Jangan Asal Pilih Riding Gear untuk Giat Off Road, Berikut Daftar Perlengkapannya

Jangan Asal Pilih Riding Gear untuk Giat Off Road, Berikut Daftar Perlengkapannya

Off road bersama motor trail menjadi giat yang menyenangkan. Memacu adrenalin sekaligus pula berbahaya. Maka dari itu, wajib bagi Anda melengkapi diri dengan riding gear yang lengkap sekaligus tepat. Berikut ini perlengkapannya.

Helm

Dilihat dengan mata telanjang, perbedaan langsung terlihat dari helm. Berbeda dengan pelindung kepala peruntukan jalan raya, bagian pelindung rahang pada helm off road lebih panjang. Tujuannya adalah memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang jika terjadi benturan.

"Selain itu, biasanya pada helm untuk off road tidak memiliki visor. Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya," buka Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

Off road

Goggle

Item ini umumnya digunakan saat berkendara off road untuk menjaga bagian mata dari benda asing. Serta mencegah terjadinya pengembunan yang bisa terjadi ketika Anda memakai helm dengan kaca. "Saat berkendara off road, kinerja fisik lebih dipacu. Sehingga, butuh lebih banyak membutuhkan oksigen dan berpotensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor. Oleh karena itu, goggle ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” katanya dalam keterangan rilis. Artinya, Jangan asal memilih helm karena akan berdampak terhadap kebutuhan Anda, dalam hal ini visibilitas selama berkendara.

Baca juga: Perkakas Penting yang Perlu Anda Bawa Saat Touring

Jersey dan Sarung Tangan

Adventure bisa dikategorikan aktivitas berat yang menyebabkan keringat berlebih. Untuk itu, baiknya gunakan jersey agar muda menyerap keringat. Ini bertujuan mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu lama. Selain itu, jersey juga berbahan ringan dan lentur dan memudahkan Anda melakukan pergerakan ketika melalui medan off road.

Sementara untuk sarung tangan, para pecinta off road dapat memilih dan menggunakan sarung tangan berbahan kain. Idealnya tipis dan lembut. Hal ini bertujuan memaksimalkan pergerakan tangan dan jari lantaran harus cekatan, terutama melintasi jalanan yang cukup ekstrem.

CRF250 Rally

Chest, Inner Knee dan Elbow Protector

Potensi bahaya yang ditimbulkan dari kegiatan ini lebih tinggi. Oleh karenanya, Anda dianjurkan menggunakan Chest Protector dengan tujuan melindungi bagian dada pengendara. Keberadaannya penting untuk menghindari terjadinya benturan dengan setang atau benda asing yang terlempar ke bagian dada.

Tak kalah pentingnya, pakailah inner knee dan elbow protector, untuk melindungi siku dan lutut pengendara saat terjatuh. "Ketiga riding gear ini biasanya digunakan untuk berkendara di situasi berat seperti medan berbatu. Tapi, perlu diperhatikan juga untuk para pecinta off road, pilihlah spesifikasi riding gear untuk berkendara off road yang tidak mudah bergeser dan memiliki tingkat gesekan yang lebih rendah terhadap tubuh," ujar Lucky.

Sepatu

Perlengkapan wajib lain tentu saja sepatu. Namun dengan spesifikasi khusus lantaran punya bentuk yang tinggi hingga menutupi tulang kering dan betis. Fungsi paling utamanya adalah menjaga bagian kaki cedera apabila tertimpa kendaraan. Sebenarnya ada pula tujuan lain. Sepatu jenis ini biasanya punya bagian sole yang tinggi. Cukup membantu pengendara untuk menapakkan kaki ke tanah. Karena sejatinya motor trail punya jarak kolong lebih tinggi ketimbang motor aspal.

"Pemilihan sepatu juga penting. Spesifikasi yang digunakan untuk off road harus memiliki bahan yang lebih kaku. Namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan kaki. Dengan begitu, cedera pada persendian pergelangan kaki dapat dicegah ketika menahan beban berat, terutama di medan yang licin," Lucky memungkasi. (Ano/Tom)

Sumber: Astra Honda Motor

Baca juga: Perhatikan 4 Teknik Pengereman Sepeda Motor Pada Kecepatan Tinggi