Yamaha MT-07 Tenere Terintai Selama Uji Pengendaraan

Yamaha MT-07 Tenere Terintai Selama Uji Pengendaraan
Gambar
Review Pengguna

JAKARTA: IIMS 2016 baru saja usai namun bukan berarti pabrikan motor saat ini telah berhenti menghadirkan berita mengenai terobosan mereka. Buktinya, pabrikan motor Jepang Yamaha sempat terintai sedang uji pengendaraan motor baru yang menyerupai Yamaha MT-07 di lintasan. Jika sumber lansiran tersebut dapat dipercaya, mungkin motor baru yang terintai saat diuji coba tersebut merupakan varian terbaru dari Yamaha MT-07 dan mungkin akan dihadirkan di bawah label Yamaha MT-07 Tenere. Motor baru tersebut pastinya merupakan motor penjelajah-petualang yang sama seperti MT-07 dan akan memiliki kemampuan off-road yang juga sama tangguhnya dengan seri MT yang termasyur. Namun kini, fitur mumpuni tersebut juga turut melengkapi Yamaha MT-09 Tracer, yang juga diciptakan dengan basis MT-07. Memang tampak beberapa perbedaan menyolok dan kebutuhan pada versi baru ini, dan MT-07 terlihat lebih nyaman untuk dikendarai di jalan beraspal dibandingkan jalanan off-road kasar.

MT-07 Tenere baru bakal melalui beberapa uji pengendaraan hingga pabrikan puas dengan kinerjanya, namun pada laporan awal menyebutkan bahwa motor penjelajah-petualang ini akan mampu menjaminkan keselamatan dan kenyamanan bila dikendarai pada beragam medan tanpa mengurangi kinerja dan efisiensinya. Bila membahas mengenai unit penggerak Tenere baru, motor ini kemungkinan akan dibekali dengan mesin 689 cc yang sama dengan motor standar MT-07, namun produsennya mungkin menyetel-ulang demi menambahkan efisiensi dan kekuatannya. Di sisi lain, mesin tersebut juga bakal memenuhi persyaratan standar uji emisi Euro 4 yang akan menjadi keharusan di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Meskipun gaya Yamaha MT-07 Tenere baru tampil menyerupai MT-07, namun ada beberapa lekukan yang mampu memberikan kesan menonjol bagi varian baru ini. Suspensinya juga telah diperbesar sehingga selaras untuk medan off-road kasar. Tak hanya itu, motor ini juga mampu menonjolkan kestabilan, dengan roda alloy depan berlingkar 21-inci dan belakang 18-inci yang cukup memadai. Pabrikan memang belum mengungkapkan tanggal peluncuran untuk motor baru ini namun ada spekulasi yang menyebutkan bahwa motor ini akan disodorkan pada kwartal pertama tahun 2017. Baru-baru ini, Yamaha juga telah berhasil memenangkan Penghargaan Red Dot 2016 untuk desain produk YZF-R1 dan sedang mengerjakan bagian penampilan eksterior dari motor mendatang demi meraih lebih banyak lagi penghargaan sejenis. Perolehan penghargaan tersebut tampaknya telah menjadi pemacu bagi Yamaha untuk terus memamerkan beragam inovasi dalam gaya dan fitur pada MT-07 Tenere besutan mereka. Bagi masyarakat Indonesia yang telah mulai melirik motor tersebut, masih harus menunggu beberapa waktu lagi hingga merek ini diluncurkan di negara ini, yaitu sekitar satu tahun lagi. Ya, mari menunggu dan membaca terus kolom ini untuk mendapatkan berita lebih lanjut!

Foto Milik - Motor Cyclist

Baca Juga: Yamaha R15 Edisi Istimewa Segera Hadir di Indonesia

Jelajahi Yamaha MT-09

Yamaha MT-09 Rp 250 - Rp 325 Juta Cicilan : Rp 5,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store