Sirkuit Mandalika Terus Berbenah Sambut WSBK dan MotoGP

Sirkuit Mandalika Terus Berbenah Sambut WSBK dan MotoGP

Pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika terus mengalami penyempurnaan. Sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini beberapa waktu lalu telah menyelesaikan pengaspalan dan sudah mendapat inspeksi virtual dari Dorna Sport selaku penyelenggara balapan MotoGP.

Sirkuit sepanjang 4,310 kilometer ini diperkirakan akan selesai pada 30 September 2021. Beberapa detail yang belum dikerjakan seperti pemasangan pagar outer, pagar inner sirkuit, pengerjaan service road dan run off serta race control dan medical center.

"Hingga saat ini progre keseluruhan sirkuit sudah mencapai 96,5 persen. Jadi pengaspalan main track itu sudah selesai di Mandalika, kita juga sudah menyambungkan antar main track," ucap Dianto Eko Winaryo, Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA dalam konferensi pers Rabu (1/9/2021).

Mandalika

Sirkuit Mandalika mulai dibangun pada awal 2020 dengan perkiraan biaya konstruksi sebesar Rp 3,6 triliun. Dana pembangunan sirkuit diperoleh dari pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) secara bertahap hingga 2023.

Baca juga: MotoGP: Dorna Perlihatkan 3D Rendering Sirkuit Mandalika Lombok

Dalam waktu dekat, sirkuit Mandalika akan mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan kompetisi WSBK yang rencananya berlangsung pada 12-14 November 2021. Mandalika jua dikabarkan mendapat jatah tes pra musim pada 11 sampai 13 Februari 2022 mendatang sebelum MotoGP memasuki musim baru.

Ini membuat Mandalika berada pada jalur yang tepat untuk membawa balapan MotoGP ke Indonesia. Meski saat ini tengah pandemi, dukungan Dorna sebagai penyelenggara MotoGP terasa dengan terus diawasinya Sirkuit Mandalika.

“Umpan balik dari mereka sangat positif, baik dari kualitas, aspek keselamatan, dan trek. Dorna sudah ke Mandalika, kunjungan di awal April 2021, kemudian mereka menunjukkan bagaimana mereka tertarik bukan hanya di sirkuit saja tapi destinasi yang indah,” ucap Direktur Utama MGPA, Ricky Baheramsjah.

Mandalika

Aspek keselamatan jadi yang terpenting karena Mandalika merupakan sirkuit dengan desain jalan raya. Faktor keselamatan menjadi kunci karena tidak hanya desain, sirkuit ini harus aman untuk digunakan balapan.

“Pada akhirnya ini adalah sirkuit jalan raya. Konsep ini di MotoGP biasanya sulit dijalankan. Tidak hanya membangun sirkuit, kami yakin bakal mendapat kepercayaan dari rider. Pekerjaan utama dari sisi struktur sudah selesai. Sekarang kami fokus ke aspek operasional. Termasuk mendatangkan petugas sirkuit dan tim medis, memastikan kami memiliki perlengkapan yang memadai,” ucap Ricky.

Terbuka untuk F1

Hadir dengan standar internasional, Sirkuit Mandalika diharapkan dapat membawa berbagai kompetisi internasional ke Indonesia. Selain WSBK dan MotoGP seharusnya balapan sekelas Formula 1 juga bisa diselenggarakan di sini.

“Dari sudut pandang kami, kami sangat percaya diri sirkuit in bisa memenuhi persyaratan, tetapi itu semua masih butuh proses. Pada akhirnya jika ingin menggelar F1 dibutuhkan dukungan pemerintah seperti halnya dalam MotoGP. Di sisi lain pada saat bersamaan juga perlu berdiskusi dengan otoritas Formula 1,” ucap Ricky.

Ricky mengungkapkan dirinya pernah bertemu dengan petinggi F1 untuk memberikan gambaran proyek awal Sirkuit Mandalika. Meski antusias untuk melanjutkan pembahasan balap mobil saat ini fokus Sirkuit Mandalika ada di balapan roda dua terutama WSBK dan MotoGP yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Masterplan

Tunggu Aturan Pemerintah

Terkait penyelenggaraan WSBK yang akan dilakukan November mendatang, MGPA berharap pemerintah segera memberikan instruksi terkait izin kehadiran penonton dalam event internasional tersebut.

Pihak MGPA sendiri berencana menerapkan protokol kesehatan ketat bila nantinya akan ada izin dari pemerintah untuk menghadirkan penonton. Saat ini tinggal menunggu peraturan misal diperbolehkan ada penonton berapa jumlah maksimalnya, dan bila tidak boleh bagaimana aturan yang dipersiapkan ke depannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga berharap event WSBK di akhir tahun ini dapat terselenggara namun dengan protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Saat ini program vaksinasi untuk masyarakat Lombok terus dikerjakan agar memenuhi syarat imunitas.

“Seperti situasi pandemi terkendali, akselerasi program vaksinasi termasuk bagi pekerja parekraf dan keluarganya di NTB khususnya di Lombok Tengah. Ini kita persiapkan secara totalitas baik dari sisi industri maupun regulasinya. Jika bisa dipenuhi, ini akan menjadi salah satu ajang yang diuji cobakan,” ujar Sandiaga di kesempatan terpisah.

Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan dengan area paddock yang sanggup menaungi 40 garasi. Kapasitas tribun duduk utama mencapai lebih dari 50.000 sedangkan tribun berdiri dapat menampung 138.000 orang. (Sta/Tom)

Baca juga: Triumph Perpanjang Kontrak Jadi Pemasok Mesin Moto2 Sampai 2024

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor