IIMS 2019: Husqvarna Bawa Dirtbike dan Streetbike Terbaru

IIMS 2019: Husqvarna Bawa Dirtbike dan Streetbike Terbaru

PT Premium Motorindo Abadi selaku APM brand Husqvarna, baru saja meluncurkan dua motor anyar. Motor yang dimaksud FC 450 Rockstar Edition dan Vitpilen 701.

Keduanya memiliki peruntukan berbeda. FC 450 Rockstar Edition, merupakan motor penggaruk tanah dengan jenis moto-cross. Ini motor yang sama dengan para pembalap tim Rockstar Energy Husqvarna dalam kejuaraan AMA Supercross 2018. Tapi Anda harus merelakannya, karena hanya dibatasi lima unit dan sudah ludes terjual. “Jatah FC 450 Rockstar untuk Indonesia maksimum lima sampai tujuh unit. Tapi saat ini, hanya ada lima unit. Itupun semuanya sudah terjual habis,” kata Maharani, Commissioner PT Premium Motorindo Abadi.

Edisi ini memiliki beberapa perbedaan dengan varian basic. Tentu, paling kentara ada di sekujur bodi yang dibubuhi banyak sticker Rockstar Energy. Lalu ada tripple clamp CNC, knalpot FMF titanium, serta warna sticker yang lebih mencolok. Secara teknis sebetulnya sama saja. Masih mengusung mesin 449,9 cc satu silinder dengan ukuran (Diameter x Langkah) 95 x 63,4 mm. Tapi ada sedikit perbedaan pada bobot. Berkurang sekitar 600 gram dari versi standarnya (100,6 kg). Dengan itu semua, harganya melonjak dari Rp 179 juta OFR (Versi standar) menjadi Rp 205 juta.

Satu lagi yang menarik, Vitpilen 701. Yang ini diperuntukkan di aspal. Untuk yang belum tahu, sebetulnya Husqvarna sudah mulai “bermain” di aspal cukup lama. Tahun lalu, adiknya sudah duluan diluncurkan dengan nama Vitpilen 401.

Nah, Vitpilen 701 ini bergaya mirip cafe racer dengan tampilan progresif. Menurut mereka, keunggulan motor ini ada pada pengendalian akurat, bobot ringan dan tenaga berlimpah.

Jantung pacunya dibekali mesin satu silinder 692,7 cc dengan pendingin cairan. Makanya, mampu menghasilkan tenaga 76 PS dan torsi 72 Nm di 6.750 rpm. Hal itu didukung pula sistem injeksi bahan bakar elektronik dengan pengoperasian ride-by-wire. Sehingga, menghasilkan tenaga instan, tajam, sekaligus halus. Untuk mentransfer tenaga, juga disematkan teknologi quick shifter pada transmisinya.

Power besar tentunya butuh alat penahan laju yang mumpuni. Pada rodanya tertanam cakram 320 mm di depan dan 240 mm di belakang. Dua-duanya diapit kaliper buatan Brembo. Tak lupa, sensor ABS lansiran Bosch guna menambah keamanan pengendara. “Berbeda dengan FC 450 Rockstar Edition, Vitpilen kami sediakan unitnya cukup banyak,” tutup Maharani. Banderolnya sendiri sebesar Rp 235 juta OFR. Tertarik? (Hel/Odi)

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Husqvarna Vitpilen 701, Sederhana Tapi Memikat