jakarta-selatan
kali dibagikan

Mengenal Lebih Dalam Kawasaki Z250SL

  • 24 Mei, 2019
  • 2467 Kali Dilihat

Kawasaki Z250SL, salah satu lini naked bike Z-Series dari geng hijau yang banderolnya terjangkau. Motor ini mengambil basis Ninja 250SL, tapi rupanya dibedakan menjadi naked bike. Mengusung konsep itu, artinya aksesori yang biasa ditemukan pada model sport seperti fairing dilepaskan. Imbuhan SL sendiri merupakan kependekan dari Super Light. Berarti motor ini ringan, sehingga cocok digunakan untuk berbagai kondisi jalan, terutama saat macet.



Harga Kawasaki Z250SL Rp 42,1 juta (OTR Jadetabekser). Disajikan dengan tampilan garang dengan rangka yang sengaja diperlihatkan. Tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter dibentuk agar dapat mengakomodasi posisi kaki pengendara dengan nyaman. Selain itu, konturnya dibuat agar mempunyai garis yang mengalir, bak jembatan yang menghubungkan jok dengan kepala. Posisi duduk penumpang lebih tinggi, memberi kesan motor yang sporty.


Wujud Z250SL dibentuk agar terlihat ramping. Adapun panjang yang dimiliki 1.935mm, lebar 700mm dan tinggi 1.075mm. Dimensi ini memungkinkan Kawasaki mengatur jarak poros rodanya 1.330mm dan ground clearance cukup tinggi 165mm. Motor pun bakal bergerak lebih lincah dan dapat melibas berbagai kondisi trek, terutama polisi tidur di Tanah Air yang sering kali berukuran tak masuk akal.


Jantung mekanisnya berkubikasi 249cc, DOHC empat langkah dengan ruang silinder sebanyak satu buah dan berteknologi injeksi. Z250SL diracik dengan konstruksi piston 72 x 61 mm dan rasio kompresi 11,3:1. Formula itu mendorong mesin menghasilkan tenaga puncak mencapai 28 PS di putaran 9.700 rpm dan momen puntir 22,6 Nm pada 8.200 rpm. Besaran energi disalurkan ke roda melalui sistem transmisi 6-percepatan.


Fitur yang dibenamkan mengikuti tren terkini. Panel instrumennya berupa digital yang menampilkan kecepatan, putaran mesin, odometer, jam dan kapasitas tangki. Ada pula lampu indikator yang menginformasikan lampu utama dan sein, fuel injection, kapasitas pelumas, kondisi baterai serta posisi gigi netral.


Sektor kaki-kaki Z250SL didukung suspensi 37mm teleskopik di depan dan Uni-Trak Swingarm berpadu shock absorber tunggal di belakang. Penggunaannya sudah cukup untuk menunjang pengendalian motor agar tetap nyaman, lincah dan stabil. Komponen itu disandingkan dengan ban besar, spesifikasinya 100/80 di depan dan 130/70 di belakang. Keduanya berdiameter 17 inci, secara tampilan pemilihannya membuat Z250SL semakin galak.


Urusan penghela laju, model cakram sudah diaplikasi di kedua roda. Ukuran di muka cukup besar mencapai 290mm, sementara di buritan 220mm. Tentunya ini memaksimalkan performa pengereman. Bila menginginkan kemampuan yang lebih mumpuni, konsumen bisa memilih Z250SL berteknologi Anti-lock Braking System (ABS). Perangkat ini mengizinkan pengendara mampu mengendalikan motor menghindari hambatan dan mencegah ban selip ketika rem mendadak dan keras. Namun, tentu saja harganya sedikit lebih mahal. (Hfd/Van)


Baca Juga: Suzuki Katana Hadir di Jakarta Fair, Ini Spesifikasinya

Harga dan Promo Varian Z250SL

  • Standard | Rp 42 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 6 Juta
    Angsuran Rp 2 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • ABS | Rp 48 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 8 Juta
    Angsuran Rp 2 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Motor Kawasaki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi