jakarta-selatan

GIIAS 2019: Siapakah Lawan Honda ADV150?

  • 21 Jul, 2019
  • 2794 Kali Dilihat

Sebagai model yang baru meluncur di GIIAS 2019, Honda ADV150 bisa jadi ancaman di segmen skutik premium 150 cc. Lewat desain seperti ini saja, rasanya sudah membuat brand lain terkejut. Maklum, sajian ala Honda X-ADV yang harganya ratusan juta, menjadi salah satu aspek yang ditawarkan PT Astra Honda Motor (AHM) kepada masyarakat di Tanah Air.


Padahal, di Indonesia pemain kelas ini sudah cukup banyak. Dimulai dari brand sedarahnya, PCX 150. Kemudian, ada dua line up Yamaha, NMax dan Aerox. Namun, jangan lupakan juga Piaggio Indonesia punya sederet produk serupa. Sebutlah Vespa Sprint 150 i-Get, Primavera 150 i-Get maupun Vespa GTS 150. Belum lagi munculnya kompetior baru seperti Kymco Like 150i hingga Lambretta.



Terlepas dari desain dan kapasitas mesin, harga bisa jadi bahan pertimbangan utama sebelum calon konsumen memutuskan untuk membeli. Sebagai perbandingan, ADV150 dijual mulai Rp 33,5 juta (tipe CBS). Sementara PCX dari Rp 28 jutaan untuk varian selevel. Dengan selisih harga Rp 5,5 juta, secara logika sudah pasti kecenderungan memilih PCX lebih tinggi.


AHM sudah mengakui bahwa ada potensi irisan pasar antara PCX dan ADV150. Mungkin lagi-lagi lantaran ADV150 menawarkan wajah segar, meski basis mesinnya sama. Pada akhirnya, kedua produk ini punya diferensiasi untuk masing-masing konsumen perihal selera.


Bagaimana dengan brand lain seperti Yamaha? Di kategori ini Yamaha Indonesia memiliki jagoan, NMax. Tak hanya itu, skutik bermesin 155 cc juga masih digdaya merajai kelas skutik 150 cc. Dengan harga jauh lebih murah dari ADV150, rasanya cukup berat bagi ADV150 untuk meracuni penyuka NMax.


Walaupun, pada kenyataannya NMax sendiri tak mengalami perubahan signifikan sejak meluncur tahun lalu. Sementara lewat produk barunya ini, AHM ingin menggoda lewat gaya adventure. ADV150 juga lebih siap diajak jalan jauh dengan muatan bagasi 28 liter, kapasitas bensin 8 liter, model stang fatbar dan ergonomi berkendara yang tak kalah asyik dari NMax.


Lalu, tidak menutup kemungkinan juga ADV150 yang dibanderol Rp 30 jutaan, membuat 'sinis' brand ikonik sekelas Vespa dan Lambretta. Kami paham segmentasinya tentu saja berbeda dan kita ketahui juga konsumennya merupakan loyalis. Namun, bicara soal segmen premium, ada kemungkinan pergeseran itu terjadi. Mengingat harga Vespa buatan Vietnam ini datang ke Indonesia dengan harga mulai dari 40 jutaan. Sementara ADV150 hasil racikan pabrik Honda di Sunter ditawarkan dengan angka psikologis Rp 30 jutaan.


Meski begitu, semua pilihan tentu kembali kepada Anda. Di balik ancaman yang mulai ditebar Honda ADV150, setidaknya produk ini dapat meramaikan pilihan bagi masyarakat dalam menentukan skutik 150 cc yang ingin dibelinya. Tertarik mencoba? Datang saja ke GIIAS 2019. (Ano/Van)


Baca Juga: Daftar Motor yang Bisa Dites Pengunjung GIIAS

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda ADV 150

Lihat video terbaru Honda ADV 150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi