Kawasaki Beli Pabrikan Motor Asal Italia, Bimota?

Kawasaki Beli Pabrikan Motor Asal Italia, Bimota?

Beredar rumor Kawasaki Heavy Industries (KHI) membeli pabrikan motor custom asal Italia, Bimota. Tidak hanya merek, KHI juga mengambil seluruh kekayaan intelektualnya. Hal itu dimaksudkan, agar produsen motor asal Jepang itu, bisa menginvasi lebih luas lagi di tanah Eropa.

bimota naked bike

Dilansir dari media asal Italia, Yesterbike, pengambilalihan akan terjadi dalam waktu dekat. Menurut para ahli sepeda motor klasik di Yesterbike, mereka telah melihat preview perjanjian antara Kawasaki dan Bimota. Selain itu, beredar kabar, Kawasaki melalukan kunjungan ke beberapa vendor Bimota. Produsen motor asal Jepang itu, melakukan komunikasi dengan tujuan berkolaborasi.

Media asal Italia sampai menanyakan kebenarannya ke pendiri Bimota. “Saya tidak memiliki informasi yang tepat, tetapi ada desas-desus itu saya tahu. Dalam beberapa hari ke depan akan ada kabarnya. Jika akuisisi oleh Kawasaki terwujud, ini bisa menjadi sejarah baru. Saya senang dan bangga, berarti Kawasaki benar-benar serius. Saya tahu, merek Bimota sudah bergejolak dalam 20 tahun terakhir,” kata Giuseppe Morri, pendiri Bimota.

Sebagai pendiri, Giuseppe Morri tidak mau mencampuri urusan itu. Dirinya sudah tidak tertarik dengan Bimota. Usianya kini sudah menginjak 78 tahun, dan sudah mengakhiri petualangan dengan Bimota sejak 1993. Merek itu kini dipegang kendali oleh investor sekaligus pengusaha asal Swiss, Marco Chiancianesi dan Daniele Longoni. Keduanya juga harus rela melepas merek yang mereka renovasi sejak 2013. Karena beberapa tahun terakhir, merek motor ikonik itu tidak menunjukkan performa yang bagus di benua Eropa.

Jika dilihat dari lokasi Bimota berdiri, kemungkinan besar Kawasaki bakal memperkuat penjualannya di sana. Kita tahu, motor besar pabrikan Jepang ini, sulit bersaing dengan motor premium Eropa. Selain dari segi harga, ia juga terganjal persaingan brand image di negara Barat. Harapan berkolaborasi dengan Bimota, langkah kecilnya bisa menghadapi Ducati dan Aprilia.

Strategi menarik yang dilakukan Kawasaki, bisa menghemat sumber daya yang tersedia di pabriknya. Dengan adanya Bimota, produsen motor yang identik warna hijau itu dapat merancang dan membuat motor di Italia. Pasalnya, Kawasaki tidak punya base atau pabrik di Eropa. Beberapa pengamat otomotif di Italia pun beranggapan, Kawasaki mengambil keputusan bisnis yang tepat. Karena lebih dari sekadar permainan dalam meningkatkan daya saing pada industri sepeda motor.

Sepeda motor terakhir yang dibuat Bimota adalah Impeto. Sepeda motor berjenis naked itu, menggunakan basis Ducati Diavel. Motor bertenaga 162 hp dengan paket supercharger itu dirilis 2015. Namun penjualannya tidak sesuai harapan, ia harus kandas di 2017 berbarengan dengan penutupan pabriknya di Rimini, Italia. (Bgx/Odi)

Sumber: Yesterbike

Baca Juga: Kawasaki Z1000 Supercharger Segera Meluncur

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store