jakarta-selatan

MotoGP: Jatuhkan Vinales, Rossi dan Dovizioso, Lorenzo Tak Kena Hukuman

  • 17 Jun, 2019
  • 344 Kali Dilihat

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) dipastikan tidak mendapat hukuman, usai insiden MotoGP Catalunya 2019. Meski dianggap sebagai biang kegagalan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati), Valentino Rossi dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), FIM Stewards yang dipimpin Freddie Spencer, menganggap hal itu biasa dalam balapan. Mantan juara dunia kelas 500cc itu, memutuskan tidak melanjutkan kasus itu.



Dalam penyelenggaraan MotoGP, FIM Stewards memiliki peran sebagai pengadil dan menganalisis balapan, termasuk menghukum pembalap yang pantas mendapat sanksi. Sedangkan Race Direction, tidak lagi menjalani fungsi sebagai pemberi hukuman melainkan menangani manajemen balapan.


Aksi yang dilakukan juara dunia tiga kali MotoGP itu terjadi pada lap ke-2 tikungan ke-10. Dirinya kehilangan kendali ketika berusaha merebut posisi ketiga, yang sedang ditempati Maverick Vinales. Setelah terjatuh, motor Jorge Lorenzo mengenai Maverick Vinales, termasuk Andrea Dovizioso. Valentino Rossi, rekan setim Maverick Vinales, juga terkena sial. Karena The Doctor berada di posisi keempat saat itu.


Usai menjadi "aktor" dalam insiden tabrakan beruntun itu, Lorenzo tidak hanya minta maaf melalui media, ia juga berusaha bertemu langsung dengan Rossi, Vinales, dan Dovizioso.


Dikutip dari Autosport, Lorenzo bersama direktur tim Repsol Honda, Alberto Puig mendatangi garasi Yamaha untuk bertemu Rossi dan Vinales. Namun, mantan pembalap Ducati dan Yamaha itu gagal bertemu karena Rossi dan Vinales sudah meninggalkan garasi. Akhirya mereka hanya bertemu Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli. Ketegangan sempat terjadi, namun Meregalli menerima permintaan maaf Lorenzo.


Pembalap asal Spanyol itu, kemudian bertemu Dovizioso dan Direktur Tim Ducati Gigi Dall'Igna di garasi Ducati. Perdebatan terjadi karena pihak Ducati menganggap Lorenzo merusak peluang Dovizioso mendekati Marc Marquez di puncak klasemen MotoGP 2019. Setelah terjadi perdebatan, Dovizioso dan Dall'Igna tetap menerima permintaan maaf Lorenzo.


Sesaat sebelum Lorenzo datang ke garasi Ducati, Motorsport telah mewawancarai Andrea Dovizioso. Ketika disinggung soal permintaan maaf Jorge Lorenzo, pembalap Itali itu menjawab, “Terima, tidak terima, itu tak mengubah apa pun."



“Saya kira pintar mengatakan 'oke', sudah bagus dia datang ke garasi (untuk meminta maaf), tetapi itu tak mengubah apa pun,” tambah penunggang Ducati Desmosedici itu.


Menariknya usai dari garasi Ducati, Lorenzo kembali ke garasi Yamaha dengan harapan bertemu dengan Rossi dan Vinales. Namun Lorenzo hanya bertemu teknisi Vinales, Esteban Garcia, dan pelatih Rossi, Edalio Gavira. Sebelumnya, pembalap bernomor 12 itu sempat geram dan menunjukkan kekesalannya di depan kamera. 


Rossi sendiri hanya bisa pasrah dan memaafkan Lorenzo. The Doctor menganggap insiden di tikungan sepuluh MotoGP Catalunya 2019 murni kecelakaan. “Hal seperti ini bisa terjadi dalam balapan. Lorenzo membuat kesalahan dan saya dengar dia mendatangi garasi untuk minta maaf, tapi saya tidak ada di sana," kata Rossi. (Bgx/Van)


Sumber: Crash Net


Baca Juga: Standar Baru Helm MotoGP, NHK Masuk!


 

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi