jakarta-selatan
kali dibagikan

Ini Fitur Honda Vario 150 yang Tak Dimiliki Yamaha NMax

  • 07 Nov, 2019
  • 5714 Kali Dilihat

Mungkin Anda langsung geram melihat kami membandingkan Honda Vario 150 dan Yamaha NMax. Tidak sebanding. Namun sudut pandangnya tak mentah-mentah begitu. Kami melihat dari paradigma lain. Salah satunya, Vario jauh lebih ekonomis dibanding Nmax, dengan nilai jual Rp 23,621 juta. Dan ternyata, ada beberapa aspek unggul ketimbang jagoan Maxi Yamaha itu. Tak menutup kemungkinan, hal ini dijadikan bahan pertimbangan konsumen dalam memilih skutik 150 cc.


Smart Key System


REmote Vario 2018


Vario punya perangkat smart key untuk pengoperasian motor. Tak perlu lagi memasukkan anak kunci. Kantongi saja dan putar kenop di kanan. Mesin pun langsung bisa dinyalakan. Selain itu, remote juga memiliki fungsi mengaktifkan alarm sekaligus answer back system. Walau sederhana, namun keberadaannya bisa meminimalisir resiko kecurian. Begitu juga kala mencari motor di parkiran padat, kedipan lampu sein bisa memandu Anda menemukannya.


Idling Start Stop (ISS)


Efisiensi bahan bakar Vario dibantu oleh ISS. Sebuah perangkat yang otomatis mematikan mesin, jika berhenti lebih dari tiga detik. Sementara untuk menyalakan kembali, cukup putar tuas gas. ISS sangat berfungsi dan tepat guna berada di skutik semacam ini. Kondisi medan jalan yang mayoritas stop and go, efektif mereduksi penggunaan bensin. Semakin praktis, fitur bisa dimatikan melalui saklar kala tidak dibutuhkan.


Lampu LED


Nmax sebetulnya punya pencahayaan LED. Tapi hanya di headlight. Sein dan stoplamp masih pakai bohlam konvensional. Beda dengan Vario, dari depan ke belakang telah mengadopsi LED. Selain hemat daya, tampangnya berhasil menjadi lebih futuristik.


Konsumsi Bahan Bakar Hemat


Volume silinder mesin Vario sedikit lebih kecil. Begitu pun output, jelas kalah dengan NMax. Namun, dalam perspektif motor harian keduanya jadi anugerah. Catatan konsumsi bahan bakar klaim Honda, ia bisa melaju sejauh 46,9 liter dengan satu liter bensin. Menggunakan metode ECE R40 Euro 3 dan kondisi ISS menyala.


Artinya, lebih hemat dari Yamaha. Hasil uji OTO.com dengan gaya berkendara dinamis dalam kota, NMax baru mencapai 39 kpl. Tapi, beberapa sumber juga menunjukkan bisa sedikit melewati angka 40 kpl. Sayangnya juga, belum ada perangkat semacam ISS pada NMax.


Dek Rata



Mungkin bisa jadi perdebatan dari sisi estetika. Namun harus diakui, dek rata milik Vario bisa menambah ruang akomodasi. Perilaku masyarakat Indonesia yang gemar menaruh atau menggantung barang agak besar di depan akan lebih relevan. Plus, bagasinya juga masih cukup (18 liter) walau lebih kecil dari NMax.


Dimensi Kompak


Baik panjang, lebar, serta tinggi Vario lebih ringkas. Begitu juga jarak sumbu rodanya. Kalau digunakan sehari-hari, apalagi di ruas jalan padat, Vario bisa memberikan handling lincah. Tak terkecuali bobot. Bahkan selisih 15 kg dari NMax.


Simpulan


Sekali lagi, aspek yang disebutkan tadi bukan mengartikan Vario 150 lebih baik ketimbang Yamaha NMax secara menyeluruh. Melainkan elemen tertentu saja. Bahkan, apa kami utarakan juga masih bisa didebat jika menyesuaikan perspektif kebutuhan masing-masing. (Hlm/Van)


Baca Juga: Ketahui Hal Ini Sebelum Beli Kawasaki Vulcan

Harga dan Promo Varian Vario 150

  • Standard | Rp 22 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 2 Juta
    Angsuran Rp 992.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Honda Vario 150

Lihat video terbaru Honda Vario 150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi