MotoGP 2021: Kian Sulit Bersaing, Valentino Rossi Umumkan Bakal Pensiun!

MotoGP 2021: Kian Sulit Bersaing, Valentino Rossi Umumkan Bakal Pensiun!

Valentino Rossi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021. Keputusan itu ia sampaikan secara resmi saat konferensi pers khusus di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Kamis (5/8). Meski demikian, rider 42 tahun itu mengaku langkah yang diambilnya bukan perkara mudah. Lantaran dirinya telah melakoni perjalanan panjang di ajang balap motor yang telah membesarkan namanya.

"Saya sudah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini. Tak mudah untuk mengetahui saya tidak membalap di MotoGP tahun depan. Berarti ini menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP. Sulit karena sudah melakukan ini selama kurang lebih 30 tahun! Jadi tahun depan hidup saya berubah. Namun, itu luar biasa, saya sangat menikmatinya. Ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan sangat menyenangkan," kata Rossi dalam sesi jumpa pers.

Keputusan Rossi untuk pensiun sepertinya diambil seiring performanya yang kian menurun dan sulit bersaing dengan rider-rider muda. Sejak musim 2017, pembalap Italia itu seperti kehilangan tajinya. The Doctor yang merupakan runner up MotoGP 2014 hingga 2016 hanya mampu finis di urutan kelima pada musim 2017.

Rossi

Namun pada musim 2018, ia sempat meningkat dengan berhasil finis di peringkat ketiga klasemen. Tetapi pada MotoGP 2019 prestasinya kembali menurun. Ia hanya finis di urutan ketujuh pada klasemen akhir. DI tahun berikutnya makin jeblok lantaran cuma di urutan 15. Bahkan parahnya Rossi belum pernah memenangkan balapan sejak MotoGP Belanda 2017.

Dengan performa yang kian menurun dan sulitnya bersaing dengan rider-rider muda, banyak yang menyarankan Rossi untuk pensiun. Sejak saat itu isu Rossi bakal pensiun dari MotoGP semakin berembus kencang.

Lalu apa yang akan dilakukan setelah pensiun? seperti dikutip Crash, dirinya kemungkinan bakal memanjakan hasratnya terhadap balap roda empat, khususnya mobil GT. “Ketika saya selesai dengan MotoGP, saya ingin balapan dengan mobil-mobil itu. Saya seorang fanatik reli dan mengikuti kejuaraan dunia. Tetapi bagi saya reli itu sulit, sangat menuntut dan saya ingin balapan di sirkuit karena saya lebih menyukainya,” tuturnya.

Seperti kita tahu, Rossi pernah punya pengalaman balap dengan GT3 (mobil sport). Itu biasanya ia lakukan saat jeda kompetisi MotoGP. Mobil balap dari beberapa pabrikan sudah pernah dicobanya. Seperti Ferrari, Porsche, Bentley, dan Aston Martin. Tahun lalu saja The Doctor terjun ke ajang Monza Rally Show, lalu Gulf 12 Hours, bahkan sempat beberapa kali mencoba mobil F1.

“Jadi saya berpikir akan balapan dengan mobil jenis itu ketika berhenti dari MotoGP. Tapi tidak tahu di kejuaraan mana, ada banyak kejuaraan yang berbeda, kejuaraan Endurance, Le Mans 24 Hours. Setidaknya saya berharap bisa balapan di suatu tempat di sana," jelasnya. (Bgx/Tom)

Sumber: Crash

Baca juga: FIM dan Startup Swedia Bikin Skuter Listrik untuk Kebutuhan MotoGP dan WSBK

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor