Setelah Spyshot, Gambar Detail Harley-Davidson 338R Terungkap

Setelah gambar spyshot-nya tersebar, kini publik disuguhi dengan beredarnya desain paten dari motor kecil Harley-Davidson. Dari sketsa yang tersiar, bagian detail dari si ‘baby harley’ terungkap jelas. Sama seperti penampakan sebelumnya, kuda besi hasil kerja sama dengan Benelli itu mengadopsi jenis roadster.

Belum lama dunia maya dikagetkan dengan munculnya Harley-Davidson 338R. Tapi sayang, foto yang tersiar saat itu hanya tampak samping dan tidak menunjukkan seluruh bentuk motor. Strategi yang dilakukan oleh produsen asal Amerika dengan Zhejiang Qianjiang Motorcycle (perusahaan induk Benelli) sedikit aneh. Pasalnya mereka lebih menyuguhkan spyshoot terlebih dahulu ketimbang desain paten.

desain harley davidson 338R

Meski begitu, desain paten yang sudah tersebar tidak beda jauh dengan foto sebelumnya. Masih mencerminkan format roadster dengan bodi ala flat track atau street tracker. Dari sketsanya, semua tampak jelas bagian detail motor terkecil H-D. Mulai dari fasia depan, bentuk rangka, bodi, dan bentuk buritan. Desain keseluruhan mirip motor street tracker.

Walau tampilannya sedikit demi sedikit mulai bocor, belum ada konfirmasi kapan H-D 338R bakal resmi meluncur. Termasuk soal spesifikasi teknis yang masih berusaha ditutupi pabrikan. Kabar yang berkembang, ia tetap mengambil basis dari Benelli 302S. Jika iya, bsia saja spesifikasinya 2-silinder segaris dengan bore x stroke yakni 69 mm x 45,2 mm. Berkat kombinasi itu, ada kemungkinan tenaganya bisa mencapai 38 hp hingga 43 Hp.

Sejak pertama kali mencuat, dirinya memakai desain roadster telanjang, sesuai dengan karakter HD. Tapi struktur sasis, suspensi, mesin dan swing arm serupa dengan Qianjiang QJ 350. Rangka teralisnya terpampang jelas untuk memberikan kesan kokoh. Tangkinya bergaris ala motor klasik. Sementara jok berundak halus ke belakang - dihiasi panel tengah menyambung hingga buritan.

Komponen yang diluar kodrat HD terlihat pada struktur suspensi belakangnya. Ia mengusung peredam kejut yang dipasang di bawah tangki dengan posisi sedikit ‘tidur’. Itupun tidak tersemat di dua sisinya, alias hanya  pada sisi kanan motor. Tapi teknik ini cukup ampuh untuk penggunaan sehari-hari. Dapat memberi kenyamanan saat berkendara, dan menghemat tempat. Pengaplikasian peredam kejut model ini mirip dengan Benelli 302 dan Qianjiang QJ 350. Kalau pabrikan Jepang bisa kita lihat di salah satu produk Kawasaki.

Suspensi depan pakai ukuran besar dengan model upside down. Knalpotnya menggunakan desain under belly di bawah mesin, sehingga bagian samping terlihat minimalis. Buat sistem penahan laju disematkan cakram pada kedua roda, tipenya wavy disc untuk mereduksi panas lebih cepat. Ada kemungkinan teknologi anti-lock braking system diberikan padanya. Paling tidak di bagian depan yang lebih berisiko tergelincir ketika melakukan pengereman mendadak.

Kehadiran Harley-Davidson dengan mesin kecil sebenarnya sudah ramai dibincangkan sejak Juni tahun lalu. Pihak pabrikan asal Amerika Serikat saat itu mengumumkan rencananya untuk membangun mesin kembar paralel berkapasitas kecil. Dengan menggandeng produsen besar di negara Cina, HD berharap dapat berekspansi ke wilayah timur.

harley 338R

Selain itu, tujuan H-D menggandeng Zhejiang Qianjiang Motorcycle adalah karena negeri Tirai Bambu dan Asia diyakini sebagai pasar roda dua yang menjanjikan. Maka itu merek Amerika itu mulai melirik pasar Asia, termasuk mendirikan pabrik di Thailand. Langkah tersebut diambil agar biaya produksi dan harga bagi pasar Asia Eropa bisa ditekan, termasuk menyajikan motor yang lebih terjangkau.

Namun sejauh ini belum ada informasi lanjutan soal H-D 338R. Ada yang menyebutkan kalau ia diproduksi di Cina. Ada pula yang berspekulasi diproduksi di fasilitas H-D di Thailand untuk pasar lain. (Bgx/Van)

Sumber : Visordown

Baca Juga: Desain Motor Roda Tiga Aprilia Terkuak, Siap Lawan Yamaha Niken?

 

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store