Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Manual Book Kendaraan Anda

Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Manual Book Kendaraan Anda

Sebagai pemilik mobil, apakah Anda pernah membaca manual book kendaraan Anda? Barangkali ini hal yang sangat jarang atau bahkan langka dilakukan. Tak hanya para pemilik mobil lama tapi juga baru. Padahal membaca buku panduan kendaraan sangatlah penting. Buku ini berisi informasi lengkap kendaraan Anda. Banyak alasa kenapa orang malas melakukannya. Bisa karena bukunya tebal, banyak tulisan, njelimet.

Jadi tak lagi mengherankan jika masih banyak orang yang menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah dimuat di manual book. Semisal bagi pemilik Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus. Di buku panduan ini terdapat informasi penting terkait fitur dan kelengkapan kendaraan mengadopsi teknologi dengan perangkat komputer nan canggih.

Manual book disediakan bersama sejumlah produk dalam satu paket. Buku panduan ini berisi informasi sesuai dengan bagian yang terkait dari model atau produk tertentu.

“Fungsi manual book cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk. Manual book dapat membantu konsumen non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membuka manual book terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International.

Manual book bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada si empunya saat bermasalah atau adanya pertanyaan yang tentang produk tertentu. Pengguna dapat mencari informasi tentang fitur terbaru dan terhebat dari suatu produk. Selain itu, bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika mendapatinya.

Perlukah membaca manual book secara keseluruhan? Mungkin tidak perlu. Cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, konsumen silahkan membaca halaman sekilas untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan. Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book.
Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan audiensnya. Dengan menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah. Sehingga konsumen tak perlu khawatir jika mendapati masalah di jalan,” tegas Samsudin.

Baca juga: Hanya Saat Kondisi Darurat, Salah Kaprah Penggunaan Lampu Hazard

manual book

Berikut beberapa informasi penting yang perlu diketahui:

1. Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar

Ketika membuka penutup tangki untuk mengisi bahan bakar mungkin mudah untuk ditemukan, tetapi ada beberapa orang yang membutuhkan waktu untuk mencarinya. Tahukah Anda berapa liter kapasitas tangki mobil dan jenis bahan bakar apa yang disarankan oleh pabrikan resmi? Nah, informasi ini tersedia di buku manual kendaraan pada bagian informasi teknik pada sub rekomendasi bahan bakar. Untuk mobil mesin bensin akan tertulis minimal Research Octane Number (RON) atau oktan, misalnya yang disarankan RON 92 berarti setara dengan Pertamax. Tapi, untuk kendaraan mesin diesel tertulis dengan satuan Cetane Number (CN). Setelah Sahabat memahami informasi ini pastinya kejadian pengisian bahan bakar sampai tumpah atau salah pengisian bahan bakar tidak akan terjadi lagi.

2. Jenis dan Volume Pelumas Mesin

Pelumas mesin sangat penting. Sama halnya bahan bakar, pada buku manual kendaraan, Anda bisa membaca informasi tentang jenis dan volume pelumas yang dibutuhkan setiap melakukan perawatan rutin atau hanya menambahkan. Anda bisa mencarinya di segmen informasi teknis dengan sub rekomendasi pelumas mesin. Supaya kamu tidak bingung biasanya jenis pelumas menggunakan istilah viskositas atau tingkat kekentalan dengan contoh kode 10W-30, 15W-40 atau jenis lainnya. Pastikan volume pelumas sesuai dengan anjuran agar mesin tidak menjadi berat.

3. Fungsi Lampu Indikator

Saat Anda memutar kontak kunci otomatis maka akan ada beberapa lampu indikator yang hidup di dalam beberapa instrumen cluster. Hal ini sering kali diabaikan atau bisa jadi karena kamu tidak mengerti tentang apa arti dari indikator-indikator tersebut. Apabila Anda penasaran untuk mengartikan lampu indikator tersebut silahkan untuk membaca kembali buku manual.

Pada manual book Anda bisa tahu penyebab simbol indikator menyala. Apabila pada mobil yang sudah canggih indikator memberi informasi kalau terjadi kerusakan pada mobil, jika lampunya menyala biasanya direkomendasikan untuk mengunjungi bengkel resmi untuk mengatasinya. Anda juga perlu tahu, ada beberapa indikator yang harus menyala untuk memberi informasi bahwa piranti tersebut aktif seperti indikator lampu jauh, lampu sein, lampu kota dan rem tangan.

4. Lokasi Ban Cadangan dan Toolkit

Mengalami kondisi darurat seperti ban kempes dan pecah ban di tempat yang jauh dari bengkel memang sangat menjengkelkan. Terlebih lagi Anda tengah terburu-buru. Nah, pastikan Anda sudah mengerti penggunaan dan letak dari ban cadangan, kotak peralatan dan dongkrak. Pastikan Anda sudah membaca buku manual kendaraan, karena buku panduan pada setiap merek mobil.

Selain itu, di manual book Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus juga tersedia infomasi Lokasi Pusat Layanan. Tujuannya bila ada masalah memerlukan perbaikan oleh teknisi resmi pabrikan. Bahkan seiring berkembang zaman perangkat digital, beberapa manual book untuk perangkat komputer disediakan dalam bentuk CD, atau aplikasi (Mypeugeot) diunduh melalui App Store atau Google Play. (Raju)

Baca juga: Jangan Sembarang Memutar, Kenali 2 Teknik Putar Balik yang Aman