Jurus Jitu Merawat Vespa Matik saat Musim Hujan

Jurus Jitu Merawat Vespa Matik saat Musim Hujan

Bagi pengguna sepeda motor, termasuk para pemilik Vespa matik harus lebih ekstra merawat kendaraannya di musim hujan. Musababnya air hujan mengandung pH antara 3 sampai 5 yang cenderung asam. Ini tak baik untuk kendaraan, apalagi bila bercampur dengan kotoran serta debu.

KEY TAKEAWAYS

  • Tips merawat Vespa matik saat musim hujan

    Tak beda dengan perawatan motor matik pada umumnya
  • Salah satu bengkel spesialis Vespa, Scooter VIP memberi tips ringan yang bisa Anda terapkan pada motor kesayangan. Panduannya cukup mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri oleh para pemilik.

    Yang pertama, menurut Dennil Sagita, Founder Vespa Scooter VIP hal yang perlu dilakukan adalah menghindari genangan air yang terlalu tinggi. Sebab bila nekat, komponen CVT (Continuously Variable Transmission) berpotensi mengalami kerusakan.

    Tips vespa

    "Karena lubang pernafasan CVT berada di bawah bodi motor. Tidak berbeda dengan kendaraan matik lainnya, jika air masuk ke dalam CVT, maka kopling Vespa bisa mengalami slip dan alhasil mesin menjadi mati dan berkendala untuk dihidupkan," kata Dennil lewat keterangan resminya.

    Baca juga: Tak Perlu ke Bengkel, Ini Pertolongan Pertama Ketika Motor Mogok Setelah Terobos Banjir

    Tips kedua soal perawatan bodi atau eksterior dari Vespa, usahakan sebisa mungkin ketika habis kena air hujan segera bilas dengan air bersih dan di lap kering. Hal ini untuk menghindari potensi waterspot (jamur) dan karat yang bisa saja terjadi.

    "Meskipun bodi Vespa matik sudah di desain memiliki lapisan anti karat, namun tetap perlu adanya upaya untuk menghindari cat Vespa menjadi kusam dan bisa menimbulkan korosi jika didiamkan terlalu lama," pungkasnya.

    tips vespa

    Selanjutnya tips ketiga adalah rutin memanaskan mesin motor di pagi hari. Ya, meski Vespa sudah mengusung teknologi dan pengabut injeksi menurut Dennil ritual ini tetap perlu dilakukan agar kondisi motor tetap dalam keadaan prima di musim hujan.

    Keempat berkaitan dengan ban. Pastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau berdasarkan anjuran ban yang digunakan. Pengguna motor termasuk merek Vespa tak boleh memompa bannya terlalu keras atau terlalu kempis.

    Dan yang terakhir menjadi kewajiban pemilik sepeda motor adalah melakukan servis secara rutin. Servis yang dimaksud adalah dengan membersihkan komponen CVT, saringan udara, dan mengganti pelumas mesin.

    tips vespa

    Apabila Vespa matik Anda memang mengalami kerusakan yang serius dan tak memiliki kemampuan memperbaikinya, ada baiknya menghubungi bengkel terdekat dari lokasi. Ini untuk menghindari kerusakan berlanjut pada motor Anda. (KIT/TOM)

    Baca juga: Pemotor Wajib Tahu, Ini Tips Pilih Jas Hujan yang Aman dan Nyaman

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature