jakarta-selatan

Usai MotoGP Catalunya, Rossi dan Marquez Lakukan Hal Ini

  • 21 Jun, 2019
  • 286 Kali Dilihat

Tim Monster Energy Yamaha melakukan banyak pengujian pada tes MotoGP di Sirkuit Catalunya, Barcelona (17/6). Salah satunya, tunggangan Valentino Rossi, dilakukan perbaikan usai melakoni MotoGP Catalunya. Selain restorasi, The Doctor juga mencoba beberapa hal baru pada motornya. Pembalap Itali itu, sedang menerapkan sistem rem belakang yang unik. Jika biasanya rem belakang dioperasikan melalui tuas di kaki kanan, kini terpasang tuas rem belakang tambahan di sisi kiri stang. Rossi pun menyebut perangkat itu sebagai scooter brake.



“Kami mencoba hal berbeda, terutama tentang elektronik, untuk meningkatkan pengereman dan sedikit dalam akselerasi. Ini positif, karena itu sesuatu yang bisa kita gunakan dari balapan berikutnya. Kami menemukan beberapa solusi bagus," kata Rossi dikutip Visordown.


Rem tambahan itu sengaja dibuat untuk membantu pengereman saat pembalap berada di tengah tikungan. Diklaim membantu pembalap saat menghadapi tikungan-tikungan panjang, jika mengerem pakai kaki agak sulit. Makanya, motor Rossi menerapkan tuas rem di bawah kopling itu.


"Kami menguji rem utama dan saya juga mencoba rem skuter. Ini menarik, tidak terlalu buruk. Perangkat ini membuat pengereman lebih mudah, mungkin inilah masa depan. Tuas itu dapat membantu saat memasuki tikungan. Namun, masalahnya, kurangnya ruang, karena posisi di bawah tuas kopling," kata Rossi.


Selain perangkat rem, Rossi juga mencoba setup baru pada sektor elektronik. Sekaligus pula menjadi debut Michele Gadda sebagai Head of Electronic Control Group Yamaha Motor Racing S.L.R, yang sebelumnya berkarir di proyek WSBK Yamaha.


“Gadda orang yang baik. Bagi saya, kami meningkat pesat bersamanya. Masalahnya, kami membutuhkan lima orang seperti Gadda, namun kami hanya punya satu,” ujar Rossi.


Berbeda dengan Valentino Rossi, Marc Marquez justru melakukan uji coba tunggangannya RC213V untuk musim balap MotoGP musim 2020. Menurut laporan Speedweek, Rabu (19/06) The Baby Aliens melakukan persiapan sedini mungkin untuk menyambut musim 2020.


"Tes hari ini sangat penting karena kami mengumpulkan data yang dapat membantu kami mengidentifikasi, langkah apa yang harus diambil di masa depan," kata Marquez.


Dalam sesi tes tengah musim yang digelar di sirkuit Catalunya, pembalap asal Spanyol ini menjajal tiga motor berbeda. Salah satunya, prototipe untuk musim 2020.


"Kami bekerja untuk musim 2020, menentukan arah ke depan. Juga mempertimbangkan paruh kedua musim ini. Ada beberapa hal yang positif, dan juga negatif, tetapi saya dapat mengatakan saya puas, karena semuanya terlihat positif," ujar Marquez.


Pada sesi tes itu, Marc Marquez juga kedapatan mengendarai motor Repsol Honda yang sudah dipasangi fairing milik pembalap satelit Honda, Takaaki Nakagami. Pembalap berusia 26 tahun itu pun, memerinci tentang apa saja yang dilakukannya bersama tim Repsol Honda pada sesi itu.


"Fairing itu sesuatu yang berbeda dan pada akhirnya komponen itu dapat bekerja dengan baik. Kami juga fokus memperbaiki aspek elektronika, area yang ingin kami kembangkan," ujar pria asal Spanyol. (Bgx/Odi)


Baca Juga: Marc Marquez Juara di Catalunya, 4 Pembalap Andalan Tersungkur, Ini Hasil Lengkapnya

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi