Ragam Fasiltas Penunjang Kenyamanan dan Keamanan Anak Di Mobil

Ragam Fasiltas Penunjang Kenyamanan dan Keamanan Anak Di Mobil

Berpergian bersama keluarga termasuk anak-anak merupakan hal yang sangat disukai oleh mayoritas masyarakat Indonesia, baik ketika menghabiskan waktu berakhir pekan atau menjalani tradisi pulang kampung dalam rangka merayakan lebaran dan pergantian tahun. Oleh karenanya, segmen mobil yang tetap tren adalah kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan (SUV) Sport Utility Vehicle 7-penumpang seperti Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner. Akan tetapi, ruang kabin yang besar dan lapang, rupanya bukan sesuatu yang memanjakan penumpang khususnya anak-anak yang menjadikannya lebih nyaman dan juga aman saat perjalanan.

Kami telah mengumpulkan beberapa item yang memberikan sentimen positif untuk meningkatkan kedua aspek diatas dan pastinya anak-anak tidak akan bosan atau bad mood, walau menempuh jarak perjalanan yang jauh. Dimulai dari peranti standar di mobil, namun Anda tidak menyadarinya hingga aksesoris tambahan yang umumnya dijual di toko variasi.

Lalu item apa sajakah yang masuk ke dalam kategori ini? Berikut kami paparkan ulasannya.

AC Double Blower

AC double blower

Suhu ruangan yang panas atau dingin merupakan pengaruh yang sangat besar terhadap kenyamanan penumpang terutama anak-anak. Keleluasan kabin pastinya akan tergerus kenikmatannya ketika tidak didukung dengan perangkat pendingin udara ganda, yang bertugas menyemburkan kesejukan udara lebih jauh dibandingkan dengan kisi-kisi AC di dashboard depan. Selain itu, pengaturan suhunya juga bersifat mandiri, sehingga dapat dinaikkan atau diturunkan besaran temperaturnya sesuai dengan kebutuhan.

AC Double Blower biasanya telah menjadi satu fasilitas umum dari kendaraan MPV dan SUV dengan dimensi bodi yang panjang. Nah biasanya lokasi dari perangkat ini terintegrasi dengan langit-langit atap dan ada juga yang di pilar B ataupun console box tengah. Adapun tips sehat mengenai penggunaan AC adalah dengan tidak mengarahkannya langsung ke arah wajah.

Rear Seat Entertainment

Monitor plafon untuk menonton film

Selain suhu udara yang sejuk, aspek lain yang juga berkontribusi dalam membuat anak-anak nyaman di dalam mobil adalah fasilitas hiburan. Menonton, merupakan salah satu aktifitas favorit di kalangan anak-anak saat ini. Buktinya saja, ketika di rumah, mereka akan konsentrasi penuh menyaksikan tayangan program atau film kegemarannya di layar televisi dan hanyut dalam keseruan jalan cerita yang disajikan.

Apakah hal ini bisa diterapkan di mobil? Bisa dan sangat memungkinkan. Pasalnya beberapa mobil MPV dan SUV terbaru saat ini sudah telah dikemas dengan layar hiburan pada baris belakang atau dikenal dengan istilah Rear Seat Entertainment (RSE). Akan tetapi, bila belum tersedia, Anda bisa menambahkannya sebagai perangkat aksesori dan bisa dipasangkan dengan menempelnya di langit-langit ataupun sandaran kepala bangku depan.

Captain Seat

Kursi model captain seat

Mengapa item ini masuk ke dalam list? Alasannya, karena anak-anak suka wara-wiri didalam mobil. Mungkin bila satu anak saja tidak terlalu pengaruh, tetapi jika sudah dua atau lebih, maka mereka akan menyulap kabin sebagai arena bermainnya. Meski, kegiatan mereka sangat tidak direkomendasikan saat melakukan perjalanan, tetapi setidaknya bisa mengurangi cidera. Musababnya mereka tidak perlu menaklukan tingginya sandaran bangku baris kedua.

Benefit dari captain seat adalah menyajikan ruang lebih diantara bangku sehingga menciptakan akses yang lebih besar untuk berpindah ke bangku belakang ataupun sebaliknya. Dalam keadaan 'kondusif' bangku ini bisa menjaga anak-anak ketika terlelap tidur karena di sisi kiri-kanannya sudah dilengkapi dengan sandaran tangan yang empuk.

Picnic Car Tray

MEja lipat untuk menyimpan barang

Walaupun terdengar sepele, tetapi perangkat ini bisa menjadi peranti yang efektif ketika anak-anak mengkonsumsi makanan atau minuman dalam perjalanan. Bentuknya, berupa papan yang berperan sebagai tatakan untuk tempat makan dan juga tempat menaruh minuman berupa botol ataupun gelas kecil. Saat tidak diperlukan, papan tersebut bisa dilipat kembali dan biasanya dipasangkan pada bagian belakang bangku baris pertama.

Perlu diingat juga, bila dimensi dari tray ini tidak sebesar 'food tray' yang kita temui di dalam kabin pesawat terbang kelas ekonomi ataupun 'first class'. Pasalnya, ukuran dimensinya tergolong lebih compact dan bahan bakunya berupa plastik keras yang juga sanggup menahan panasnya makanan ataupun minuman.

Child Safety Lock

Kunci pintu agar tidak dimainkan anak

Mencegah kemungkinan terbukanya pintu baris kedua dan menonaktifkan akses pintu ketika dibuka dari sisi dalam kabin ketika mobil dalam kondisi berjalan ataupun berhenti merupakan tugas yang diemban fitur Child Safety Lock. Sesuai dengan namanya, peranti ini dapat difungsikan ketika Anda membawa serta anak-anak dalam melakukan perjalanan. Cara menggunakannya dengan menggeser tuas yang bersembunyi di pinggiran dalam pintu ke arah kunci atau tulisan lock. Dengan begitu, pintu tersebut hanya dapat terbuka dari sisi luar.

Perlu diingat, bila peranti ini bersifat independen artinya tidak terintegrasi dengan sisi berseberangannya, sehingga ada baiknya untuk mengaktifkan Child Safety Lock pada kedua pintu baris kedua sebelum berpergian. Untuk menonaktifkan silahkan kembalikan tuas ke posisi semula dan pintu dapat diakses baik dari sisi eksterior maupun interior.

Power Window Lock

Power window dengan pengunci demi keamanan anak

Membuka jendela mobil secara elektrik memang terasa mudah dan sederhana, cukup menekan tombol, maka kaca akan terbuka sendiri. Akan tetapi, dibalik fitur tersebut terdapat kekhawatiran tersendiri saat membawa anak-anak. Pasalnya, mereka berpotensi untuk memainkan fitur tersebut di baris kedua dan bisa saja terjepit ataupun mengeluarkan anggota badan yang berpotensi resiko tinggi.

Nah, oleh karenanya, fasilitas ini biasanya telah didampingi dengan tambahan fungsi lock atau mengunci. Dimana ketika tombol ini ditekan, maka dengan segera, semua jendela di mobil kecuali bagian pintu pengemudi, tidak dapat terbuka, walaupun sudah menekan tombol bukaan jendela berkali-kali. Dengan begitu, maka potensi resiko yang menghantui anak-anak bisa dicegah dan Anda dapat mengemudi tanpa rasa khawatir.

Central Lock & Auto Speed Lock

Central lock

Disamping dua item diatas, masih ada lagi fitur yang menggandeng kata 'lock'. Ya, Central Lock dan edisi yang lebih 'advanced' nya dikenal Auto Speed Lock. Deskripsi dari fitur ini adalah mengunci pintu secara keseluruhan dengan menekan satu tombol saja, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mengunci pintu satu-per-satu. Umumnya tuas pengatur dari sistem penguncian ini hanya ditemukan pada pintu baris pertama saja.

Lalu apa bedanya dengan Auto Speed Lock? Nah, fitur yang satu ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari Central Lock, dimana pengunciannya beroperasi secara otomatis ketika kecepatan tertentu. Jadi bagi Anda yang suka lupa mengunci pintu ketika berkendara, tenang saja, karena fitur ini bersifat elektrikal, sehingga anak-anak dapat terjamin keamanannya selama perjalanan. Nyalakan mesin dan melaju, kemudian setelah kecepatan tertentu akan terdengar bunyi 'trek' yang artinya pintu terkunci dengan sendirinya.

Booster Seat & Child Seat

Kursi anak-anak penting

Yang terakhir adalah bangku tambahan untuk anak-anak sehingga menggabungkan faktor kenyamanan dan juga keselamatan berkendara. Posisi duduk aman bagi mereka adalah baris kedua dan jika membutuhkan posisi yang lebih baik, maka bisa ditambahkan dengan bangku tambahan dengan nama booster seat dan child seat. Keduanya merupakan bangku khusus yang juga dilengkapi dengan sabuk pengaman dan dipasangkan ke kursi mobil.

Dengan begitu, anak-anak mendapatkan pemandangan dalam perjalanan via kaca jendela karena ketinggian duduknya menjadi lebih tinggi dan juga nyaman karena bahan joknya yang berkualitas. Tidak lupa juga, kami mengartikan istilah booster seat sebagai bangku tambahan tanpa sandaran punggung dan berorientasi menghadap depan untuk anak-anak yang tubuhnya sudah terlalu besar untuk child seat, tapi belum cukup untuk dilindungi secara ideal oleh safety belt.

Dengan diganjal, maka posisi duduknya akan lebih tinggi dan safety belt bisa 'memeluk' sang anak dengan aman di posisi yang seharusnya. Sedangkan Child seat ialah bangku tambahan dengan sandaran punggung untuk anak balita, yang dilengkapi seatbelt bawaannya sendiri. Untuk memasangnya, bagi mobil yang belum dibekali kaitan (ISOFIX), biasanya diikat dengan safety belt bawaan mobil.

Baca Juga: Kenali Katup Variable Di Mesin Mobil

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil