QJ Motor Rilis Enam Model Baru, Dua di Antaranya Siap Beredar di Eropa

QJ Motor Rilis Enam Model Baru, Dua di Antaranya Siap Beredar di Eropa

QJ Motor merilis enam sepeda motor sekaligus di ajang pameran CIMA Motor Show 2020. Dua di antaranya bakal meluncur di Eropa sebagai Benelli. Semua model yang ditawarkan menjadi rangkaian produk baru dan mulai dijual tahun depan.

Tak ada merek sepeda motor yang memulai semua dari awal hingga mencapai titik produksi hanya dalam waktu tiga bulan. Ini merupakan suatu hal yang luar biasa dan cuma QJ Motor yang sanggup melakukan itu. Perusahaan otomotif raksasa dari Cina itu sekarang memiliki model lengkap di semua segmen dan siap dijual di 2021.

Perusahaan ini memiliki keuntungan menjadi sub-merek dari Qianjiang, perusahaan induk Benelli, dengan memanfaatkan sejumlah sepeda motor dan komponen yang ada untuk memperluas jangkauannya. Tentu semua dilakukan untuk memenuhi pasar baru dengan harga yang lebih kompetitif. Apalagi ada dua model yang sebentar lagi juga ditawarkan di daratan Eropa.

SRT 750 / TRK 800

Dua model paling menarik adalah SRG 600 dan SRT 750, masing-masing merupakan motor sport empat silinder dan model adventure dengan mesin dua silinder segaris. SRG 600 berjantung pacu 600 cc yang mengambil mesin dan sasis dari TNT600i Benelli. Ia mampu menghasilkan 80 hp pada 11.000 rpm dan torsi 55 Nm pada 8.000 rpm. Ia bukan angka yang baik buat kategori motor sport kelas menengah, namun cukup untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km dengan 4,6 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 190 kpj.

Motor ini dilengkapi dengan quickshifter (hanya atas) dan slipper clutch. Semua unit pencahayaan sudah mengedopsi LED. Merek-merek familiar yang ada pada dirinya yaitu Bosch untuk elektronik, Brembo untuk rem, dan KYB untuk suspensi. Termasuk teknologi start tanpa kunci dan dasbor TFT 5 inci dengan layar yang dapat disesuaikan.

Selanjutnya SRT 750 yang merupakan sepeda motor QJ Motor terbesar saat ini. Mengusung mesin mesin kembar paralel 754 cc yang pernah kita lihat di Benelli 752S dan Leoncino 800. Ia juga berkaitan erat dengan Benelli TRK 800 yang belum diluncurkan.

SRV 500

Dirinya ditawarkan dalam dua versi yang dibedakan dengan jenis roda. Untuk yang pakai pelek alloy memakai ukuran 17 inci depan-belakang yang masing-masing dibungkus dengan ban 120/70 dan 180/55. Sisanya menggunakan roda model ruji yang dikhususkan untuk penggunaan off-road. Ukuran depan 110/80 R19 dan belakang 150/70 R17. Untuk fiturnya ada lampu LED bulat, tanpa kunci dan dasbor TFT dengan layar 7 inci serta tangki bahan bakar 18,5 liter.

Kemudian ada SRV 500 yang merupakan interpretasi QJMotors dari Benelli 502c dan memiliki gaya Diavel dengan lampu depan LED oval. Mesinnya 500 cc twin yang menghasilkan 48 Hp pada 8.500 rpm dan 47 Nm di 5.500 rpm. Ditransplantasikan ke dalam rangka baja tubular, garpu tradisional dan peredam kejut monoshock digunakan untuk redaman. Beratnya dinyatakan 198 kg dan tangki menampung 14 liter.

SRT 500

Lalu SRT 500 yang juga mengambil basis dari Benelli 500 cc Twin. Ia adalah interpretasi dari TRK 502, tetapi dengan desain yang lebih elegan dan komponen yang lebih baik. Di antaranya adalah lampu LED, rem Brembo, Bosch ABS, swingarm magnesium, layar TFT 5 inci, dan charger USB. Seperti model lain, kontrol pada setang juga dilengkapi dengan cahaya latar. Status mesin tidak berubah, menghasilkan 48 Hp pada 8.500 rpm dan 47 Nm di 5.500 rpm. Beratnya 225 kg dan tangki menampung 19,5 liter.

Turun satu tingkat ada SRK 350. Ia didapuk menjadi turunan dari Benelli 302S. Sesuai namanya, ukuran mesin naik dari 300 cc menjadi 353 cc, mendorong tenaga menjadi 36 hp pada 9.000 rpm dan torsi menjadi 31 di 7.000 rpm.

Sama seperti varian lain, ia juga mendapatkan perangkat ABS dari Bosch, pencahayaan full LED, dasbor TFT dan kontrol setang dengan lampu latar. Tampangnya lebih modern dibanding dengan saudaranya yang berdarah Italia. Dengan berat hanya 176kg, ia tergolong cukup ringan, dan perusahaan telah memperhatikan untuk memberikan pusat gravitasi rendah dan tinggi jok 800 mm agar sesuai dengan pengendara Cina.

SRK 350

Terakhir ada motor bergaya klasik yakni Tourismo Sport 250. Model ini diharapkan menjadi basis model Benelli dalam waktu dekat. Meski masuk kategori terkecil dari semua lini, tapi di negara asalnya untuk kapasitas 250 cc sudah tergolong besar.

Sepeda motor bertampang retro ini mengusung mesin dua silinder berpendingin udara. Dengan instrumen LCD bergaya retro, ABS dua saluran, dan gaya Scrambler dengan roda 18 inci di depan dan 15 di belakang. Tenaganya tercatat 17,4 hp.

Turismo Sport

Dari semua motor yang telah dirilis, pihak QJ Motor hingga saat ini belum mengumumkan harga resminya. Tapi setidaknya mereka telah membuktikan kalau produk asal Cina mampu bersaing dengan pabrikan besar lain. Apalagi kuda besi dari negara sana terkenal dengan banderol yang jauh lebih murah. (Bgx/Tom)

Sumber: Visordown, Bennetts

Baca juga: Benelli Tunjukkan Tiga Rencana Motor Baru, Ada Rival Ducati Scrambler

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store