MotoGP 2020: Morbidelli Menangkan GP Teruel, Duo Suzuki Kembali Naik Podium

MotoGP 2020: Morbidelli Menangkan GP Teruel, Duo Suzuki Kembali Naik Podium

Franco Morbidelli finish di urutan pertama pada GP Teruel yang digelar kedua kalinya di Aragon. Pembalap Petronas Yamaha SRT itu menyelesaikan balap tanpa kesalahan sama sekali, dibuntuti terus oleh Alex Rins. Sementara Joan Mir, berhasil menyelesaikan lomba di urutan tiga meski start dari tengah. Membuat duo Suzuki Ecstar lagi-lagi naik podium.

Tiga rangkaian pemenang tadi tentu tak lepas dari insiden di awal lap. Baru saja saling melesat, Brad Binder kehilangan kendali dan menyundul ban belakang Jack Miller. Pembalap grup Red Bull KTM itu tak hanya mencelakai dirinya, pentolan Pramac Ducati ikut tersungkur dan tak bisa melanjutkan balap.

Satu tikungan setelah itu, Takaaki Nakagami (LCR Honda) – yang start di posisi terdepan – mengalami low side crash. Ia menikung terlalu lebar dan membuat harapannya menang pupus. Padahal meraih pole merupakan sejarah bagi rider Jepang setelah 16 tahun. Sebab itulah posisinya langsung direbut Morbidelli.

Lantas geliat Joan Mir sudah nampak sejak putaran pertama, bahkan dari start. Ia berhasil menyusul beberapa pebalap meski memulai dari urutan 12. Bahkan saat Quartararo ada di posisi lima, Mir menyalipnya dengan mudah dan merebut tahta. Hingga lap tiga, urutan satu sampai lima diisi Morbidelli, Rins, Zarco, Vinales, serta Joan Mir.

Masuk lap enam, Mir kembali beraksi. Ia menyicil upaya naik podium dengan menyalip Vinales. Lantas membuatnya ada di posisi empat. Entah karena lengah, bahkan rekan setim Rossi ini tak cuma diburu Mir dari belakang. Alex Marquez diam-diam masuk dari dalam tikungan dan langsung membelakangi Vinales di tikungan 14 ke 15. Tak butuh waktu lama bagi Joan Mir menaklukkan pembalap di depan.

Ketika sisa 13 putaran, alias lima lap setelah menyusul Vinales, Zarco yang jadi korban. Ia kembali menyalip dari dalam tikungan dengan sangat rapi, pengendaliannya terukur. Khas Joan Mir. Dan inilah titik terakhir pertarungan tiga besar. “Rasanya hari ini sudah sangat cukup. Saya tidak bisa beraksi lebih maksimal lagi. Sebab ban belakang mulai habis. Apapun itu, balap kali ini sangat menyenangkan hasilnya. Start dari grid 12 dan bisa mendapat podium itu rasanya memuaskan,” ungkap Joan Mir, sesaat setelah balap usai.

Alex Rins MotoGP 2020

Wajar, duo Suzuki Ecstar memasang ban soft/soft untuk GP Teruel. Yang notabene punya grip paling baik di cuaca seperti hari itu. Apalagi Mir terus beraksi menyusul satu demi satu pembalap, juga dibuntuti cukup dekat. Mengurangi daya cengkram ban softnya lebih cepat. Bahkan Rins yang tak banyak beradu – cenderung tenang di posisi dua dari awal – tak sanggup menggeser Morbidelli sekalipun.

Sebab itu rekan setim Fabio Quartararo terus menerus membuat gap waktu. Menyelesaikan tikungan demi tikungan dengan apik. Tanpa ada kesalahan atau ancaman tersusul. Tampaknya pilihan ban Medium/Medium menjadi keputusan tepat. Membuatnya percaya diri hingga akhir balap. “Kali ini saya cukup agresif. Dan ketika melihat tak ada satupun pembalap di depan, saya kerahkan semua kemampuan lap demi lap. Konsentrasi penuh dan konsistensi saya jaga terus. Dan akhirnya mampu menyelesaikan dengan presisi,” kata Morbidelli, setelah lomba usai.

Morbidelli MotoGP Teruel 2020

Sebetulnya tak cuma mereka yang naik podium, bermain bagus di GP Teruel. Alex Marquez, sempat menunjukkan taji di paruh balapan. Pada lap empat saja ia sudah menggeser Quartararo dari posisi enam. Bahkan pada putaran 11 dan 12, aksi saling salip bersama Zarco sangat menarik disaksikan. Mereka sempat berebut dan akhirnya dikuasai Marquez. Hingga sisa sepuluh putaran, ia malah terjatuh dan tak melanjutkan lomba. Lantas soal Quartararo, seperti tak ada gaungnya. Ia start dari posisi enam. Dan sedari awal tak lebih baik. Berkali-kali disusul pembalap lain, bahkan sempat turun ke urutan 9 saat lengah dari Oliveira. Mantan pemimpin klasemen tiga babak lalu ini harus puas finish di posisi delapan. (Hlm/Van)

Sumber Foto: Facebook Official Team

Hasil MotoGP Teruel, Aragon 2020

POS RIDER NAT TEAM TIME/DIFF

1. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 41m 47.652s

2. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +2.205s

3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +5.376s

4. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) +10.299s

5. Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) +12.915s

6. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) +12.953s

7. Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +14.262s

8 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) +14.720s

9. Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +17.177s

10. Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) +19.519s

11. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +19.708s

12. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) +20.591s

13. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) +22.222s

14. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) +26.496s

15. Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) +31.816s

Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) DNF

Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* DNF

Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) DNF

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) DNF

Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) DNF

Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* DNF

Baca Juga: Legenda Yamaha Jagokan Suzuki Juara Musim 2020

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store