Lifan Hunter 125, Ducati Scrambler Imitasi Asal Cina

Lifan Hunter 125, Ducati Scrambler Imitasi Asal Cina

Produsen roda dua asal Tiongkok kembali bikin kejutan. Kali ini datang dari Lifan yang membuat sepeda motor kecil dengan nama Hunter 125. Menariknya, mereka menciptakan kuda besi yang mirip dengan salah satu produk dari Ducati. Tapi bentuknya saja yang menyerupai. Alih-alih moge bermesin 800 cc, ini adalah versi mirip Scrambler dengan kubikasi lebih kecil yakni 125 cc.

Pabrikan asal Cina, Lifan kenalkan sebuah motor kecil yang meniru bentuk dari Ducati Scrambler. Unit ini sudah dipasarkan di Thailand dan di beberapa negara di Asia. Tampilannya cukup meyakinkan. Bodi dari depan hingga belakang benar-benar menyontek Ducati Scrambler. Jika kita lihat lebih detail, bagian ban, tangki, jok serta lampunya sangat menyiratkan tema a la Scrambler. Namun saat melihat ke arah mesin, barulah kita menyadari dan pasti kecewa.

Lifan Hunter 125

Sesuai namanya, ia berkapasitas 125 cc, 4 tak, berpendingin udara dan juga pengabut bahan bakar yang sudah injeksi. Mesinnya itu dipasang horizontal dengan model ‘tidur’ sama seperti motor - motor bebek kebanyakan. Ia juga bukanlah kuda besi yang menggunakan kopling basah, lihat saja di stangnya.

Tampilan Lifan Hunter 125 memang terlihat mirip Ducati Scrambler khususnya varian Icon. Pada tangki, tulisan atau emblemnya adalah ”Hunter”, dengan desain font yang mirip punya Scrambler. Model penampung bakarnya juga dibuat sama. Hanya saja kapasitasnya berbeda. Kemudian bentuk joknya juga dirancang serupa, model menyatu dengan warna cokelat. Di ujungnya terdapat stoplam LED lengkap dengan sepatbor pendek. Bedanya ia berkelir putih, sementara aslinya selaras dengan tangki.

Rangka Lifan Hunter itu seperti offset dan berusaha menampilkan siluet cover timing chain, salah satu silinder tegak khas Ducati, sehingga berkesan bermesin L shape. Bagian bawah tangki terlihat padat meski mesin yang digunakan sangat kecil. Hal itu berkat beberapa komponen penutup yang berpadu dengan rangka, seperti menjadi bagian dari jantung pacu sepeda motor.

Lifan Hunter 125

Tak cuma desain bodi, panel instrumen juga diturunkan dari bentuk yang dimiliki Scrambler. Wujudnya bulat dan sudah full digital berlatar biru. Di dalamnya menginformasikan petunjuk kecepatan, takometer, indikator bensin, jam, odometer, dan konsumsi rata-rata BBM. Setangnya model fatbar dan dilabur cat kuning.

Lifan Hunter dilengkapi suspensi upside down di depan dan shock konvensional di belakang yang menempel di swing arm banana. Bedanya, kalau Scrambler versi asli letaknya di sisi kiri, sedangkan Hunter di posisikan di tengah. Rodanya dibekali pelek aloi berdiameter 14 inci yang dibungkus ban tipe dual purpose, sama seperti model originalnya. Pengereman sudah cakram depan maupun belakang dengan model wavy disc. Tak lupa juga knalpot double barrel dengan silencer yang cukup pendek.

Motor mirip Ducati Scrambler ini dijual dengan harga 54.000 Bath Thailand, atau sekitar Rp 21 jutaan. Walau demikian, situs resmi dari Lifan sudah tak menjual motor tersebut. Ia diganti dengan Hunter 150 yang bentuknya tak identik lagi dengan Ducati Scrambler.

Lifan Hunter 125

Bila kita bandingkan dengan Ducati Scrambler, harganya selisih jauh. Begitu pula dengan dimensi serta mesin yang digendong. Jika Lifan Hunter hanya punya satu varian, Scrambler asli ditawarkan dengan beberapa tipe. Mulai dari yang berkapasitas 400 cc, 600 cc dan 1.200 cc. (Bgx/Tom)

Sumber: Ride Apart, Bike Republic

Baca juga: Begini Tampang Italjet Dragster dan Ducati Panigale Ketika Menjadi Satu

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store