QJ Motor SRK600, Saudara Dekat Benelli TNT600

QJ Motor SRK600, Saudara Dekat Benelli TNT600

Benelli TNT600 yang dikabarkan mendapat ubahan tahun ini ternyata tidak benar. Bisa dibilang kurang tepat. Gambar yang selama ini beredar nyatanya adalah QJ Motor SRK600. Tidak sepenuhnya salah kalau mengira SRK600 sebagai TNT600 lantaran QJ Motor masih satu kerabat dengan Benelli yang bernaung di bawah Qianjiang Motorcycle. Basis platformnya sama antara kedua motor itu.

Sebelumnya ada rumor beredar, motor TNT600 bakal dibarukan. Namun kala itu masih sebatas gambar render saja. Informasi lain masih misteri. Banyak yang mengira seperti itu karena terlihat dari kerangka, lengan ayun asimetris, suspensi depan dan belakang serta bentuk mesin identik dengan moge Benelli. Kecuali model knalpotnya yang tipe underbelly bukan underseat.

Menurut media Tiongkok, motor 4-silinder itu adalah SRK600, saudara dekat TNT600 yang merupakan produk anyar dari QJ Motor. Secara tampilan memang tidak berbeda jauh dengan gambar render yang tersebar, bahkan aslinya lebih keren. Desainnya lebih modern dan sporty dibanding TNT600. Tetap mengusung gaya streetfighter dengan dual headlamp menunduk, mirip Sugomi Kawasaki. Aroma motor petarung terlihat jelas di bentuk tangkinya yang kekar dan punya buntut pendek. Ditambah dengan model suspensi horizontal dan knalpot underbelly, makin kuat aura motor sport Eropa.

SRK600

Sementara jantung mekanis, kemungkinan berbagi dengan TNT600. Menggendong mesin 600 cc 4 silinder yang mampu memuntahkan power sebesar 87 hp pada 11.500 rpm dan torsi puncak 55 Nm pada 10.500 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan. Angka itu hanya sebagai perkiraan yang diambil dari produk Benelli 600 cc. Sedangkan data resminya belum disebar oleh pihak pabrikan. Namun mereka mengklaim, motor itu sudah memenuhi standardisasi emisi terbaru 'China IV' dan memiliki peningkatan kinerja 5 persen dari saudaranya.

Tak cuma terlihat jantan, SRK600 dibekali fitur modern nan canggih. Semua sektor pencahayaan berteknologi LED, panel meter layar TFT 5 inci full colour, ABS dual channel serta sudah keyless. Komponen merek terkenal jua bisa dijumpai di sekujur bodi. Termasuk suspensi dari Marzocchi, rem lansiran Brembo dengan sistem ABS kepunyaan Bosch. Manufaktur mengatakan, produknya sudah mengadopsi sistem kontrol kualitas yang sama dengan Benelli. Jadi sudah sesuai regulasi dan layak untuk dijual ke Eropa.

Baca juga: Intip Kelebihan dan Kekurangan Benelli Motobi 200 Evo

Di tanah kelahirannya, harga sepeda motor ini 49.999 Yuan atau sekitar Rp 100 juta. Tentu harganya bisa lebih mahal jika dikirim ke luar karena ada bea impor dan pajak kendaraan mewah. Namun hingga saat ini pihak pabrikan belum bisa meluncurkan secara resmi karena terkendala pandemi Covid-19. Akan tetapi, mereka menjanjikan penjualan mulai berlangsung di tahun ini.

QJ Motor SRK600

Sebagai informasi, selain membawahi anak perusahaan macam QJ Motor, ladang bisnis Qianjiang Group atau Qianjiang Motorcycle cukup banyak. Produsen sepeda motor asal Cina itu juga menaungi beberapa produk mocin (motor Cina), seperti Zongshen yang memproduksi mesin Aprilia dan HaoJue untuk Suzuki. Ia juga melakukan kerjasama dengan pabrikan asal Italia Benelli, sehingga hampir semua produk global Benelli dirakit oleh pabrikan tersebut. Bahkan Qianjiang dalam waktu dekat dikabarkan bakal memproduksi motor untuk pabrikan asal Amerika, Harley Davidson. Keduanya hendak memproduksi motor Harley bermesin 300 cc. (Bgx/Tom)

Sumber: Bennetts, News1

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Benelli Patagonian Eagle

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store