• Wishlist

Ducati Luncurkan 9 Model Baru Versi 2020

Ducati World Premiere (DWP) memang istimewa. Acara tahunan yang selalu ditunggu para pecinta roda dua dari seluruh dunia. Dan hajatan kali ini, produsen motor asal Italia mengumumkan 9 model versi 2020.

Ducati

Sebelum EICMA dihelat November, Ducati lebih dulu kenalkan produknya. Acara ini dihadiri oleh diler-diler utama dari 71 negara di seluruh dunia. Ratusan orang memadati acara yang berlangsung di panggung Palacongressi, Rimini Conference Center, Italia, Rabu (23/10). Perhelatan ini juga disiarkan langsung, menghadirkan Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding. Berikut motor-motor yang dikenalkan:

1. Scrambler Icon Dark 2020

Yang pertama naik panggung ada Ducati Scrambler Icon Dark model 2020. Motor yang memiliki filosofi “Land of Joy” itu, mendebut di EICMA bulan depan. Naked bike dengan tampilan klasik, tetap menggendong mesin 803 cc, L-Twin, Desmodromic distribution, 2 katup per cylinder, berpendingin udara.

Jantung pacunya mampu menghasilkan tenaga 73 hp @ 8.250 rpm dan torsi puncak 67 Nm @ 5,750 rpm. Dikawinkan dengan gearbox enam percepatan. Dilengkapi dengan ABS dan mesin sesuai dengan Euro4.

Punya tampang serbahitam, kecuali bagian knalpot dan kedua sisi tangki yang berwarna silver. Dibanding model sebelumnya, ia tidak banyak mendapat ubahan. Cuma di bagian spion yang kini membulat dengan warna hitam dan lampu sein yang sudah LED. Lainnya, semua masih sama. Harga yang ditawarkan £ 7.595 atau setara Rp 118 juta.

2. Diavel 1260 dan Diavel 1260 S

Ducati merilis Diavel 1260 dengan dua warna baru di setiap varian. Diavel 1260 standar tersedia warna Sandstone Grey dan Dark Stealth yang seluruh bagian bodinya serbahitam. Sedang Diavel 1260 S tampil lebih eksotis. Hadir dengan skema warna Ducati Red dan Total Black. Kedua rangka teralisnya berkelir merah dan suspensi depannya dicat gold. Jantung pacu dari kedua varian tidak ada bedanya. Sama-sama mesin L Twin 1.262 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 159 hp dan torsi maksimalnya menyentuh 129 Nm. Harganya mulai dari £ 20.290 sampai £ 23.190.

3. Multistrada 1260 S Grand Tour version

Ducati Multistrada 1260 S Grand Tour Version didedikasikan untuk mereka yang suka turing. Dilengkapi dengan paket yang menunjang perjalanan jauh. Semacam hand guard, lampu kabut, side box, sistem pamantau tekanan ban dan electric fuel filler cap. Punya livery khusus yang diberi nama Grand Tour. Teralisnya berkelir merah dan hampir seluruh bodi berwarna silver. Meisnnya L Twin 1.260 cc dengan tenaga maksimal 158 hp dan tosi 129 Nm. Dilego £ 22.490.

4. Panigale V2

Kemunculannya menggantikan Panigale 959. Diklaim lebih gesit, lebih kuat dan lebih cepat. Ada tambahan tenaga 5 hp dan torsi 2 Nm. Jadi, saat ini punya daya maksimal 151 hp dan torsi 104 Nm. Model baru juga lebih ramah dan nyaman untuk dikendarai di jalan. Fitur penunjangnya ada layar TFT 4,3 inci baru, Inertial Measurement Unit (IMU) 6 sensor, cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), wheelie control, bi-directional quick-shifter dan engine brake control. Model terkini sudah memenuhi persyaratan Euro5. Harga resminya belum diinformasikan.

5. Panigale V4 dan V4 S

Ducati memberikan penyegaran ke motor andalannya, Panigale V4 dan V4 S. Pembaruan paling jelas ada di bagian desain. Banyak ubahan untuk meningkatkan stabilitas motor dan aerodinamika yang baik, layaknya motor MotoGP. Paling kentara ada winglet yang terpasang di fairing depan, mirip dengan yang ada pada V4 R. Diklaim winglet-nya menawarkan downforce hingga 30kg pada 270 km/jam. Jelas itu membantu stabilitas motor dalam kecepatan tinggi. Ducati juga memberikan windshield yang lebih tinggi, namun dengan sudut kemiringan yang lebih tajam. Untuk masing-masing sisi, ada penambahan lebar, lebih kurang 38 mm. Itu dimaksudkan untuk mengurangi airflow yang mengenai pengendara, serta meningkatkan grip yang lebih bagus. Paket elektronik dioptimalkan untuk meningkatkan kepercayaan diri pengendaranya. Panigale V4 dibanderol £ 23.490, dan V4 S £ 28.790.

6. Streetfighter V4 dan V4 S

Ducati Streetfighter

Motor ini ditunggu-tunggu penggemar Ducati dan motor naked dunia. Mengusung tagline 'The Fight Formula', dan dibekali empat buah winglet alias sayap yang berada di sisi kiri kanannya. Ducati menyebutnya sebagai 'Biplane Wings'. Berkat fitur aerodinamika di depan, motor menghasilkan daya tekan 28 kg saat ngebut di kecepatan 270 km/jam.

Secara garis besar, Streetfighter V4 merupakan versi Ducati Panigale V4 yang dibuka fairingnya. Menyoal mesinnya, punya tenaga 208 hp dengan torsi 123 Nm. Bobotnya hanya 180 kg (Streetfighter V4) dan 178 kg (Streetfighter V4 S). Kedua varian menjanjikan akselerasi yang begitu brutal, karena banyak teknologi yang diambil dari motor balap MotoGP Ducati Desmosedici GP19. Digadang mampu menandingi Kawasaki Z H2 hyper supercharged yang baru diluncurkan.

Pabrikan asal Bologna juga membenamkan perangkat elektronik mumpuni. Mulai dari kontrol traksi dengan IMU 6 sensor, wheelie control, cornering ABS, quickshifter naik/turun sampai kontrol engine brake.

Juga ditawarkan versi S dengan pelek lansiran Marchesini yang ringan, suspensi Ohlins yang dikendalikan secara elektronik. Jika masih kurang, Ducati menawarkan knalpot Akrapovic yang dapat mengurangi bobot sepeda motor hingga 6 kg. Dengan knalpot itu, motor mampu menghasilkan tenaga hingga 220 hp.

Bicara harga, versi reguler dibanderol £ 19.990. Kalau dikonversi ke Rupiah, harganya mencapai Rp 311 juta. Sedang versi Streetfighter V4 S harganya lebih mahal 3 ribu Euro alias Rp 358 juta. (Bgx/Van)

Sumber : zigwheels

Baca Juga: Yamaha Tricity 300, Pakai Platform XMax

Jelajahi Ducati Panigale V4

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store