Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha WR155, Skutik TVS, dan Edisi Terakhir Honda CB1100

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha WR155, Skutik TVS, dan Edisi Terakhir Honda CB1100

Motor trail Yamaha hadir baru, Setelah mendebut 2 tahun di Indonesia, Yamaha WR155R akhirnya mendapatkan warna dan grafis baru. Penyegaran kali ini membuat motor trail tersebut lebih menarik untuk dipinang oleh konsumen. Ada 2 kelir anyar, pertama adalah Yamaha Blue yang detailnya terinspirasi dari trail kompetisi YZ450F. Sementara warna kedua adalah Yamaha Black yang memiliki corak dan grafis berjiwa muda.

Pekan ini, satu motor lain juga resmi dipasarkan di Tanah Air. TVS Motor Company Indonesia merilis skutik baru bernama Ntorq 125 RTFi (Race Tune Fuel Injection). Dibuat untuk memenuhi kebutuhan anak muda dan memiliki performa yang dirancang langsung oleh divisi TVS Racing. Ia membawa bekal fitur canggih lantaran sudah menggunakan teknologi konektivitas.

Sementara dari Jepang, Honda resmi merilis CB1100 series 2022 Final Edition. Terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS. Keduanya bakal menjadi unit terakhir mesin empat silinder berpendingin udara dari pabrikan ‘sayap kepak’. Sebelumnya, Honda Taiwan juga secara resmi telah mengumumkan Honda CB1100 RS Final Edition 2021. Pengumuman itu juga menegaskan bahwa pihaknya menghentikan mesin berpendingin udara berkapasitas besar, yang tidak lagi memenuhi berbagai persyaratan emisi di pasar di seluruh dunia. Sementara untuk Honda Jepang sendiri baru resmi merilis pada 8 Oktober 2021 dan mulai tersedia di dealer 28 Oktober 2021.

WR155R

Yamaha WR155R Terbaru

Setelah mendebut 2 tahun di Indonesia, Yamaha WR155R akhirnya mendapatkan warna dan grafis baru. Penyegaran kali ini membuat motor trail tersebut lebih menarik untuk dipinang oleh konsumen. Setidaknya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan 2 kelir anyar, pertama adalah Yamaha Blue yang detailnya terinspirasi dari trail kompetisi YZ450F. Sementara warna kedua adalah Yamaha Black yang memiliki corak dan grafis berjiwa muda.

Lantas apa bedanya dengan opsi warna terdahulu? Di pilihan grafis baru ini, warna biru dari WR155R lebih dominan dengan perpaduan sedikit warna hitam pada bagian shroud sisi kiri dan kanannya. Tak ada lagi warna putih di bagian batok atas headlamp, dan sisi samping bodi belakang.

Namun warna joknya masih sama, dikelir biru dengan pengait tali berwarna hitam. Pun pada kedua velg-nya masih mengemas warna chrome layaknya stainless persis warna terdahulu.

Adapun untuk pilihan warna hitam pada Yamaha WR155R kini tampil lebih segar dibandingkan warna terdahulu. Pabrikan memberi semacam decal merah serta biru muda pada bagian shroud, bodi belakang, serta sedikit di komponen sepatbor depan. Sementara di bagian bodi lampu utama, tak ada lagi warna putih yang sekarang dicat full hitam.

Perbedaan dengan warna biru, pada tampilan Yamaha Black WR155R ini menggunakan jok dengan kelir hitam yang membuatnya tampilannya lebih terlihat tangguh. Kedua velgnya pun masih menggunakan warna chrome, identik dengan kelir sebelumnya.

Jika punya rencana membeli WR155R, YIMM tidak mengatrol banderolnya dari harga bulan lalu. Untuk menebus WR155R opsi warna anyar Blue dan Black ditawarkan dengan mahar Rp 37.725.000 OTR Jakarta. Baca ubahan lengkapnya di sini.

TVS Ntorq 125 RTFi

TVS NTORQ 125 RTFi

TVS Motor Company Indonesia merilis skutik baru bernama Ntorq 125 RTFi (Race Tune Fuel Injection). Dibuat untuk memenuhi kebutuhan anak muda dan memiliki performa yang dirancang langsung oleh divisi TVS Racing. Ia membawa bekal fitur canggih lantaran sudah menggunakan teknologi konektivitas. Dibungkus dengan paket fitur bluetooth yang dapat terkoneksi dengan aplikasi TVS Smart Xconnect.

Desain bodinya terinspirasi dari model pesawat stealth aircraft. Terdapat tarikan tegas pada tiap sisi panel. Lampu sein berlokasi di cover stang, seolah membentuk sepasang mata binatang. Sementara lampu utama menempati bagian paling bawah tameng. Lalu pada buritan, ada kisi-kisi yang menghuni bagian bawah stoplamp. Dilengkapi dengan desain knalpot yang kekar, floorboard rata dan bertekstur, dan velg racing bergaya diamond cut.

Di bawah joknya, mampu menampung helm full face atau 20 liter. Buat memberi kemudahan penggunanya, tangki bensin berada di balik stop lamp. Kapasitasnya cukup besar, 5 liter. Jadi tak perlu membuka jok saat mengisi BBM, karena posisi tutupnya berada di bagian paling belakang motor. Ciri khas itulah yang membedakan produk TVS dengan skutik buatan pabrik lain.

Sementara jantung pacunya berkubikasi 124,6cc, silinder tunggal dan berpendingin udara. Sudah menggunakan RTFi, teknologi dengan 3 valve yang menghasilkan tenaga dan akselerasi jadi jauh lebih baik. Mesin itu mampu menghasilkan power hingga 9,3 Hp pada putaran 7.000 rpm dan torsi maksimal 10,5 Nm di kitiran 5.500 rpm. Top speed yang dapat diraihnya hanya 95 kpj. Bahkan saat pengendara sudah mencapai kecepatan tertingi itu, di layar speedometer terdapat peringatan ‘High Speed Alert’. Nah, baca lengkapnya di sini.

Honda CB1100 EX / RS Final Edition

Edisi Terakhir Honda CB1100 Series

Honda Jepang resmi merilis CB1100 series 2022 Final Edition. Terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS. Keduanya bakal menjadi unit terakhir mesin empat silinder berpendingin udara dari pabrikan ‘sayap kepak’. Informasi itu terkuak setelah twitter resmi mereka memposting ‘salam perpisahan’.

Postingan yang ramai dibicarakan terdiri dari dua gambar dan tiga baris teks. Gambar pertama menjelaskan pengendara yang mengenakan jaket dan helm sepeda motor hitam bergaya vintage, terlihat dari belakang. Dia mendorong CB1100 EX keluar dari garasi, dan seluruh gambar diselimuti bayangan. Sedang teksnya berbunyi “CB1100 EX/CB1100 RS Final Edition Coming soon”.

Gambar kedua adalah closeup sirip pendingin pada rakitan kepala silinder, seperti yang terlihat pada profil. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan oleh Honda di postingan ini. Untungnya, para penggemar tidak perlu menunggu lama sebelum mereka bisa melihat apa yang dimaksud dengan Edisi Final ini.

Lantaran regulasi emisi ketat di Eropa dan Amerika Serikat, Jepang menjadi negara terakhir untuk CB1100 series. Pihaknya mengatakan bahwa pemesanan untuk model Final Edition ditutup pada 30 November, dan mungkin lebih awal jika permintaan tidak sesuai harapan. Secara total, perusahaan berencana membuatnya tebatas hanya 1.600 unit.

Honda CB1100 EX Final Edition dibanderol 1.362.900 yen (Rp 170 jutaan). Sementara RS Final Edition 1.403.600 yen (Rp 175 jutaan). Kedua harga itu belum termasuk pajak atau off the road di Jepang. Seperti apa spesifikasi lengkapnya? Baca tulisan OTO.com di sini. (Raju)

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor