Rivalitas SUV 7 Penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dan Honda CR-V

Rivalitas SUV 7 Penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dan Honda CR-V

Segmen SUV belakangan menjadi salah satu model yang dilirik konsumen. Model yang terlihat tangguh dengan tawaran fitur canggih membuat SUV, dengan beragam ukuran, jadi pilihan paling menarik saat ini.

KEY TAKEAWAYS

  • Chery Tiggo 8 Pro vs Honda CR-V

    Kompirasi SUV Medium dengan kapasitas 7-seater
  • Salah satu yang bermain di kelas ini adalah Chery yang menawarkan Tiggo 8 Pro. SUV berukuran medium ini langsung menyasar kelas berat yang dihuni oleh beragam produk.

    Paling menarik adalah membandingkan Tiggo 8 Pro dengan salah satu pemimpin pasar, Honda CR-V. Seperti apa kedua produk dibandingkan di atas kertas? Simak bahasan berikut.

    Chery Tiggo 8 Pro

    Harga

    Bahasan pertama langsung soal dana yang harus dipersiapkan masing-masing calon konsumen. Chery menawarkan Tiggo 8 Pro dengan dua varian yakni Luxury dengan banderol Rp528,5 juta. Varian teratas Premium hadir dengan tawaran harga Rp558,5 juta.

    Honda menawarkan CR-V dengan ragam pilihan mesin. Varian 2.0L i-Vtech dibanderol Rp525,3 juta. Varian 1.5L Turbo ditawarkan dengan harga Rp606,3 juta. Varian Prestige 1.5L Turbo ditawarkan dengan harga Rp669,6 juta dan varian Black Edition jadi yang termahal dengan harga Rp684,6 juta. Jika dibandingkan dengan harga dan mesin, rival langsung Tiggo 8 Pro adalah model mesin 1.5L turbo. Selain itu model CR-V 2.0L hanya menawarkan 5 tempat duduk dan varian 1.5L turbo 7 tempat duduk, serupa dengan Tiggo 8 Pro.

    Performa

    Masuk pada salah satu penilaian dasar di segmen SUV kali ini. Tiggo 8 Pro ditawarkan dengan mesin 2.0L turbo yang menghasilkan tenaga 250 hp dan torsi 390 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi 7 DCT with electronic shifter. Produk ini juga menawarkan mode berkendara seperti Eco, Normal dan Sport.

    Honda CR-V 2021

    CR-V mesin 2.0L menawarkan tenaga sebesar 154 ps dan torsi 189 Nm. Varian 1.5L Turbo menawarkan tenaga 190 ps dan torsi 240 Nm. Kedua model ini dipasangkan dengan transmisi CVT berteknologi Earth Dreams. Honda menyematkan mode ECON dan ECO assist untuk membantu konsumsi berkendara yang lebih irit.

    Dimensi, Eksterior dan Kaki-kaki

    Soal dimensi, kedua produk menawarkan ukuran yang hampir serupa. Tiggo 8 Pro menawarkan dimensi panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.746 mm. CR-V sendiri menawarkan panjang 4.623 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.657 mm. Tawaran sumbu rodanya sejauh 2.660 mm.

    Beranjak ke eksterior. Kedua SUV ini menawarkan desain yang subyektif untuk digemari calon konsumennya. Tiggo 8 Pro mungkin terlihat lebih segar sebab CR-V yang ada saat ini belum mengalami penyegaran desain sejak beberapa tahun.

    Chery Tiggo 8 Pro

    Beberapa fitur di eksterior yang pasti ada pada Tiggo 8 pro adalah headlamp LED dengan DRL, LED tailamp, roofrail, dan illuminated welcome light di kiri dan kanan kendaraan. Peleknya berukuran 18 inci dengan desain sporty, serta penggunaan rem cakram di depan dan belakang. Suspensinya menggunakan macpherson independent di depan dan multiling independent di belakang. Fitur lainnya adalah kamera 360 derajat, sensor parkir, double sporty muffler dan power tailgate untuk akses mudah di bagian belakang.

    Pada CR-V headlampnya sudah menggunakan full LED dengan DRL baik di depan dan belakang. terdapat foglight dan pada pembaruan terakhir lampu sein sudah sequential. Akses bagasi belakang dimudahkan dengan power tailgate dan kesan sporty yang lebih kental dari kehadiran dual exhaust pipe di belakang.

    Bagian kaki-kaki, CR-V menggunakan pelek berukuran 18 inci dengan desain yang terhitung premium. Pengeremannya dipercayakan pada tipe cakram berventilasi hidrolik di depan dan cakram solid di belakang. Sistem suspensinya menggunakan macpherson Strut di depan dan multi-link di belakang. Khusus varian Black Edition, laburan warna hitam mendominasi dari bodi hingga pelek. Tidak lupa emblem Black Edition untuk penanda sebagai varian termahal.

    Chery Tiggo 8 Pro

    Interior

    Masuk ke bagian dalam, Tiggo 8 Pro menawarkan beberapa kelebihan. Warna coklat mendominasi interior yang menghadirkan kesan premium dan terang untuk kabin. Area pengemudi dan penumpang SUV ini didominasi layar. Pertama pada headunit berukuran 10.25 inci HD capacitive display. Ada juga layar LCD panel berukuran 8 inci untuk pengaturan AC serta layar 12,3 inci LCD pada panel meter di depan pengemudi.

    Fitur lainnya yang menjadi perhatian adalah head unit dengan sambungan Apple Carplay dan Android Auto, perintah suara yang bisa mengoperasikan beberapa fitur pada Tiggo 8 Pro. Head unit tersebut juga disambungkan pada 8 premium speaker Sony yang meningkatkan pengalaman hiburan selama berkendara. Tidak lupa ukuran bagasi sebesar 1.179 liter dan saat baris ketiga direbahkan akan meningkat sebesar 2.101 liter. Terakhir ada tawaran panoramic sunroof untuk kesan lapang interior serta pengalaman berkendara premium.

    Beralih ke CR-V. Beberapa tawaran pada SUV ini antara lain head unit 7 inci dengan sambungan telepon dan pemutar format hiburan lain. Pengaturan AC dual zone, paddle shift, serta layar TFT pada meter cluster. Hadir juga power panoramic sunroof dan audio system 8 speaker yang dilengkapi dengan audio steering switch untuk rasa berkendara yang lebih mewah.

    Honda CR-V Black Edition

    Fitur dan Teknologi

    Kedua SUV ini menawarkan fitur canggih dalam hal keselamatan. Chery menyematkan fitur Adaptive Cruise Control With Low Speed Follow (ACC), Line Departure Warning (LDW), Door Open Warning (DOW), Rear Cross Traffic Alert (RTCA), Front Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Breaking (AEB), Intelligent High Beam Control Headlamp (IHC), Traffic Sign Recognition (TSR), Blind Spot Detection (BSD), dan 360 HD Panoramic Camera untuk keamanan saat di area sempit.

    Saat di tol yang lengang, fitur ACC, LDW, FCW jadi yang paling sibuk bekerja. Sistem ini memberitahukan setiap pengemudi berpindah jalur tanpa menyalakan lampu sein. Selain itu apabila ada kendaraan di depan dan belakang yang terlalu dekat, sistem memberikan peringatan pada pengemudi lewat layar meter cluster.

    Menariknya, sistem pada Tiggo 8 Pro membaca rambu kecepatan maksimal di ruas jalan dan menampilkannya pada layar MID. Ini membuat pengemudi awas dengan kecepatan kendaraannya di tol maupun jalan umum. Fitur kamera 360 derajat memberitahukan kondisi di sekitar kendaraan dengan bentuk tiga dimensi yang menarik.

    Chery Tiggo 8 Pro

    Masih ada pengereman ABS, EBD, 6 airbags, brake assists system, brake priority system, traction control, hill start assist, dan hill descent control. Tiggo 8 pro juga menyediakan tyre pressure monitoring system dan kamera 360 derajat dengan tampilan 3D untuk kemudaha monitor di sekeliling kendaraan.

    CR-V tidak kalah dengan menghadirkan fitur Honda Sensing. Ini terdiri dari collision mitigation braking system, adaptive cruise control with low speed follow, lane keeping assist system, road departure mitigation, dan auto high beam. Masih ada hills tart assist, vehicle stability assist, brake override system, parking sensor serta airbag 6 buah untuk keselamatan penumpang di dalam kabin.

    Simpulan

    Kedua SUV ini menawarkan fitur menarik untuk kelas kendaraan tujuh penumpang. Selain itu, tidak ada salahnya melihat tawaran purna jual masing-masing model. Chery memberikan garansi 6 tahun atau 150.000 kilometer dan garansi mesin 10 tahun atau 1.000.000 kilometer. Ada juga layanan gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 4 tahun atau 60.000 kilometer.

    Honda CR-V 2021

    Honda menawarkan paket hemat untuk perawatan berkala 4 tahun atau 50.000 kilometer dan perawatan berkala 8 tahun atau 100.000 kilometer. Selain itu ada gratis biaya jasa perawatan berkala hingga 50.000 kilometer atau 4 tahun.

    Bisa dikatakan, sebagai pemain baru Chery berani menawarkan beragam fitur juga layanan yang tidak dimiliki rivalnya di kelas ini. Namun Honda dengan pengalamannya yang lebih senior dan citra mereknya jadi salah satu penilaian yang pasti dimiliki calon konsumen.

    Keduanya menarik. Tinggal mengikuti ketersediaan dana yang calon konsumen miliki.

    (STA/TOM)

    Baca juga: Opsi Baru Sedan Sport, Honda Civic Type R vs Subaru WRX

    Setyo Adi Nugroho

    Setyo Adi Nugroho

    Pemuda asal Yogyakarta yang gemar fotografi dan dunia otomotif. Adi, begitu ia disapa, sudah cukup lama berkecimpung di jurnalisme. Khususnya otomotif. Salah satu poin paling menarik dari dirinya, sang bapak mengoleksi motor Honda Supra. Berlanjut sampai dirinya yang tetap setia menggunakan moped atau motor bebek Honda Supra di tengah terpaan gelombang skutik.

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Chery Tiggo 8 Pro vs Honda CR-V

    Model Mobil Chery

    • Chery Omoda 5
      Chery Omoda 5
    • Chery Tiggo 5x
      Chery Tiggo 5x
    • Chery Omoda E5
      Chery Omoda E5
    • Chery Tiggo 8 Pro
      Chery Tiggo 8 Pro
    • Chery Tiggo 7 Pro
      Chery Tiggo 7 Pro
    Harga Mobil Chery

    Promo Chery Tiggo 8 Pro, DP & Cicilan

    • Tiggo 8 Pro Luxury DP Rp 119,88 Juta Angsuran Rp 19,75 Juta x 23 Bulan Rp 528,5 Juta OTR Lihat Promo
    • Tiggo 8 Pro Premium DP Rp 127,93 Juta Angsuran Rp 20,87 Juta x 23 Bulan Rp 558,5 Juta OTR Lihat Promo

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature
    • Yang Akan Datang
    • Chery Tiggo 4 Pro
      Chery Tiggo 4 Pro
      Rp 457,02 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Mobil Chery Tiggo 8 Pro Terbaru di Oto

    Oto
    • Impresi Perdana Tiggo 8 Pro Max AWD Facelift di Cina, Masuk Indonesia Tahun Ini!
      Impresi Perdana Tiggo 8 Pro Max AWD Facelift di Cina, Masuk Indonesia Tahun Ini!
      15 May, 2023 .
    • Chery Tiggo 8Pro, Bikin Minder Lawan di Kelasnya | First Drive
      Chery Tiggo 8Pro, Bikin Minder Lawan di Kelasnya | First Drive
      21 Dec, 2022 .
    • Chery Comeback ke Indonesia | IIMS Hybrid 2022 x OTO
      Chery Comeback ke Indonesia | IIMS Hybrid 2022 x OTO
      21 Mar, 2022 .
    • Siap Saingi Fortuner & Pajero Sport | Chery Tiggo 8 Pro 2022 | First Impression
      Siap Saingi Fortuner & Pajero Sport | Chery Tiggo 8 Pro 2022 | First Impression
      09 Feb, 2022 .
    Tonton Video Mobil Chery Tiggo 8 Pro

    Bandingkan & Rekomendasi

    Chery Tiggo 8 Pro
    Chery Tiggo 8 Pro
    Rp 528,5 - 558,5 Juta
    Harga Tiggo 8 Pro
    Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
    Rp 726,85 Juta
    Harga Fortuner
    Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
    Rp 458,6 Juta
    Harga Jimny
    Nissan X Trail
    Nissan X Trail
    Rp 576 Juta
    Harga X Trail
    Mazda CX-30
    Mazda CX-30
    Rp 548,8 Juta
    Harga Mazda CX-30
    Tenaga 250
    148
    101
    169
    153
    Torsi 390 Nm
    400 Nm
    130 Nm
    233 Nm
    200 Nm
    Power Steering Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    AC Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Anti Lock Braking System Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    EBD (Electronic Brake Distribution) Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Kantong Udara Pengemudi Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Airbag Penumpang Depan Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Adjustable Seats Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Headrest Kursi Belakang Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Bandingkan Sekarang

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang
    • VinFast VF 6
      VinFast VF 6
      Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • VinFast VF 7
      VinFast VF 7
      Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • MG 3
      MG 3
      Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Mercedes Benz EQE SUV
      Mercedes Benz EQE SUV
      Rp 1,222 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Neta U
      Neta U
      Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Haval Jolion
      Haval Jolion
      Rp 442,21 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Mobil SUV Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Chery Tiggo 8 Pro dari Carvaganza

    • Chery Tiggo 8 Pro PHEV Siap ke Indonesia, Punya Bekal Apa Saja?
      Chery Tiggo 8 Pro PHEV Siap ke Indonesia, Punya Bekal Apa Saja?
      Bangkit Jaya, 05 Mei, 2023
    • LEBARAN DRIVE 2023: Keistimewaan Chery Tiggo 8 Pro Temani Liburan di Jakarta
      LEBARAN DRIVE 2023: Keistimewaan Chery Tiggo 8 Pro Temani Liburan di Jakarta
      Setyo Adi, 27 Apr, 2023
    • Lihat Langsung Chery Tiggo 8 Pro Facelift di Negara Asalnya, Segera ke Indonesia
      Lihat Langsung Chery Tiggo 8 Pro Facelift di Negara Asalnya, Segera ke Indonesia
      Bangkit Jaya, 23 Apr, 2023
    • TEST DRIVE: Chery Tiggo 8 Pro Gabungkan Performa Buas dan Teknologi Canggih
      TEST DRIVE: Chery Tiggo 8 Pro Gabungkan Performa Buas dan Teknologi Canggih
      Muhammad Hafid, 10 Nov, 2022
    • Performanya Pantas Dilirik, Chery Tiggo 8 Pro Bisa Senggol Fortuner
      Performanya Pantas Dilirik, Chery Tiggo 8 Pro Bisa Senggol Fortuner
      Tomi Tomi, 21 Okt, 2022

    Artikel Mobil Chery Tiggo 8 Pro dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Detail Kelengkapan Chery Tiggo 9 PHEV yang Baru Mendebut 
      Detail Kelengkapan Chery Tiggo 9 PHEV yang Baru Mendebut 
      Anjar Leksana, 30 Apr, 2024
    • Chery Group Kantongi Penjualan Setengah Juta Unit Mobil Kuartal Pertama 2024 
      Chery Group Kantongi Penjualan Setengah Juta Unit Mobil Kuartal Pertama 2024 
      Anjar Leksana, 24 Apr, 2024
    • Bercengkerama dengan Chery Tiggo 8 Pro Max yang Disebut Mau Dijual di Indonesia
      Bercengkerama dengan Chery Tiggo 8 Pro Max yang Disebut Mau Dijual di Indonesia
      Bangkit Jaya Putra, 27 Apr, 2023
    • Libur Lebaran Ditemani Chery Tiggo 8 Pro
      Libur Lebaran Ditemani Chery Tiggo 8 Pro
      Setyo Adi, 26 Apr, 2023
    • Chery Indonesia Akhirnya Meluncurkan Tiggo 7 dan 8 Pro
      Chery Indonesia Akhirnya Meluncurkan Tiggo 7 dan 8 Pro
      Ardiantomi, 24 Nov, 2022

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*