Perbedaan Fitur Antar Varian Toyota Sienta

Perbedaan Fitur Antar Varian Toyota Sienta

PT Toyota Astra Motor termasuk salah satu Agen Pemegang Merek yang kerap menjadi market leader di berbagai segmen kendaraan roda empat. Posisinya di Indonesia sebagai APM pun didukung oleh produksi secara lokal yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Karenanya tak heran jika banyak produk Toyota yang diproduksi di sini.

Mobil-mobil Toyota yang dirakit di Indonesia pun tak hanya diedarkan di Tanah Air saja, namun ada juga yang diedarkan untuk pasar internasional. Toyota All New Fortuner, All New Kijang Innova, Yaris, Vios, Etios, Agya adalah beberapa merek Toyota yang diproduksi di Indonesia. Termasuk juga spesies terbaru yakni All New Sienta.

Sienta sebelumnya tidak pernah diedarkan secara impor, tiba-tiba saja Toyota langsung melokalisasi produksinya di Indonesia. Bahkan negara kita merupakan basis produksi pertama Sienta yang berada di luar Jepang. Karena diproduksi lokal,maka Toyota pun memiliki kesempatan untuk menghadirkan banyak varian Sienta.

Sienta dilengkapi pintu geser elektrik

Ada empat level trim yang disediakan Toyota untuk pasar Indonesia. Keempat trim itu juga tersedia dalam varian transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan (kecuali Q hanya CVT). Mesin yang digunakan serupa dengan Grand New Avanza Veloz 1,5 liter 2NR-FE, bedanya ada pada posisi penggeraknya dan output tenaganya. Veloz dialirkan ke roda belakang, dan Sienta langsung ke roda depan. Sementara tenaga Sienta lebih besar 3 PS dari Avanza Veloz 1,5 liter yakni 107 PS.

Berformat MPV yang stylish, semua lini Sienta hadir dengan warna two tone. Yakni warna metalik yang mendominasi dan warna hitam pada bagian plastik yang kontras dengan bodi. Nah, tentunya antar varian, terdapat perbedaan yang membuatnya menjadi paket-paket menarik dengan berbagai komposisi harga. Berikut kami sajikan perbedaan tiap varian Sienta.

Sienta Tipe E

Dashboard Sienta E

Sebagai varian paling dasar, tipe E memang merupakan entry level dari lini Sienta. Paket harga dan komposisinya memang ditujukan bagi masyarakat yang sekadar ingin memiliki sebuah Sienta dengan harga paling terjangkau. Tipe ini tersedia dengan dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan otomatis CVT 7-percepatan.

Fitur pembeda di eksterior yang paling kontras dibanding varian lainnya adalah pelek baja 15 inci yang ditutup dop plastik. Lampu utama juga menggunakan halogen dengan reflektor tanpa teknologi apapun. Demikian juga dengan spion elektrik yang tak dilengkapi pelipat elektrik. Sedangkan pintu geser memang menjadi fitur standar, bedanya tentu tak dilengkapi dengan penggeser pintu elektrik di kedua pintunya.

Fitur keamanan di tipe ini juga sudah mumpuni, jumlah airbagnya tiga, sama dengan seluruh varian lainnya. Pengereman juga sudah didukung Antilock Braking System (ABS). Namun itu saja, sebab Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Smart Key, Immobilizer dan Start Button belum tersedia. Sementara sensor parkir tersedia sebagai standar di semua varian.

Headunit pada tipe ini juga tak dilengkapi dengan fitur mirroring dan browser internet meski tetap berbentuk layar sentuh dan bisa memutar DVD, MP3, USB, dan koneksi bluetooth. Tipe ini pun tak dilengkapi AC Double Blower, dan pengaturan AC utama masih kenop putar konvensional tanpa pengaturan suhu digital. Oh ya, Multi Information Display (MID) sudah ada di depan pengemudi tentunya, namun tanpa layar berwarna.

Pihak TAM memang belum merilis harga resminya hingga Mei 2016, namun pada peluncurannya, seorang wiraniaga Toyota di Indonesia International Motor Show (IIMS) sempat menyebut prediksi harga tipe E yakni Rp 230-235 juta untuk transmisi manual dan Rp 245-250 juta untuk transmisi CVT.

Sienta Tipe G

Double blower Sienta G

Sebagai varian menengah, tipe G memang sudah lebih mewah dibanding tipe E. Dari eksterior pun ia tampak sebagai varian yang lebih berkelas dengan pelek alloy 15 inci. Namun, sama seperti tipe E, pelipat spion elektrik juga belum tersedia di tipe ini. Untungnya,pintu geser elektrik sudah tersedia, tapi hanya untuk pintu sisi kiri untuk menaik-turunkan penumpang di sisi jalan. Sementara pintu penumpang sisi kanan harus dibuka-tutup manual.

Fitur penunjang keamanan sudah sedikit lebih mumpuni dari tipe E dengan ditambahnya kunci dengan Immobilizer meski masih berupa kunci putar. Demikian pula dengan sensor parkir, ABS, dan ISOFIX tether yang memang disematkan pada semua tipe.

Di bagian kabin, tipe G sudah disematkan AC Double Blower, walaupun pengaturan utama AC masih analog. Sementara perangkat hiburannya sudah mumpuni dan sama dengan tipe Q yakni layar sentuh 7 inci beresolusi tinggi dengan koneksi luas serta Mirrorlink dan koneksi internet. Tipe ini akan dijual dengan dua pilihan transmisi, prediksi harganya adalah Rp 240-245 juta (transmisi manual) dan Rp 255-260 juta untuk transmisi CVT.

Sienta Tipe V

Mulai tipe V Sienta dilengkapi tombol start-stop

Pada All New Sienta, tipe V sama seperti All New Kijang Innova yang menjadi varian kelas dua dari lini Sienta. Perangkat yang menyertainya juga sudah lebih mewah dan cenderung mendekati tipe Q yang merupakan top of the line.

Peleknya saja sudah serupa dengan tipe Q yang berdiameter 16 inci dengan grafis yang menarik. Begitu pula dengan pelipat spion elektrik yang sudah menjadi standar mulai dari tipe ini ke atas. Walaupun untuk lampu utama, masih mengadopsi halogen konvensional.

Penggeser elektrik untuk kedua pintu pun terdapat mulai dari tipe ini dan dapat dikendalikan dari sisi pengemudi maupun via remote. Ini tentu membuatnya terlihat mewah ketika dijadikan kendaraan antar jemput dan pintu seolah membuka sendiri tanpa perlu dikontrol oleh penumpang yang akan masuk.

Fitur keselamatannya masih sama dengan tipe E dan G dengan 3 buah airbag, ISOFIX tether, rem ABS, dan kunci immobilizer. Bedanya, mulai dari varian V, untuk menyala-matikan mesin sudah menggunakan tombol. Di kabin, tentunya fiturnya sudah lebih canggih dari tipe G. Menyertai headunit yang advanced, tombol audio dan telephony pada setir mulai dihadirkan pada varian ini. Tak hanya itu, pengatur AC digital dengan pengaturan suhu berdasarkan derajatnya juga sudah tersedia.

Jika harga yang diinformasikan pada ajang IIMS tidak berubah, maka tipe V akan dijual dengan rentang harga Rp 255-260 (transmisi manual) dan Rp 270-275 juta (transmisi CVT).

Sienta Tipe Q

Dashboard Sienta Q

Ini merupakan varian tertinggi dari Toyota Sienta yang dijual di Indonesia. Karenanya kelengkapan fiturnya pun paling baik dari seluruh lini Sienta. Dari eksterior pelek yang digunakannya memang serupa dengan tipe V, dengan warna two tone berdiameter 16 inci.

Pun dengan pintu geser yang sudah elektrik di kedua sisi. Bedanya dengan tipe-tipe lain Sienta, pada varian Q, lampu utama sudah bertipe projektor dengan lampu LED, lengkap dengan fitur auto levelling. Sehingga saat menanjak atau menurun, sorot lampu tak akan sampai mengganggu pengguna jalan lain dan memudahkan pengendaraan.

Pada bagian buritan juga lampu kombinasinya sudah diberikan aksen LED yang membuat tampilannya lebih futuristik. Di bagian kabin, untuk pengemudi pada tipe ini mendapatkan MID dengan layar berwarna 4,2 inci yang lebih atraktif. Sedangkan fitur hiburan dan kontrol AC masih sama dengan tipe V.

Demikian juga dengan perangkat keselamatannya. Selain fitur-fitur yang ada di semua tipe, khusus di varian ini, perantinya bertambah dengan VSC dan HSA. Sehingga manuver mobil saat berbelok bisa lebih terjaga, dan saat menanjak, Anda tak perlu khawatir mobil mundur akibat lambat memindahkan kaki dari rem. Khusus pada varian ini juga, Toyota menghadirkan Sienta dengan satu jenis transmisi saja, otomatis CVT dengan sequential shift yang dimanipulasi dalam 7 percepatan.

Pihak Wiraniaga Toyota, sempat memberikan informasi harga tipe Q Rp 290-295 juta. Harga ini lebih mahal 10 juta dari All New Kijang Innova termurah yakni tipe G bensin M/T.

Baca Juga: Rencana Panjang Toyota Untuk MPV-nya

Foto: Toyota Astra Motor

Ivan Hermawan

Ivan Hermawan

Pria yang gemar wisata kuliner ini memulai profesinya sebagai jurnalis otomotif di Auto Bild Indonesia. Ratusan kendaraan sudah ia jajal, dari roda dua, roda empat, roda enam, kendaraan tempur bahkan truk trailer dengan belasan roda pernah ia uji.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Toyota

  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Veloz
    Toyota Veloz
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
Harga Mobil Toyota

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid
    Rp 405,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD Atto 4
    BYD Atto 4
    Rp 464,33 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Toyota Sienta Terbaru di Oto

Oto
  • Toyota Sienta 2019 | Jakarta Coffee Paradise | OTO Com
    Toyota Sienta 2019 | Jakarta Coffee Paradise | OTO Com
    04 Dec, 2019 .
  • Kisah Toyota Sienta I OTO.com
    Kisah Toyota Sienta I OTO.com
    08 Sep, 2017 . 647 kali dilihat
  • Test Drive Toyota All New Sienta Bareng Jill Gladys I OTO.com
    Test Drive Toyota All New Sienta Bareng Jill Gladys I OTO.com
    16 Jun, 2017 . 27 kali dilihat
  • Test Drive Toyota Sienta V MT
    Test Drive Toyota Sienta V MT
    19 Oct, 2016 . 95 kali dilihat
  • Kenali Seberapa Praktis Toyota Sienta
    Kenali Seberapa Praktis Toyota Sienta
    14 Apr, 2016 . 124 kali dilihat
  • Toyota Sienta Launch IIMS 2016
    Toyota Sienta Launch IIMS 2016
    11 Apr, 2016 . 774 kali dilihat
  • Toyota All New Sienta
    Toyota All New Sienta
    11 Apr, 2016 . 284 kali dilihat
  • Berita Terkini : Review Toyota Sienta 2016 Indonesia
    Berita Terkini : Review Toyota Sienta 2016 Indonesia
    11 Apr, 2016 . 45K kali dilihat
  • Toyota All New Sienta - Find Your Love
    Toyota All New Sienta - Find Your Love
    11 Apr, 2016 . 3K kali dilihat
  • Review Toyota All New Sienta IIMS 2016
    Review Toyota All New Sienta IIMS 2016
    11 Apr, 2016 . 492 kali dilihat
Tonton Video Mobil Toyota Sienta

Tren MPV

  • Yang Akan Datang
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid
    Rp 405,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Lexus LM 2024
    Lexus LM 2024
    Rp 30,63 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Avanza 2024
    Toyota Avanza 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Honda Odyssey 2024
    Honda Odyssey 2024
    Rp 590,72 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil MPV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Sienta dari Carvaganza

  • Toyota Sienta Community Rayakan Ultah ke-6 Sambil Wisata ke Anyer
    Toyota Sienta Community Rayakan Ultah ke-6 Sambil Wisata ke Anyer
    Muhammad Hafid, 01 Nov, 2022
  • Toyota Sienta Generasi Baru Meluncur di Jepang, Desain Maksimalkan Nilai Utilitas
    Toyota Sienta Generasi Baru Meluncur di Jepang, Desain Maksimalkan Nilai Utilitas
    Setyo Adi, 26 Agu, 2022
  • Komunitas Toyota Sienta Gelar Vaksinasi Massal di Tangerang
    Komunitas Toyota Sienta Gelar Vaksinasi Massal di Tangerang
    Alvando Noya, 14 Des, 2021
  • TOSCA Warnai Ramadhan Gelar Baksos Serentak di 5 Kota
    TOSCA Warnai Ramadhan Gelar Baksos Serentak di 5 Kota
    Alvando Noya, 03 Mei, 2021
  • Editors’ Choice Carvaganza 2017: All New Toyota Sienta
    Editors’ Choice Carvaganza 2017: All New Toyota Sienta
    Raju Febrian, 20 Jul, 2017

Artikel Mobil Toyota Sienta dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Harga Toyota Sienta CVT Seken Sekarang Semakin Murah
    Harga Toyota Sienta CVT Seken Sekarang Semakin Murah
    Anjar Leksana, 07 Jul, 2023
  • Desain All New Toyota Sienta Shikakumaru Terdaftar di Indonesia
    Desain All New Toyota Sienta Shikakumaru Terdaftar di Indonesia
    Anjar Leksana, 10 Nov, 2022
  • Toyota Sienta Terbaru Mempertahankan Keunikan Desain dan Kepraktisan Tinggi
    Toyota Sienta Terbaru Mempertahankan Keunikan Desain dan Kepraktisan Tinggi
    Setyo Adi, 24 Agu, 2022
  • Toyota Sienta CVT Bekas, Opsi MPV Nyaman yang Makin Terjangkau
    Toyota Sienta CVT Bekas, Opsi MPV Nyaman yang Makin Terjangkau
    Anjar Leksana, 18 Jan, 2022
  • Toyota Sienta Q 2016 Bekas, MPV Praktis yang Harganya Makin Terjangkau
    Toyota Sienta Q 2016 Bekas, MPV Praktis yang Harganya Makin Terjangkau
    Anindiyo Pradhono, 10 Sep, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*