IMOS 2018: Smoked Garage SG-411 Himalayan, Motor Kece Buatan Bali

Booth Royal Enfield di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 terlihat berbeda. Selain karena pertama kalinya mereka hadir di ajang tersebut, salah satu motor yang hadir benar-benar membuat kagum. Inilah SG-411 Himalayan, buatan Bali.

Ya, SG-411 Himalayan adalah motor konsep yang dibuat oleh Smoked Garage, yang bermarkas di Bali, dengan memanfaatkan platform Royal Enfield Himalayan. Konsep desainnya motor street tracker dengan mengedepankan kemampuan luar biasa (super capability). Terinspirasi dari kapabilitas asli Himalayan yang memang dibuat sebagai motor penjelajah segala medan. Satu hal yang harus ditegaskan adalah, kualitas pembuatannya yang jempolan.

Smoked Garage mengubah total Royal Enfield (RE) Himalayan sehingga terlihat futuristis. Bertolak belakang dengan desain pabrikan Inggris-India yang selalu kental dengan unsur klasik berbentuk bulat. Menggunakan frame dan mesin Himalayan, lekukan tegas dihadirkan di tangki hingga body belakang. Material yang digunakan adalah panel alumunium yang dibentuk dengan tangan alias hand made.

Sub frame asli diganti menggunakan buatan Smoked Garage, demikian juga dengan lengan ayun belakang. Mereka juga memindahkan shock absorber ke belakang tangki. Bukan tanpa alasan, posisi ini diklaim mumpuni untuk pengendalian di berbagai bentuk jalan. Celah yang memperlihatkan shock buatan Ohlins di body membuat tampilannya makin gahar. Shock depan menganut fork up side down berukuran 43mm yang dibuat oleh Showa.

Lampu depan dan belakang diganti LED dengan bentuk yang futuristik lengkap dengan finishing carbon, lagi-lagi buatan Smoked Garage. Modifikasi ini membuat dimensi motor terlihat ringkas, lincah sekaligus tangguh melewati beragam medan. Beberapa orang mungkin akan bilang, bentuknya ‘liar’. Laburan warna hijau militer makin membuat motor terlihat tangguh.

 

Selain desain futuristis, inovasi teknologi juga dipasang. Donny Yudo Prabowo, Workshop Manager Smoked Garage menegaskan bahwa motor bisa terkoneksi dengan gadget untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Penampil informasi berkendara digital dibuat oleh penghasil aksesoris Motogadget, demikian juga dengan lampu indikator dan sistem kelistrikan motor.

Diluar perubahan tadi, mesin hampir tidak mendapatkan sentuhan. Hanya knalpot diganti dengan model freeflow dibuat oleh Smoked Garage. Sayang, tidak disebutkan apakah penggunaan knalpot custom ini mendongkrak tenaga aslinya. Sebagai informasi, mesin Royal Enfield Himalayan mampu menghasilkan 24,8 PS pada 6.500 rpm, dengan torsi puncak 32 Nm. (Ddn/Odi)

Baca Juga: Terinspirasi Rally Dakar, Begini Wujud Royal Enfield Himalayan Edisi Spesial

Jelajahi Royal Enfield Himalayan

Model Motor Royal Enfield

  • Royal Enfield Continental GT 650
    Royal Enfield Continental GT 650
  • Royal Enfield Interceptor 650
    Royal Enfield Interceptor 650
  • Royal Enfield Meteor
    Royal Enfield Meteor
  • Royal Enfield Classic 500
    Royal Enfield Classic 500
  • Royal Enfield Himalayan
    Royal Enfield Himalayan
Motor Royal Enfield

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Royal Enfield Himalayan Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Royal Enfield Himalayan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Adventure Touring