Hasil Lengkap MotoGP San Marino, Morbidelli Cetak Kemenangan Pertama

Hasil Lengkap MotoGP San Marino, Morbidelli Cetak Kemenangan Pertama

Bukan Valentino Rossi, Maverick Vinales atau pun Fabio Quartararo. Laga MotoGP San Marino (13/9), justru menjadi panggung bagi Franco Morbidelli. Pembalap Petronas Yamaha SRT merupakan satu-satunya penunggang Yamaha M1 yang meraih podium di putaran keenam musim 2020. Sekaligus pula menjadi kemenangan pertamanya di kelas utama.

Meski start dari urutan kedua, Morbidelli punya peluang besar untuk memimpin balapan. Terbukti dirinya mampu melakukan start mulus untuk langsung menempati posisi terdepan hingga masuk tikungan pertama Sirkuit Misano Marco Simoncelli. Di sini, ia langsung ditempel oleh Rossi yang jua tak kalah apik berakselerasi. Sayang, hal serupa tak dijalankan dengan baik oleh Vinales. Sang pemimpin grid start malah disalip Ducatinya Jack Miller.

Di lap kedua, posisi 1,2 dan 3 masih sama. Sementara di belakangnya ada Vinales dan Quartararo. Entah ada masalah apa dengan Vinales, di lap keenam ia malah merelakan posisinya digusur rekan setim musim depan, Quartararo. Nahas, satu lap berikutnya Quartararo terjatuh. Kondisi ini pun mulai mencekam. Pasalnya, ia berpotensi tergusur dari pimpinan klasemen. Yang artinya, membuka pintu bagi Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) untuk bergantian memimpin kejuaraan. Sial bagi Quartararo, dirinya terjatuh untuk kedua kalinya dan benar-benar gagal melanjutkan balapan - tanpa membawa poin.

Bagnaia

Sedangkan di lap itu, kedudukan Morbidelli makin kuat. Ia bahkan terus meningkatkan selisihnya dengan Rossi. The Doctor pun rasanya masih cukup tangguh bagi Miller. Ya, setidaknya akan ada dua podium yang bisa diduduki Yamaha dari seri ini. Sebaliknya, situasi tidak menguntungkan terus saja didera Vinales. Pada lap kedelapan dan sembilan, ia dilewati oleh Francesco Bagnaia (Pramac Ducati Racing) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar). Tempat Vinales bahkan kian terperosok setelah diovertake Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Barulah di lap ke-12, Rins yang sudah ada di urutan keempat mulai memburu Miller. Terlihat jelas memasuki pertengahan balapan tadi Miller mulai kedodoran. Bukan cuma Rins, rekan setimnya di Pramac (Bagnaia) serta Mir berhasil mendahului Miller. Nyatanya, perjuangan ketiga rider tak berhenti sampai di situ. Memasuki lap 18, tempat Rossi - posisi kedua, terancam. Rins berupaya menggusurnya, tapi Bagnaia berhasil menduduki tempat Rins. Bahkan di lap 20, Bagnaia menempati posisi yang sebelumnya dipertahankan Rossi.

Sejak saat itu, Ducati Desmosedici tunggangannya langsung memberi jarak dengan Yamaha M1 tunggangan Rossi. Artinya, podium ketigalah yang masih memungkinkan buat The Doctor. Ironis, memasuki putaran akhir balapan tadi Rossi makin melemah. Situasi ini pun tak disia-siakan Rins untuk merebut posisi Rossi. Tapi, Rins tampaknya melupakan keberadaan Mir. Tepatnya di lap terakhir, pembalap muda Suzuki memberikan kejutan. Bukan hanya melewati Rossi, ia juga mampu mencuri podium ketiga dari Rins.

Joan Mir

Mir finis ketiga di belakang Bagnaia dengan jarak 0,353 detik. Sementara Morbidelli sudah lebih dulu melenggang dengan gap 2,217 detik. Walaupun gagal memborong seluruh podium MotoGP San Marino, Yamaha terutama tim Petronas SRT layak bergembira atas prestasi baru Morbidelli. Pasalnya, capaian ini merupakan kemenangan pertamanya di ajang MotoGP. "Saya sangat senang dan menikmati momen ini sekarang. Terima kasih kepada tim dan orang-orang yang bekerja dan membantu saya. Sepanjang lap terakhir saya berpikir tentang tujuh tahun lalu, ketika saya memenangkan balapan di Italian Championship Superstock. Rasanya sama, tapi lebih lagi," tutur Morbidelli usai balapan.

Kebanggaan yang sama dirasakan Bagnaia selaku peraih podium kedua. Trofi ini adalah pertama untuknya di kelas para raja sejak naik kasta  di 2019. Menariknya lagi, di seri ini kondisi fisik Bagnaia masih belum sepenuhnya pulih akibat cedera patah kaki, iapun turun dari motor sambil menggengam tongkat. Sementara bagi Mir itu menjadi podium keduanya di MotoGP 2020. Walau tak lebih baik ketimbang pencapaiannya di seri Austria, di Misano ini, Mir memberikan penampilan fenomenal pasca memperlihatkan kemampuannya meledani rider senior sekelas Rins maupun Rossi. (Ano/Van)

Hasil MotoGP San Marino:

1. Franco Morbidelli - Petronas Yamaha (YZR-M1)

2. Francesco Bagnaia - Pramac Ducati (GP20)

3. Joan Mir - Suzuki Ecstar (GSX-RR)

4. Valentino Rossi - Monster Yamaha (YZR-M1)

5. Alex Rins Suzuki - Ecstar (GSX-RR)

6. Maverick Viñales - Monster Yamaha (YZR-M1)

7.  Andrea Dovizioso - Ducati Team (GP20)

8.  Jack Miller - Pramac Ducati (GP20)

9.  Takaaki Nakagami - LCR Honda (RC213V)

10. Pol Espargaro - Red Bull KTM (RC16)

11. Miguel Oliveira - Red Bull KTM Tech3 (RC16)

12. Brad Binder - Red Bull KTM (RC16)

13. Aleix Espargaro - Aprilia Gresini (RS-GP)

14. Iker Lecuona - Red Bull KTM Tech3 (RC16)

15. Johann Zarco - Reale Avintia (GP19)

16. Danilo Petrucci - Ducati Team (GP20)

17. Alex Marquez - Repsol Honda (RC213V)

18. Stefan Bradl - Repsol Honda (RC213V)

19. Bradley Smith - Aprilia Gresini (RS-GP)

Tito Rabat - Reale Avintia (GP19) DNF

Fabio Quartararo - Petronas Yamaha (YZR-M1) DNF

Sumber Foto: Facebook Official Team

Baca Juga: Ducati Rekrut Pembalap Moto2 Untuk Musim 2021

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store