MotoGP: Tanpa Rossi, Trio Yamaha Dominan di Latihan Pembuka Aragon

MotoGP: Tanpa Rossi, Trio Yamaha Dominan di Latihan Pembuka Aragon

Persiapan menuju MotoGP Aragon akhir pekan ini (18/10), sempat ditunda. Sesi latihan bebas pertama yang semestinya berlangsung 09.55 waktu setempat, terpaksa diundur 30 menit, lantaran kondisi trek yang terlalu dingin. Seperti dilaporkan pihak penyelenggara, suhu lintasan bahkan berada di bawah 10 derajat. Pemunduran pun kembali diberlakukan untuk keesokan harinya demi keselamatan pembalap.

Kendati diperbolehkan mengaspal, suhu permukaan Sirkuit Motorland Aragon nyatanya belum cukup optimal. Inilah yang menjadi penyebab terjatuhnya beberapa pembalap. Sebut saja Johann Zarco (Avintia Racing), Alex Marquez (Repsol Honda), Iker Lecuona (KTM Tech3), Franco Morbidelli dan rekan setimnya di Petronas Yamaha SRT yakni Fabio Quartararo.

Vinales pun hampir mengalami kejadian serupa, ketika roda depan tunggangannya sempat terkunci di tikungan 14. Beruntung, ia masih dapat mengendalikan Yamaha M1 ke sisi lintasan. Namun, kejadian tersebut tak menyurutkan hasrat joki pabrikan Yamaha untuk menorehkan lap time terbaik. Alhasil, dialah yang mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat di free practice 1 (FP1) - 1 menit 49,866 detik.

Vinales

Menariknya lagi, ada dua rider Yamaha lain menguntit di belakang. Kejatuhan Morbidelli dan Quartararo tak berpengaruh banyak terhadap upaya mereka berburu waktu. Sama pula halnya dengan Alex. Di sesi latihan pembuka, adik kandung Marc Marquez mulai kompetitif karena berada di peringkat empat.

Baca juga: Jadwal Lengkap MotoGP Aragon, Absennya Marquez Peluang untuk Dovi

Situasi jauh berbeda kala para starter lakoni FP2. Kali ini, cuaca sangat cerah dan ideal untuk dilumat si karet bundar. Di awal latihan kedua, Morbidelli sempat memimpin torehan waktu diikuti Quartararo dan Vinales. Kali ini, ketiganya masih menggunakan ban belakang bekas FP1.

Berbeda dengan strategi gagasan tim Suzuki Ecstar. Pembalapnya yakni Alex Rins dan Joan Mir memutuskan menggunakan ban Soft-Soft sejak awal FP2. Namun, Mir lah yang berhasil membuat waktu putaran 1 menit 48,688 detik - paling cepat sementara. Padu padan ini pula yang kemudian mendorong Takaaki Nakagami (LCR Honda) merebut urutan kedua - menggeser Vinales yang sebelumnya menempati posisi tersebut.

Yamaha SRT Petronas MotoGP

Kombinasi ban berkompon lembut itu pun ikut dipasangkan ke motor Quartararo. Pembalap tim satelit Yamaha yang sebelumnya ada di posisi lima, memangkas pencapaian Mir lewat torehan 1 menit 48,210 detik. Hal serupa dilakoni juga oleh Vinales. Baru satu lap berputar, catatannya meningkat dan mulai menggeser Mir ke tempat ketiga. Dan, di putaran berikutnya ia berhasil ke urutan atas dengan lap time 1 menit 47,771 detik.

Mir sebenarnya punya peluang untuk kembali memimpin. Tapi pergerakannya tertahan oleh Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso dari tim Mission Winnow. Dia pun harus puas ada di posisi empat. Sementara tiga pembalap Yamaha kembali bercokol di tempat teratas. Vinales memperbaiki torehannya di FP2. Dan kali ini pun, Quartararo sedikit lebih baik dari Morbidelli. Sayang, awal positif ini tak diikuti Valentino Rossi yang terpaksa absen karena terpapar COVID-19. (Ano/Tom)

Sumber foto: Facebook tim

Baca juga: MotoGP: Rossi Absen di Aragon karena Positif COVID-19, Lorenzo Ditunjuk sebagai Pengganti?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store