MotoGP: Biar Viral, Selebritas Raffi Ahmad Jadi Ambassador Mandalika Racing Team

MotoGP: Biar Viral, Selebritas Raffi Ahmad Jadi Ambassador Mandalika Racing Team

Indonesia tidak hanya menjadi salah satu tuan rumah perhelatan MotoGP 2021 mendatang, tepatnya di Sirkuit Mandalika. Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Indonesia juga bakal resmi memiliki tim balap sendiri bernama Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) yang rencanaya akan diluncurkan pada Rabu, 28 Oktober 2020 besok.

MRTI akan mewakili Tanah Air di kelas Moto2 mulai tahun depan. Berbagai persiapan sudah dilakukan. Yang terbaru, mereka meminang Raffi Ahmad untuk menjadi ambasador atau duta. Selain itu juga menggandeng Garuda Indonesia untuk mempromosikan wisata Tanah Air.

"Sejauh ini sementara kami melakukan penguatan-penguatan internal dulu karena banyak pihak yang harus kami komunikasi antara lain, pebalap dan technical support dari luar serta terkait sponsor," kata ketua tim MotoGP Indonesia Muhammad Rapsel Ali.

Rapsel Ali mengatakan status Raffi sebagai selebritis dan pencinta motor menjadi alasan keputusan MRTI untuk memintanya menjadi duta. "Kita sangat percaya bahwa Bro Raffi sangat cocok menjadi duta Mandalika Racing Team dikarenakan ia punya follower sosial media yang banyak. Raffi kami yakin bisa memberikan pesan dan kesan kepada masyarakat tentang Timnas Moto2 Indonesia,” kata Rapsel Ali dalam keterangan resminya Minggu (25/10/2020)kemarin.

Rapsel Ali yang juga menantu Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin tersebut, mengatakan Raffi yang merupakan selebritas papan atas Indonesia akan sangat membantu MRTI. “Ia bisa membuat berita Mandalika Racing Team akan lebih viral, termasuk kegiatannya sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi yang cepat dan akurat.”

Direktur Mandalika Racing Team, Kemalsyah Nasution memberi pendapat sama. Bagi Kemalsyah, sebagai pencinta motor, Raffi sangat layak diusung menjadi ambasador. "Bro Raffi ini kan pencinta motor juga. Jadi, sudah pasti akan sangat mudah bagi dia untuk mempromosikan kegiatan yang memang juga menjadi salah satu hobinya," jelas Kemalsyah.

Baca juga: MotoGP 2020: Raih Podium GP Teruel, Joan Mir Digdaya di Puncak Klasemen

Raffi Ahmad

Motor Triumph

Mandalika Racing Team bakal diperkuat pebalap nasional Dimas Ekyy Pratama yang sempat membalap di ajang Moto2 tahun lalu dan kemungkinan akan dipasangkan dengan pembalap profesional dari luar negeri.

Mereka akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765cc, yang dipakai oleh seluruh tim Moto2. Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim boleh memakai sasis yang berbeda seperti Kalex, MV Agussta, NTS dan Speed Up.

Tahun ini, Indonesia masuk dalam kalender ke-13 dari 21 putaran yang akan dilangsungkan. Balapan akan dilangsungkan di sirkuit baru, Mandalika Street Circuit, tidak lagi di Sentul International Circuit yang pernah digunakan pada 1996 dan 1997.

Baca juga: MotoGP 2020: Morbidelli Menangkan GP Teruel, Duo Suzuki Kembali Naik Podium

Mandalika Racing Team

Dukungan Garuda Indonesia

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan sejumlah sponsor seperti Pertamina, Garuda Indonesia dan Telkom telah menyatakan kesiapannya mendukung tim Merah Putih di MotoGP Mandalika.

Kesempatan Indonesia menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP 2021, tak boleh dilewatkan begitu saja. Setelah menunggu lebih 24 tahun lamanya, inilah momen emas untuk menggairahkan kembali dunia otomotif sekaligus pariwisata Indonesia.  “Inilah waktunya kita punya tim sendiri yang turun di level tertinggi. Segala potensi anak bangsa harus dimaksimalkan. Kita sudah punya program panjang terkait pembinaan pembalap dan mekanik,” kata Rapsel Ali.

Selain menjadi tuan rumah, MRTI juga akan tampil penuh di 21 seri yang digelar musim depan. Ini bisa digunakan untuk mempromosikan wisata Indonesia. Mengenalkan kembali Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata dunia.

“Makanya kami memberi kesempatan pada BUMN untuk memaksimalkan kehadiran tim ini. Salah satunya Garuda Indonesia. Sebagai anggota SkyTeam dengan sejumlah destinasi internasional, ini kesempatan terbaik untuk mengajak orang mengunjungi Indonesia,” jelas anggota DPR RI dari Komisi VI ini.

Kerja sama dengan Garuda Indonesia sudah mulai dijajaki. Pertemuan dengan jajaran direksi maskapai pelat merah tersebut, Kamis, 22 Oktober, berbuah positif. Dukungan siap diberikan oleh Garuda Indonesia. Selain membantu akomodasi tim ke berbagai negara, juga sedang dijajaki publikasi MRTI memanfaatkan badan pesawat.

“Bagi kami hajatan MotoGP sangat strategis untuk Indonesia. Di tengah merosotnya ekonomi dunia karena pandemi, kita berharap gairah pariwisata bisa menggeliat lagi dengan hadirnya event kelas dunia di Tanah Air,” jelas Ade Susardi, Direktur Pelayanan, Pengembangan Bisnis, dan Informasi Teknologi PT Garuda Indonesia. (Raju)

Baca juga: MotoGP 2020: Morbidelli Raih Resultan Waktu Tercepat FP3, Nakagami Konsisten Dua Besar GP Teruel

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store