• Wishlist

Malaysia Baru Kebagian Yamaha MT-09 Tracer

Fanatis Yamaha di Indonesia harus berbangga hati. Utamanya para pengguna MT-09 Tracer. Pasalnya di Malaysia, motor ini baru saja meluncur. Model ini merupakan varian tambahan dari MT-09.


Rancang bangun MT-09 Tracer seolah tak butuh lagi penyesuaian untuk membuatnya lebih asyik dijadikan tunggangan jarak jauh. MT-09 yang DNA aslinya naked sport bike, berubah menjadi motor adventure dengan kehadiran windshield dan fairing di sisi bodi. Fairing bukan tanpa fungsi, konstruksinya melindungi radiator. Demikian pula dengan layout lampu yang lebih besar, menjamin visibilitas motor di mata pengendara lain. Tampaknya lampu inilah yang akhirnya membuat paras MT-09 Tracer berbeda signifikan.


Peranti khas motor adventure, juga tersedia. Sebut saja handguard besar yang siap melindungi tangan dan rem atau kopling jika bersenggolan. Konon menggunakan handguard seperti ini, juga meminimalisir embusan angin ke tangan dan potensi tangan kelelahan bisa dihindari.


2017-Yamaha-MT-09-Tracer (6)


Untuk membuat identitasnya sebagai motor adventure lebih sahih, diberikan pula bracket pada kedua sisi buritan MT-09 Tracer. Konon bokong motor, bisa digantungkan boks atau panniers yang mampu mengakomodir bawaan hingga berliter-liter.


Konstruksi setang motor tak nampak berbeda, namun diferensiasi diberikan pada konstruksi jok. Untuk pengendara, jok dibuat lebih tebal, yang membuat posisi riding lebih jangkung dan tentu lebih nyaman. Demikian juga dengan jok penumpang, lebih tinggi. Biasanya perubahan konstruksi jok saja sudah berpengaruh terhadap geometri berkendara secara keseluruhan.


Oh ya, jangan lupa motor ini punya rem ABS. Itu saja mungkin tak mewah dan tak asing untuk motor di atas 600 cc, tapi begitu diberikan pengatur traksi (Traction Control), maka motor seolah memiliki kapabilitas lebih. Menempuh jalan ekstrem yang membutuhkan tenaga ekstra, maka tak perlu khawatir motor kehilangan kendali. Sebab komputer dapat mengatur output pada roda secara otomatis.


Di luar itu, belum ada informasi lain yang menjelaskan perbedaan dengan varian standar. Mesinnya sudah pasti 847 cc 3-silinder berpendingin cairan dengan crossplane crankshaft. Konstruksi kruk as, membuat torsi MT-09 dahsyat. Lihat saja figur 87,5 Nm serta tenaga 115 dk yang diproduksinya. Penyalurannya lewat girboks manual 6-percepatan.


MT-09 Tracer dijual mulai bulan ini dan diproduksi sendiri oleh Agen Pemegang Merek (APM) di sana. Hong Leong Yamaha Malaysia menjualnya dengan label RM 52.000 atau jika dirupiahkan Rp 161,7 juta. (Van)


sumber : Paultan


Baca Juga : Yamaha XMax Kini Punya Mesin 400 cc

Jelajahi Yamaha MT-09

Yamaha MT-09 Rp 250 - Rp 325 Juta Cicilan : Rp 5,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi