jakarta-selatan

MotoGP: Duet Ketat Pembalap Ducati dengan Marquez di Catalunya

  • 15 Jun, 2019
  • 308 Kali Dilihat

Race ketujuh MotoGP 2019 berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (16/6/2019). Duel ketat antara Marc Marquez dengan dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, diperkirakan kembali tersaji. Pembalap Honda itu, memasang kewaspadaan tinggi terhadap ancaman kedua rider.



Apalagi, Baby Alien memprediksi duel kontra duo Ducati itu berjalan sulit. Kendati di MotoGP Catalunya, Marquez difavoritkan memenangi balapan. Karena seri ini menjadi balapan di kandang Baby Alien, yang dipastikan mendapatkan dukungan besar fansnya.


“Kami tahu Ducati sangat kuat dan cepat di sini dalam beberapa tahun, terutama dua tahun terakhir. Mereka pembalap yang sulit dikalahkan. Saya rasa tahun ini kembali sulit," kata Marquez, seperti dilansir Speedweek.


Persaingan sengit mereka memang menjadi hiburan tersendiri pada MotoGP Italia. Mereka bertarung ketat hingga lap terakhir. Dan kemenangan akhirnua menjadi milik Petrucci, diikuti Marquez serta Dovizioso. Ducati punya rekor bagus di MotoGP Catalunya. Dua balapan terakhir di sana berhasil dimenangi pembalap-pembalap Ducati.


Pada 2017, MotoGP Catalunya dimenangi Andrea Dovizioso. Sementara tahun lalu Jorge Lorenzo yang masih menggeber Ducati, berhasil naik podium utama. Kedua pembalap juga punya catatan menarik. Mereka juara di Catalunya setelah dua pekan sebelumnya jadi kampiun di MotoGP Italia. Dovizioso melakukannya pada 2017, sedangkan Lorenzo pada 2018.


Jika melihat statistik unik itu, kans juara merujuk pada Danilo Petrucci. Pembalap Italia itu berhasil memenangi balapan MotoGP Italia pada pekan lalu, sehingga punya kans meneruskan catatan unik di Catalunya. Tetapi, Dovizioso juga tak bisa diabaikan. Dia tampil perkasa pada MotoGP Italia, meski akhirnya terpaksa mengakui keunggulan Petrucci dan Marquez.


Di sisi lain, Marc Marquez punya rekor kurang mengesankan di Catalunya. Dia hanya sekali naik podium utama pada 2014. Pada tiga musim terakhir, Marquez hanya menjadi runner up secara beruntun.


Sementara Valentino Rossi mengaku optimistis menyambut balapan akhir pekan ini. Musim lalu, Rossi berhasil finis di podium ketiga. Target podium kembali dicanangkan The Doctor jelang grand prix Catalunya. Ia ingin kembali meraih sukses, sekaligus sebagai ajang untuk mengobati kekecewaan pada race terakhir di Mugello, Italia. Seperti kita ketahui, Rossi gagal finis. Dengan podium akhir pekan ini, diharapkan tim balap Yamaha bisa kembali bergairah.


Tim Suzuki Ecstar melalui kedua pembalapnya, Alex Rins dan Joan Mir terus beradaptasi dengan kondisi lintasan Sirkuit Catalunya. Selain itu, mereka juga masih melakukan uji coba untuk menemukan setelan yang pas pada mesin dan juga ban. (Bgx/Odi)


Sumber Foto: MotoGP.com


Baca Juga: Balap ala Moto3 di ItalianGP

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi