GIIAS 2022: Motor Listrik Alva One Dirakit Lokal di Cikarang, Kapasitas Produksi 100 Ribu Unit per Tahun

GIIAS 2022: Motor Listrik Alva One Dirakit Lokal di Cikarang, Kapasitas Produksi 100 Ribu Unit per Tahun

PT Ilectro Motor Group (IMG) sebagai agen pemegang merek Alva Auto resmi meluncurkan produk pertamanya Alva One di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Hadir sebagai pemain baru, strategi dan road map bisnisnya sangat serius, bahkan sudah punya fasilitas perakitan di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Alva One

    Dibanderol Rp34,99 juta OTR Jakarta
  • Dijelaskan oleh Presiden Direktur PT IMG, Purbaja Pantja produk perdananya Alva One sudah dirakit secara lokal. Dengan strategi tersebut membuat harga jual dari motor listrik ini bisa ditekan di Rp34,99 juta OTR atau beda tipis dengan Yamaha NMax dan PCX.

    "Diproduksi lokal pabrik kita di Cikarang dan memiliki kapasitas produksi sebesar 100 ribu kendaraan motor listrik per tahunnya. Dengan ini kami berharap bisa menjadi suatu dambaan buat masyarakat di berperforma tinggi dengan konektivitasnya yang membuat motor ini unik dibanding motor-motor yang lain," kata Purbaja di sela-sela peluncuran Alva One, Kamis (11/8).

    Alva One

    Sementara menurut Managing Director PT IMG, Rainer Haryanto target Tingkat Kandungan Komponen Lokal (TKDN) yang akan dimiliki Alva One di tahun depan bisa menyentuh 40 persen. Adapun proses RND dari motor ini dilakukan oleh pihak lokal dengan melibatkan beberapa desainer dalam negeri dan luar negeri.

    Baca juga: GIIAS 2022: Lebih Murah dari NMax dan PCX, Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan

    "Untuk desain kita berkolaborasi dengan banyak pihak. Kalau bicara soal RND itupun hal yang sedang kita galakan karena motor listrik ini adalah sesuatu yang baru. Maka dari itu hal berkaitan RND sangat dibutuhkan dan rencana kita ingin bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia guna memastikan kami memiliki kolaborasi itu, utamanya yang berkaitan dengan baterai." jelas Rainer.

    Rencana Bangun Ekosistem Motor Listrik

    Untuk saat ini Volta Auto belum memiliki fasilitas Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), namun secara bertahap mereka memastikan bila ekosistem yang mempermudah penggunaan kendaraan listrik, terkhusus Alva akan dibuat oleh pabrikan.

    Alva One

    "Dengan jarak tempuh hingga 70 kilometer kebutuhan melakukan charging bisa dilakukan di rumah dengan voltase 1.300 watt itu sudah cukup. Tapi ke depan tentu kita akan membuat dan menyiapkan charging station yang juga akan kita instal di beberapa lokasi," imbuh Purbaja.

    Guna memberikan kenyamanan lebih bagi para pemilik Alva One, IMG menghadirkan layanan call center dan road assistance 24 jam penuh.

    "Kita ingin memberikan peace of mind para konsumen kita bahwa di manapun mereka berada dan apabila mengalami kesulitan kami akan membantu. Maka dari itu kita ada call center 24 jam dan road assistance yang akan membantu para pengguna di manapun dan kapanpun," tambahnya.

    Alva One

    Performa Setara Motor Bermesin 150 cc

    Sebagai produk perdananya, Alva One tampil berbeda ketimbang motor listrik yang sudah eksis lebih dulu. Dia punya DNA skutik maxi mirip-mirip Yamaha NMax dan Honda PCX.

    Urusan performa pun demikian, pabrikan berani mengklaim bila Alva One punya output yang setara dengan motor bensin berkubikasi 150 cc. Dia dibekali dengan baterai lithium berdaya 60v 45Ah (2,7 kWh) dan memiliki tenaga maksimal 4 kW atau 5,3 daya kuda dan torsi yang besar menyentuh 46,5 Nm.

    Sementara untuk kecepatan puncaknya Alva One mampu digeber hingga kecepatan 90 km per jam dengan jarak tempuh di 70 kilometer. Adapun untuk durasi pengisian baterai dari posisi kosong hingga penuh bisa dituntaskan dalam waktu 4 jam.

    Untuk memaksimalkan kenyamanan dan keasyikan berkendara skutik listrik turut dibekali dengan modus berkendara: Eco, Cruise, dan e-Sport, reverse mode, lampu full LED, USB port, panel meter TFT, smart key, hingga peranti konektivitas dengan gawai. (KIT/TOM)

    Baca juga: GIIAS 2022: Suzuki S-Presso Resmi Mengaspal, Harga Termurah Rp155 Juta

    Jelajahi Alva One

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Yamaha Fazzio
      Yamaha Fazzio
    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Kawasaki Ninja ZX-25R
      Kawasaki Ninja ZX-25R
    • Honda CBR250RR
      Honda CBR250RR
    • Yamaha MX King
      Yamaha MX King
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    Motor Honda

    Jangan lewatkan

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Alva One Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Alva One

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Alva One dari Zigwheels

    • Motovaganza