MotoGP: Lorenzo Kembali ke Pelukan Ducati?

MotoGP: Lorenzo Kembali ke Pelukan Ducati?

Belum ada titik temu menyoal kelanjutan kerja sama antara Andrea Dovizioso dan Ducati. Sementara pihak tim, diduga tengah menyiapkan pengganti jika mufakat itu urung terjadi. Tidak banyak, malah hanya ada satu nama yaitu Jorge Lorenzo. Apakah benar ia bakal kembali ke pelukan Ducati?

Memang bukan hal yang mustahil. X-Fuera (julukan Lorenzo) pernah membela tim asal Bologna pada musim 2017-2018. Bersama tim ini pula, Lorenzo beberapa kali mengecap kemenangan. Sebut saja putaran Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol) dan Red Bull Ring (Austria), tahun keduanya menunggangi Ducati Desmosedici.

Jorge Lorenzo

Capaian tersebut rasanya layak menjadi pertimbangan. Meski begitu, Ducati tak sedikit pun mengumbar perbicangan mengenai reuni ini. Pun halnya dengan Lorenzo. Justru sang ayah lah (Chico Lorenzo) yang membongkar adanya pertemuan itu. Bahkan lugas menyebut bahwa pembicaraan sudah memasuki tahap negosiasi. "Untuk saat ini tidak ada yang pasti. Tapi mereka sedang bernegosiasi, saya tahu itu. Di mana ada asap, pasti ada api," kata Chico dikutip dari Speedweek.

Baca juga: MotoGP: Bukan Rumor, Vinales Mengaku Ingin Pindah ke Ducati

Ini pula yang meyakini Chico bahwa anaknya itu bakal membalap secara reguler lagi. Apalagi dikatakannya, Lorenzo masih punya motivasi untuk balapan. "Jika dia menerima tantangan untuk menyelesaikannya, saya pikir bisa karena dia sangat keras kepala," sahutnya lagi.

Sebuah karakter yang seolah menghilang ketika dia bernaung di Honda. Kala itu, Lorenzo tampak putus asa. Bukan semata gagal menjadi tandem ideal buat Marc Marquez, cedera yang diderita musim lalu jua diakui berdampak besar terhadap kemampuan balapnya. Di satu sisi, Honda RC213V bukanlah 'binatang' penurut. Hingga akhirnya berujung dengan keputusannya untuk gantung helm.

Kenyataannya, tak secepat itu Lorenzo meninggalkan dunia yang membesarkan namanya. Musim ini ia digandeng Yamaha sebagai test rider, sekaligus berperan dalam pengembangan Yamaha M1. Tugas perdananya sudah dilakoni kala tim garpu tala andil dalam sesi tes pramusim Malaysia. Tak cuma itu, kabarnya Lorenzo pun digadang bakal turun balap sebagai wild card.

Lorenzo

Namun hal itu bisa saja batal dilaksanakan, utamanya jika Lorenzo menerima penawaran Ducati. Terlebih lagi belum ada kejelasan menyoal kontrak baru Dovi untuk musim depan. Disebutkan jika pembalap Italia meminta kontrak selama 2 tahun. Tapi, pihak Ducati hanya bersedia meneken satu musim (MotoGP 2021) saja. Seperti disampaikan Paolo Ciabatti, Suporting Director Ducati, ini dilakukan karena usia Dovi yang sudah menginjak 34 tahun. "Kami harus punya alasan jika ingin membuatnya puas," ucapnya.

Lorenzo sendiri pun sebenarnya tak cukup muda, hanya setahun di bawah Dovi. Artinya, masa depan Ducati tetap berada di tangan Jack Miller. Sampai saat ini, dialah satu-satunya pembalap Ducati yang sudah mendapatkan kontrak baru, sekaligus naik ke tim pabrikan. Usianya masih 25 tahun dan punya catatan positif kala membela tim satelit Ducati. Apa mungkin mereka ingin menduetkan Miller-Lorenzo di MotoGP 2021?(Ano/Tom)

Sumber: Speedweek

Baca juga: MotoGP: Kalender MotoGP 2020 Terbaru Dirilis, Ini Daftar Sirkuit yang Hilang

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store