang tersedia, wujudnya dinamis sehingga memudahkan jari untuk memutarnya. Selain itu ada Answer back system, dengan menekan tombol tersebut, motor dalam sekejap berbunyi dan lampu sein menyala kedap-kedip, menandakan posisi motor.

Fitur lain yang tak kalah menarik yaitu panel instrumen digital. Dibekali pula dengan bagasi luas, kapasitasnya mencapai 25 liter. LED Headlight dan memiliki lampu hazard. Dibekali pula dengan electric power socket. Lalu ada Smart Front Refuel. Pengisian bahan bakar cukup praktis karena lubang tangki pengisian berada di posisi depan, sehingga pengendara tidak perlu membuka jok. Tangki bensinnya bervolume 4,2 liter, dan dilindungi plat baja. Teknologi SSS (Stop & Start System), SMG, smart lock, dan side stand switch telah disematkan.

Mesin yang dipakai 125 cc Blue Core berpendingin udara dengan piston 52,4 mm dan stroke 57,4 mm, perbandingan kompresi 9,5:1. Klaim tenaga maksimalnya 9,3 Hp di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: 4 Skutik Mainstream Ini Laris Tapi Tetap Punya Nilai Minus, Apa Saja?

Yamaha Lexi

4. Yamaha Lexi S

Sistem kunci canggih juga terdapat di Yamaha Lexi S dan S ABS. Masing-masing dijual Rp 24,500 dan Rp 27,110 juta OTR Jakarta. Sama dengan FreeGo, keyless yang ada di Maxi entry level itu pakai model kenop dan posisinya di dek kanan. Berkat hadirnya remote, pengguna tak perlu lagi membawa anak kunci. Membuat proses menyalakan-matikan mesin, dan mengunci setang bisa dilakukan dengan mudah. Di bagian rumah kenop juga disediakan tombol membuka tangki bensin dan bagasi. Lebih praktis.

Dalam hal keamanan, ABS alias Anti-lock Braking System telah disematkan pada Lexi varian tertinggi. Dengan adanya fitur itu, risiko kecelakaan bisa diminimalisir. Karena bermanfaat untuk mencegah roda terkunci kala terjadi pengereman mendadak.

Yamaha juga membekali Lexi dengan speedometer canggih. Dilengkapi dengan Multi-Information Display (MID) yang berisi informasi lengkap mengenai sepeda motor. Selain serbadigital, ia memiliki tampilan negatif (negative display). Lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket, Stop & Start System (SSS) serta lampu hazard sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

Urusan performa dirinya dibekali dengan mesin 125 cc Bluecore yang sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Sudah dilengkapi pula dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tarikan motor selalu bertenaga di setiap putaran mesin. Tak lupa Smart Motor Generator (SMG) yang bikin starter motor menjadi halus suaranya.

Yamaha Aerox

5. All New Yamaha Aerox Connected/ABS

Sistem kunci canggih juga merambah ke skutik sporty dari keluarga Maxi Yamaha. Ya, All New Aerox juga telah menggunakan peranti modern itu. Tapi hanya terdapat pada varian tertinggi yang dijual Rp 29,2 juta OTR Jakarta. Bentuk dan lokasi kenopnya masih sama dengan FreeGo dan Lexi. Di sebelah kanan dan lengkap dengan tombol buka cover tangki dan jok.

Selain dapat menyalakan mesin tanpa menancapkan kunci, sistem ini juga mempermudah pengguna untuk mencari posisi parkir motor. Bisa meminimalisasi kemungkinan pencurian dengan tambahan fitur Immobilizer dan Answer Back System. Sesuai dengan harga jual yang tinggi, dirinya juga sudah dilengkapi dengan peranti keamanan canggih, yakni ABS (Anti-lock Braking System).

Selain kedua fitur modern itu, ia juga memiliki panel instrumen canggih dengan Multi Information Display (MID). Sudah dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) Apps, pesan, email dan telepon. Mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepada motor melalui Bluetooth.

All New Aerox 155 Connected mengusung Total New Engine Blue Core 155 cc berpendingin cairan. Dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat torsi merata disetiap putaran mesin. Jantung mekanisnya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 15,1 hp di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Angka itu menjadikannya sebagai skutik yang memiliki performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnnya.

Mesinnya juga telah disematkan Smart Motor Generator (SMG), sehingga starter motor menjadi halus serta Stop and Start System (SSS), berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.

Dirinya sudah menggunakan pencahayaan berteknologi LED, handle bar switch, lampu hazard, Electric Power, kapasitas bagasi yang luas dan dilengkapi dengan Sub Tank Suspension. Piranti untuk memberi redaman yang lebih optimal. (Bgx/Raju)

Baca juga: Harga Honda Scoopy Paling Mahal, Apa Saja Keunggulannya Dibanding Beat dan Genio?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor