jakarta-selatan

BMW Siap Uji Fitur Otonom, Bersiaplah Pensiunkan Sopir Anda

  • Jan 05, 2017
  • 327 Dilihat

Mungkin Anda adalah sebagian orang yang menggunakan sopir untuk menikmati sedan BMW. Jika iya, mulai sekarang bersiaplah mempensiunkan sopir Anda. Pasalnya, BMW sedang menguji di jalan raya teknologi mobil otonom (autonomus drive) bersama dengan Intel dan Mobileye.


Pengumuman ini dipaparkan BMW Group dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017, di Las Vegas, Amerika Serikat, kemarin (4/1). “Kerjasama ini menghadirkan semua kemampuan dan teknologi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan yang luar biasa ke depannya serta untuk mulai menjual kendaraan yang bisa melenggang secara otomatis,” ujar Klaus Fröhlich, Anggota Dewan Direksi Pengembangan BMW AG, dalam siaran persnya.


Disebutkan dalam rilisnya, ketiga perusahaan ini memulai pengujian di jalan raya pada paruh kedua 2017. Tak kurang 40 unit mobil BMW, bakal diedarkan dengan beranggotakan tim penguji untuk berkeliling Eropa dan AS. Mobil yang digadang menggendong fitur ini untuk pertama kalinya, bahkan diinformasikan adalah unit 7-series. Tipe yang notabene model termewah dengan fitur terlengkap dari pabrikan asal Bavaria itu.


BMW 5-Series Autonomous


Pengujian ini merupakan langkah berikutnya dari kerjasama yang resmi dijalin sejak Juli tahun lalu. Sejak memulai kerjasamanya, mereka menyusun sistem yang bukan hanya bisa dianyam oleh BMW di mobilnya, namun untuk pabrikan dan pengembang lain yang membutuhkan sistem ini. Bahkan disebutkan, kolaborasi ketiga perusahaan ini, menyediakan modul sistem yang berbeda-beda tergantung kebutuhan pengguna atau klien nantinya.


“Tahun ini, deretan kendaraan kami akan diuji secara global dengan lingkungan lalu-lintas yang sebenarnya. Ini merupakan langkah signifikan untuk memperkenalkan BMW iNEXT pada 2021. Dan BMW Group untuk pertama kalinya akan menjadi kendaraan full otonomus,” imbuh Fröhlich.


BMW dalam hal ini akan bertanggung jawab untuk menciptakan kontrol dan handling kendaraan, evaluasi fungsi keamanan, hingga menyeting simulasi kondisi performa tertinggi dari mesin saat otonomus berjalan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengintegrasikan sistem dalam mobil, hingga memproduksi prototip.


BMW 5-Series


Intel sendiri, bertanggung jawab menciptakan prosesor hingga elemen komputer yang dibutuhkan untuk menjadi otak dari pusat data. Produk ini mereka namakan Intel® GO™ yang dikhususkan sebagai pusat pengaturan sistem otonom yang sesuai dengan kendaraan. Mereka membangun komputer khusus yang cocok di dalam mobil tanpa mengimbuhkan panas berlebih serta sesuai dengan standar keamanan industri otomotif.


Sementara Mobileye berkontribusi untuk menyediakan EyeQ®5 yakni sensor visual performa tinggi yang bisa digunakan untuk otomotif dengan tingkat konsumsi listrik yang rendah. Peranti ini bertanggung jawab sebagai mata yang menginput visualisasi dari jalan secara 360 derajat serta menetapkan lokasi kendaraan.


“Enam bulan terakhir kami membuat progress yang sangat baik dalam mengembangkan solusi terbaik untuk teknologi otonom baik di jalan tol maupun perkotaan. Sistem ini sudah dibuktikan dalam penerapan sesungguhnya untuk memenuhi kebutuhan unik masing-masing pabrikan mobil,” tutup Co-Founder Mobileye, Professor Amnon Shashua.


491144_P90245458-highRes


Di ajang CES, bahkan BMW mendemonstrasikan bagaimana prototip 5-series terbaru diaplikasikan dengan fitur otonom. Dalam demo ini, pengemudi bisa melepaskan kendalinya dari kemudi dan membiarkan pengaturan kecepatan, kontrol arah hingga pengereman pada sistem. Sang penumpang yang duduk di kursi driver hanya cukup menentukan tujuan dan menjaga posisinya tetap waspada selama perjalanan.


Jadi, jika saat ini Anda masih menggunakan supir untuk mengendarai BMW Anda, mungkin ada baiknya beritahu secara perlahan bahwa fitur ini akan menggeser fungsi mereka, atau jika tak ingin mempensiunkannya, bilang saja bahwa ini akan memudahkan kerja sang supir.

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer