MotoGP: Movistar Putus Kontrak, Yamaha Ganti Warna?

MotoGP: Movistar Putus Kontrak, Yamaha Ganti Warna?

Tim Yamaha di kelas MotoGP, dikenal berkelir biru. Warna ini sudah jadi ciri khas dan karakter mereka. Nyatanya, solidnya warna biru, lantaran kerjasama dengan Movistar. Tanpa itu, warna biru tak jadi kelir dominan di tubuh YZR-M1.

Lantas, apa sebabnya kedua brand ini putus kontrak. Tentu mandulnya Yamaha dari titel juara selama dua musim terakhir (2016 dan 2017) bukan jadi faktor utama. Movistar, yang merupakan salah satu sponsor terbesar tim berlambang garputala itu, tengah menyelesaikan hak siarnya dengan Dorna.

Disebutkan dalam GPone, stasiun tv asal Spanyol itu, tak juga merasakan untungnya kesuksesan dengan kerjasama penyiaran MotoGP. Sementara, kondisi pertelevisian di sana memang tengah terpuruk. Jumlah penonton televisi terus turun dari tahun ke tahun. Di lain sisi, investasi bersama Yamaha juga tak kunjung memberikan imbas baik untuk mereka.

Lantas apakah ini berpengaruh terhadap nama dua pembalap; Valentino Rossi dan Maverick Vinales? Jelas tidak. Kedua pembalap ini sudah menandatangani kontrak dengan Yamaha hingga beberapa tahun mendatang. Yang lebih memungkinkan, hilangnya aksara M atau Movistar dari tubuh Yamaha YZR-M1.

Beberapa brand disebut sudah didekati Yamaha. Dua nama terbesar yang mungkin tertulis besar di sisi tunggangan Rossi adalah Petronas dan Monster. Seperti diketahui, Petronas memang merupakan investor terbesar di dunia balap, baik itu motor maupun mobil (F1). Saat ini, brand bahan bakar asal Malaysia itu, masih jadi salah satu penyumbang dana tertinggi di tim Mercedes. Petronas juga bukan nama baru di MotoGP. Beberapa musim lalu, mereka pernah memajang logo sponsor di tubuh M1 (kini berganti Eneos). Jika Petronas berkesempatan menyumbang warna bagi YZR-M1, bisa saja silver-hitam-hijau menjadi kelir utama.

Monster, merek minuman energi juga disebut sebagai kandidat sponsor. Hal ini menyeruak setelah mereka putus kontrak dengan Tech3 yang menjalin kerjasama dengan KTM. GPone bahkan berani memprediksi, warna motor Yamaha bakal berganti hijau atau hitam jika Monster benar menjadi sponsor utama.

Yang jelas, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sebagai salah satu perusahaan produsen dan pengedar kuda besi berlambang garputala terbesar di dunia, mereka yang paling merasakan keuntungan dari bekerjasama dengan tim Yamaha Racing. Banyak motor mereka laris karena brand image tim balap ini. Bahkan kerjasamanya pun memastikan kehadiran Rossi dan Vinales dalam peluncuran produk-produknya untuk pasar tanah air.

Kepastian siapa sponsor Yamaha muncul pada ajang balap Assen, pekan depan. Momen tengah musim yang digelar di Belanda itu, menjadi deadline bagi merek-merek sponsor untuk tim MotoGP.

Untuk diketahui, warna motor Yamaha memang tak selalu biru. Di 2002, saat Max Biaggi di situ, warna merah jadi penanda motor berlambang garputala. Baru 2004 ketika Gauloises, produsen rokok menjadi sponsor, warna biru menjadi kelir kebanggaan. Pada 2006, saat Camel masuk, warna tunggangan Rossi berubah kuning. ketika Fiat jadi salah satu sponsor, warna putih dan merah jadi salah satu penghias besar di motor ini di 2009. Kita lihat nanti, warna apa yang digunakan Yamaha. (Van/Odi)

Baca Juga: Rossi dan Vinales Uji Coba Seat Position Baru di M1, Hasilnya?

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor