MotoGP Misano Kembali Dibuka untuk Umum

MotoGP Misano Kembali Dibuka untuk Umum

Untuk pertama kalinya, gelaran MotoGP setelah COVID-19 mewabah, bisa ditonton secara langsung di sirkuit. Diawali pada putaran Misano (Italia) yang rencananya berlangsung bulan depan. Kepastian ini bahkan sudah diungkap langsung oleh pihak promotor setempat.

Tentu saja menjadi kabar baik bagi para pembalap. Dengan begitu, mereka tak lagi melakukan selebrasi seorang diri ketika memenangkan balapan. Hanya saja momen tersebut baru dapat dilakukan pasca dua balapan di Austria. Dan artinya baru dimulai pada seri Misano. Dikutip dari Autosport, promotor yang menangani helatan sepakat agar penyelenggaraannya bisa ditonton secara langsung.

Jelas dengan penerapan khusus. Sumber serupa mengatakan pihak sirkuit akan menjalankan protokol COVID-19, seperti melarang adanya interaksi dalam kelompok besar hingga menyediakan parkir khusus untuk setiap tribun. "Tentu saja bukan 160 ribu penonton, seperti tahun lalu. Dalam sebulan kami siap menyambut 10 ribu tamu untuk dapat memasuki Sirkuit Marco Simoncelli setiap harinya dan menjamin kemungkinan bahwa 60 ribu orang dapat melihat pertunjukan secara langsung selama dua pekan," tulis mereka.

MotoGP Misano

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Misano ditunjuk menyelenggarakan dua seri sekaligus pada September mendatang. Masing-masing 13 September dan 20 September 2020. Perbandingan ini tentu jauh dibanding jumlah pada helatan tahun lalu. Dengan kapasitas demikian, berarti Sirkuit Misano hanya dapat dimasuki 30 ribu dalam tiga hari - mulai dari sesi latihan, kualifikasi hingga balapan. Meski begitu, situasi ini dilihatnya secara obyektif karena keinginan ini dirasa mustahil jika melihat kondisi beberapa pekan terakhir.

"Terima kasih kepada pemegang wilayah Emilia Romagna dan Presiden Stefano Bonaccini karena telah mendengarkan sekaligus mengevaluasi proyek kami dengan cermat. Bagaimana pun ini juga menjadi dukungan bagi industri pariwisata," ucap promotor.

Informasi ini sekaligus menegaskan bahwa Misano-lah yang bakal menyelenggarakannya lebih dulu. Sebelumnya juga sempat ada wacana dari pihak Sirkuit Estoril agar helatan pamungkas MotoGP itu juga bisa ditonton secara langsung dari sisi lintasan. "Kami sedang bekerja untuk mendapatkan fans dalam balapan kami. Akan dimulai dengan kapasitas 30 ribu fans untuk balapan akhir pekan. Kemudian kami akan memutuskannya bersama Dorna dan otoritas kebersihan mengenai tahap-tahap berikutnya. Kami tidak dapat mengungkapkan betapa bahagianya kami memiliki balapan ini," ungkap Paolo Pinheiro, CEO Autódromo Internacional do Algarve.

Kita tahu, Portugal baru-baru ini ditunjuk sebagai tuan rumah baru MotoGP 2020. Lintasan itu memiliki karakter menantang. Lintasan sepanjang 4,6 km memenuhi klasifikasi FIA Grade 1 dan dilengkapi 15 tikungan. Sisi paling menariknya adalah keberadaan lay out tanjakan yang disusul kemudian dengan turunan sekaligus bergelombang hingga memacu kuda besi melaju lebih kencang. Menjanjikan tantangan baru bagi para pembalap.

Marc Marquez kembali balap

Hadirnya Marc Marquez

Dalam agenda itu pula Marc Marquez kabarnya sudah membalap lagi. Meski belum tersiar informasi resmi dari pihak Honda Racing Corporation (HRC), ada indikasi bahwa joki Honda bakal mengaspal di putaran kelima atau Grand Prix (GP) Spielberg. Pasalnya, sang pengganti yaitu Stefan Bradl sempat memberikan sebuah pernyataan yang menyebut bakal menggantikan Marquez untuk dua balapan di Sirkuit Red Bull Ring. Namun, unggahan di media sosial pribadinya itu dihapus. Menyiratkan kalau sang test rider hanya akan menggantikannya, satu putaran saja. Cukup masuk akal jika dia ingin meminimalisir ketertinggalannya dari para rival. Kendati begitu, tak menutup kemungkinan juga jika Marquez akhirnya memanfaatkan seri Misano menjadi momentum kembalinya ke kejuaraan MotoGP. Selain mendapatkan penyemangat dari sisi lintasan, di putaran ini pastilah kondisinya sudah pulih 100 persen. (Ano/Tom)

Sumber: Autosport, MotoGP

Baca juga: MotoGP: Kemenangan Brad Binder, Sejarah Baru KTM

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store