Tips Hindari Kantuk Agar Terhindar dari Kecelakaan Maut yang Menewaskan Vanessa Angel

Tips Hindari Kantuk Agar Terhindar dari Kecelakaan Maut yang Menewaskan Vanessa Angel

Mobil Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang arah Surabaya. Informasi yang diperoleh, kendaraan bernopol B 1264 BJU berangkat dari Jakarta. Setiba di KM. 673+300/ A ruas tol Jomo, kendaraan tersebut tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol di karenakan sopir mengantuk. Akibatnya SUV itu terpelanting dan berputar hingga berhenti di lajur cepat. Padahal jika dilihat dari kondisi dan situasi saat kejadian, arus lalu lintas landai lancar dan cuaca cerah.

Belajar dari peristiwa itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan perlunya membuat ‘Journey Management’. Menurutnya sebelum berkendara atau mengemudi dengan waktu yang lama atau jarak jauh, baiknya membuat rencana dan mengontrol perjalanan. Semua harus terencana dan sistematis untuk mengurangi risiko fatal.

Di lain sisi, manfaat dari membuat journey management itu bisa menghindari rasa kantuk saat berkendara. Karena sampai saat ini masih banyak pengemudi tidak sadar dan memaksakan diri untuk tetap berada di belakang setir, walaupun sudah memasuki jam istirahat. Bila terus berlanjut, efeknya bisa terjadi micro sleep yang membuat kecelakaan tidak bisa dihindari.

Baca juga: Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Mitsubishi Pajero Sport Milik Vanessa Angel

tips mengemudi

Lalu, bagaimana cara menghindari rasa kantuk saat berkendara?

1. Fisik yang baik

Perjalanan jauh pada umumnya direncanakan jauh-jauh hari. Menjelang hari keberangkatan, siapkan fisik sebaik mungkin dengan istirahat cukup. Kondisi badan yang fit dapat meningkatkan daya konsentrasi.

2. Perhatikan batas waktu mengemudi

Batas mengemudi paling lama 3 jam. Lebih dari itu stamina dan daya konsentrasi mulai menurun. Jadi baiknya jangan sampai melewati batas itu.

3. Istirahat rutin

Sangat baik bisa menentukan jam istirahat secara rutin. Saat masuk waktu rehat, lakukan stretching ke beberapa bagian tubuh. Mulai dari kepala, bahu, tangan dan kaki. Aktivitas ini bisa membantu melancarkan peredaran darah. Durasi istirahat minimal 30 menit.

4. Jaga pola makan

Hindari makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan jangan sampai terlalu kenyang. Paling baik itu mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan. Untuk minuman cukup air mineral.

5. Buka kaca

Sirkulasi udara di dalam mobil bisa membuat kantuk. Untuk mengatasinya, setiap satu jam sekali usahakan membuka kaca jendela. Udara luar masuk ke dalam mobil dan terhirup oleh indra penciuman. Meski terkadang udara luar tak selalu bersih akibat polusi udara, setidaknya hembusan angin yang menerpa wajah bisa mengurangi rasa kantuk.

6. Mengemudi pagi hari

Perjalanan yang baik itu dimulai pada pagi hari. Namun kembali lagi, sebelumnya harus melakukan istirahat yang cukup.

7. Titik terendah mengemudi

Pengemudi pada umumnya setelah melewati jam 3 sore stamina mulai menurun. Dan maksimal berkendara 12 jam. Lebih dari itu baiknya istirahat total.

8. Pengemudi cadangan

Bila total perjalanan cukup jauh, baiknya siapkan pengemudi cadangan. (Bgx/Raju)

Baca juga: Pajero Sport Milik Artis Vanessa Angel Ringsek di Tol Jombang, Dikonfirmasi Meninggal Dunia

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil