Update Harga Motor CBU Honda Selain Moge per Desember 2023

Pilihan motor CBU Honda yang bukan moge juga beragam, bahkan unik

Update Harga Motor CBU Honda Selain Moge per Desember 2023

Astra Honda Motor (AHM) memiliki berbagai sepeda motor yang berstatus CBU (Completely Build Up). Semua unit yang dijajakan bukan tergolong moge, melainkan berkapasitas mesin di bawah 250 cc. Beberapa di antaranya merupakan model ikonik dan legendaris. Per Desember 2023, banderol termurahnya ada diangka Rp77 jutaan. Berikut pilihan beserta spesifikasinya.

KEY TAKEAWAYS

  • Motor CBU Honda termurah adalah Supercub seharga Rp70 jutaan

    Yang menarik, harga Honda CRF250L malah lebih murah dibandingkan Monkey, CT125 dan ST125 Dax
  • Monkey

    2023 Honda Monkey

    Banderolnya Rp82,970 juta OTR DKI Jakarta. Motor ikonik ini diimpor secara utuh (CBU) dari Thailand. Punya tiga pilihan warna, Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shinning Black.

    Honda Monkey ditenagai mesin horizontal 5-percepatan SOHC, 125 cc dan ditunjang dengan teknologi PGM-FI. Diameter dan panjang langkahnya 50 x 63,1. Karakternya overstroke, jadi mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar pada RPM rendah dan menengah. Sanggup menghasilkan power 9,2 hp di 6.750 rpm dan torsi maksimal di angka 11 Nm pada 5.500 rpm. Perbandingan kompresinya 10:1.

    Fiturnya ada sistem pencahayaan LED, panel meter digital, answer back system dan anak kuncinya diberikan wave pattern yang memiliki motif logo Old Wing. Sudah ABS satu channel dengan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak.

    Suspensi depan upside down dan belakangnya pakai suspensi ganda. Ban berdiameter 12 inci dengan pola block memberikan kesan gagah. Kesenangan berkendara dengannya didukung dengan ban depan berukuran 120/80 dan ban belakang 130/80.

    Supercub C125

    Honda Super Cub 125

    Ia merupakan bebek termahal di Indonesia. Lantaran diimpor utuh dari Thailand. Saat ini dirinya dijual Rp77,160 juta OTR DKI Jakarta. Pilihan warnanya ada Matte Axis Gray Metallic dan Pearl Niltava Blue yang memakai jok berkelir merah. Satu lagi Pearl Nebula Red.

    Jantung mekanis Honda Super Cub C125 yaitu mesin silinder tunggal 125 cc SOHC, 4 tak, berpendingin udara dengan dua katup. Ukuran bore x stroke (50 x 63,1 mm). Rasio kompresi meningkat jadi 10:1. Induksi bahan bakarnya tetap mengusung teknologi injeksi PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

    Fiturnya ada sistem pencahayaan sudah berteknologi LED, panel meter mengadopsi kombinasi analog dan digital, Smart Key System dan sudah terintegrasi dengan Answer Back System. Dilengkapi dengan Tool Box di bagian sisi sebelah kanan, serta suspensi depan teleskopik dan twin rear suspension (swing arm).

    Peleknya berbahan alumunium berdiameter 17 inci yang elegan. Kedua rodanya dibalut dengan ban tubeless masing-masing berukuran 70/90 dan 80/90. Pengeremannya dibekali sistem rem cakram di bagian depan dan tromol di bagian belakang.

    CT125

    New Honda CT125 2023

    Dikategorikan sebagai moped, namun memiliki tampilan yang tak biasa. Sebab dirinya menyandang status moped off-road ringan. Bisa dibilang, CT alias Trail Cub merupakan versi off-road dari Honda Super Cub. Per Desember 2023 harganya Rp81,4 juta OTR DKI Jakarta. Hadir dengan satu pilihan warna yakni Glowing Red.

    Ciri khas pada dirinya yakni bodi yang ringkas, ban dual purpose, dan knalpot ala motor scrambler. Joknya pakai model single seat dan ada rak besi berlogo Trail Hunter di bagian belakang.

    Semua sektor pencahayaan sudah berteknologi LED. Lampu utamanya bulat dengan DRL bentuk lingkaran yang estetik. Lalu panel meter full-digital dengan desain bulat dan kompak. Pakai setang tinggi dan lebar dengan model telanjang. Intake air duct diposisikan tinggi, knalpotnya dirancang layaknya motor scrambler dan diberi cover untuk meminimalisir panas, dan tiap sisinya dipasangkan besi serta skid plate bagian bawah.

    Spesifikasi CT125 Hunter Cub masih identik dengan Super Cub 125, karena memakai mesin basis yang sama. Tercatat dapur pacunya mampu menghembuskan tenaga sebesar 8,7 hp pada 7.000 rpm dengan torsi maksimum 11 Nm pada 4.500 rpm.

    Suspensi depan teleskopik dengan model segitiga atas bawah. Jarak mainnya 10 mm, lebih tinggi dibanding moped pada umumnya. Dilengkapi cover karet tahan debu (dustproof rubber) bergaya motor trail. Belakangnya mengadopsi dual shock.

    Pakai pelek model jari-jari berdiameter 17 inci dengan balutan ban semi dual purpose. Karet bundar depan dan belakang diberi ukuran yang sama, yakni 80/90. Dan sistem pengereman kedua roda sudah pakai cakram.

    Baca Juga: New Honda PCX160 Bersolek, Garansi Rangka 5 Tahun

    ST125 Dax

    Honda ST125 Dax

    Bebek mungil ini ditawarkan dengan harga Rp82,030 juta OTR DKI Jakarta. Tersedia dalam dua pilihan warna, Pearl Nebula Red dan Pearl Cadet Grey. Ia mengusung konsep yang disebut 'iconic leisure bike.

    Hal menarik pada dirinya yakni penggunaan tangki bensin yang dipasang secara internal. Kemudian layout penempatan knalpot dibuat menjuntai ke atas, mirip Honda CT125. Desainnya sukses membuat visual dari motor bebek ini lebih menggoda mata.

    Ia dipersenjatai mesin 125 cc, SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi. Di atas kertas, rancang jantung pacu mampu menghempaskan tenaga maksimal setara 8.8 Hp di 7.000 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di 5.000 rpm. Output power disalurkan lewat transmisi manual 4-percepatan. Untuk mengimbangi performanya, roda depan disematkan dengan cakram tunggal berukuran 220 mm dan 190 mm di roda belakang.

    Selain penerangan full LED, motor bebek kecil juga disematkan digital panel meter dengan negatif display, roda bagian depan sudah tersemat sensor ABS (Anti-lock Braking System) dengan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

    Untuk sistem kaki-kaki, depan dibekali dengan suspensi berjenis upside down garapan Showa berdiameter 31 mm. Sementara belakangnya menggunakan model ganda yang sudah mendukung pengaturan pre-load.

    Kedua pelek mengemas ukuran mini berukuran 12 inci. Depan dikawal dengan profil ban 120/70 dan belakang 130/70. Untuk memaksimalkan penggunaan semua ban sudah pakai tipe tubeless.

    CRF250L

    CRF250L

    Hadir sebagai pendatang baru di kelas motor CBU Honda non moge. Ia merupakan kuda besi jenis trail. Status unitnya adalah impor utuh atau CBU dari Thailand dan dijual Rp79,9 juta OTR DKI Jakarta. Hanya tersedia satu pilihan warna, Extreme Red.

    Desainnya serupa dengan jajaran keluarga CRF. Bentuk utamanya terlihat mirip dengan CRF150L, namun dimensi dan tongkrongan dari CRF250L lebih besar dan tangguh.

    Honda CRF250L dibekali jantung pacu 249 cc, DOHC, 1-silinder, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi PGM-FI. Rancang ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 25,3 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 23,1 Nm pada 6.500 rpm. Dikawinkan sistem transmisi manual kopling 6-percepatan dan sudah disematkan Assist & Slipper Clutch.

    Fiturnya sudah mengadopsi lampu LED, kecuali stoplamp masih berjenis halogen biasa. Kemudian panel meter full digital, pakai handguard, aluminium swing arm, dan slim fuel tank. Suspensi depan berjenis upside-down 43 mm. Pengereman sudah menggunakan cakram depan maupun belakang. Roda masing-masing berukuran 21 inci (depan) dan 18 inci (belakang) serta sudah dibungkus ban pacul.

    CRF250 Rally

    Honda CRF 250 Rally

    Motor Adventure Tourer ini dijual Rp92,930 juta OTR Jakarta. Varian warna hanya tersedia Extreme Red. Honda CRF250 Rally diklaim dapat menaklukkan beragam kondisi jalan. Terlihat dari penyematan floating wind screen dan shroud samping. Kemudian ada hand guard dan ciri khas headlamp Dual Symmetry LED.

    Menggendong mesin 250 cc, DOHC, silinder tunggal dan berpendingin cairan. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 25,6 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di kitiran 6.500 rpm. Dihasilkan dari sistem transmisi manual kopling 6-percepatan dan sudah disematkan assist/slipper clutch.

    Suspensi depan pakai up side down berukuran 43 mm, dan lengan ayun berbahan alumunium, dengan suspensi Pro-Link Single Shock pada bagian belakang. Baik depan dan belakang pakai lansiran Showa.

    Rodanya berukuran 21 inci di depan dan 18 inci belakang. Dibungkus dengan ban tipe dual purpose (80/100 depan dan 120/80 belakang). Pengereman dibekali cakram bertipe Floating Wave Disk dengan diameter 256 mm dan dua piston kaliper terpasang pada roda depan. Dan belakang berdiameter 220 mm dan memiliki satu piston kaliper.

    Forza 250

    New Honda Forza 2023

    Forza diimpor atau Completely Build-Up (CBU) dari Thailand. Per Desember 2023 dipasarkan dengan harga Rp90,330 juta OTR DKI Jakarta. Hadir dengan empat pilihan warna eksklusif yaitu Candy Syrah Wine Red, Matte Gunpowder Black Metallic, Pearl Glitterng Blue dan Pearl Smoky Gray.

    Model terbaru menggunakan lampu (headlamp) terpisah. Garis desain bagian samping lebih ramping dan sederhana. Cover stoplamp tergolong anyar dan lebih atraktif. Seluruh penerangan sudah mengusung teknologi LED.

    Panel instrumen masih mengandalkan kombinasi layar digital dan analog, tapi terbaru tampilannya semakin modern dan mewah. Dengan cluster meter baru, segala informasi penting hingga fungsi fitur bisa dipantau dengan mudah.

    Mengemas mesin 250 cc, SOHC, eSP+ (enhanced Smart Power+), pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Di atas kertas mampu hasilkan tenaga maksimal 22,7 Hp pada 7.750 rpm dan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm.

    Fitur lainnya ada Honda Selectable Torque Control (HSTC), pengaturan elektrik untuk komponen windscreen, Emergency Stop Signal (ESS), USB Charger tipe C, pengereman ABS 2-channel, ACG Starter, Honda Smart Key, Answer Back System, hingga ruang bagasi yang luas mampu menyimpan 2 buah helm.

    Model ini menggunakan ban tubeless ukuran 120/70 - 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 - 14 M/C belakang. Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel. (BGX/ODI)

     

    Baca Juga: Perkiraan Spesifikasi Honda Stylo atau Giorno yang Dirumorkan Bakal Masuk Indonesia

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Stylo 160
      Honda Stylo 160
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda Genio
      Honda Genio
    • Honda ADV 160
      Honda ADV 160
    Harga Motor Honda

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Motor Honda Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Honda

    Artikel Motor Honda dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature
    • Kenali 5 Fakta Menarik Honda Stylo 160 Sebelum Membelinya
      Kenali 5 Fakta Menarik Honda Stylo 160 Sebelum Membelinya
      Zenuar Istanto, Today
    • Honda Pamer Skuter Listrik SC e: Concept, Kapan Dijual?
      Honda Pamer Skuter Listrik SC e: Concept, Kapan Dijual?
      Zenuar Istanto, 20 Feb, 2024
    • Aneka Aksesori Ori Honda Stylo 160 Orisinal Mulai Rp59 Ribu!
      Aneka Aksesori Ori Honda Stylo 160 Orisinal Mulai Rp59 Ribu!
      Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
    • Honda Stylo 160 Meluncur Pakai Rangka eSAF
      Honda Stylo 160 Meluncur Pakai Rangka eSAF
      Bangkit Jaya Putra, 03 Feb, 2024
    • Update Harga Motor CBU Honda non-Moge per Januari 2024
      Update Harga Motor CBU Honda non-Moge per Januari 2024
      Zenuar Istanto, 22 Jan, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Bikin Ketagihan!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Bikin Ketagihan!
      Zenuar Istanto, 11 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV160 ABS: Diajak Touring 125 Km, Ini Plus Minusnya
      Test Ride Honda ADV160 ABS: Diajak Touring 125 Km, Ini Plus Minusnya
      Bangkit Jaya Putra, 01 Agu, 2022
    • First Ride Honda ADV160: Bertualang Jadi Lebih Meyakinkan
      First Ride Honda ADV160: Bertualang Jadi Lebih Meyakinkan
      Setyo Adi, 12 Jul, 2022
    • New Honda Genio: Makin Enak Buat Harian?
      New Honda Genio: Makin Enak Buat Harian?
      Bangkit Jaya Putra, 17 Mei, 2022
    • Honda Vario 160: Santai Enak, Ngebut Siap
      Honda Vario 160: Santai Enak, Ngebut Siap
      Zenuar Istanto, 18 Mar, 2022
    • Sejarah Perkembangan Honda Vario, dari 110 cc hingga 160 cc
      Sejarah Perkembangan Honda Vario, dari 110 cc hingga 160 cc
      Zenuar Istanto, 08 Mar, 2022
    • Honda Beat Deluxe vs Suzuki Nex II Elegant, Harga Terpaut Tipis Pilih yang Mana?
      Honda Beat Deluxe vs Suzuki Nex II Elegant, Harga Terpaut Tipis Pilih yang Mana?
      Zenuar Istanto, 10 Agu, 2021
    • Honda Beat Deluxe vs Yamaha Gear 125 S Version, Mana Paling Fungsional untuk Motor Harian?
      Honda Beat Deluxe vs Yamaha Gear 125 S Version, Mana Paling Fungsional untuk Motor Harian?
      Zenuar Istanto, 30 Jul, 2021
    • Honda Gold Wing Motor Pertama Dilengkapi Airbag, Ini Cara Kerjanya
      Honda Gold Wing Motor Pertama Dilengkapi Airbag, Ini Cara Kerjanya
      Zenuar Istanto, 22 Jul, 2021
    • Ragam Pilihan Motor Bebek Honda, untuk Harian sampai Hobi Tersedia
      Ragam Pilihan Motor Bebek Honda, untuk Harian sampai Hobi Tersedia
      Zenuar Istanto, 19 Jul, 2021