Ekspansi ke Segmen Listrik, Italjet Luncurkan Dragster Elettrico

Ekspansi ke Segmen Listrik, Italjet Luncurkan Dragster Elettrico

Pabrikan motor asal Italia, Italjet menginformasikan bakal meniagakan motor berteknologi listrik. Portofolio pertamanya adalah Italjet Dragster Elettrico yang jika sesuai rencana akan dijual resmi pada semester 2 tahun depan.

Dari visual dan desain, Dragster Elettrico tak memiliki perbedaan dengan Dragster bermesin internal bahan bakar. Siluet tajam, sasis teralis, dan bahasa bodi yang agresif masih dipertahankan. Tak heran, karena bagian ini jadi salah satu nilai jual yang ditawarkan pabrikan kepada konsumen.

Diferensiasinya ada di bagian belakang, karena berpenggerak listrik lantas komponen knalpot ditanggalkan. Komponen mesin hilang digantikan oleh dinamo listrik yang yang ditempatkan di hub velg belakang.

Italjet Dragster Eletricco

Komponen CVT sampai filter udara juga dihilangkan, diganti dengan komponen pendukung kelistrikan. Lahir sebagai motor ramah lingkungan, pabrikan memberikan semacam detail eksklusif yakni aksen biru bertuliskan power by FELQ di sekitar dinamo listrik.

Baca juga: Pabrik Piaggio Indonesia Produksi Motor Listrik Mulai 2023, Vespa Elettrica?

Mengutip Webike, Italjet Dragster disuntik motor listrik berkapasitas 12kW, dan daya nominal 6 kW sementara torsi di roda mencapai 340 Nm. Dengan baterai 4,91 kWh Dragster listrik ini memiliki daya jangkau sampai 180 kilometer saat baterai terisi penuh. Sementara akselerasi dari posisi diam sampai 50 kilometer per jam bisa dituntaskan dalam waktu 2,9 detik saja.

Mejeng di EICMA Milan 2021

Italjet Dragster Elettrico diperkenalkan di pameran otomotif EICMA Milan 2021, Italia. Di momen pengenalannya, Italjet bersuara senyap itu hadir dengan kelir kuning kombinasi putih. Tampilan sasis makin atraktif karena dilabur dengan warna kuning.

Italjet Dragster Eletricco

Italjet Dragster listrik menggunakan velg ukuran 12 inci dengan profil ban 120/70 di depan dan 140/60 di belakangnya. Kelebihan lain yang ditawarkan motor ini adalah rancang suspensinya, di haluan depan pakai model yang dipatenkan sebagai Independent Steering System (ISS).

Coba lihat, tak ada suspensi kiri dan kanan di bagian depan seperti pada motor-motor kebanyakan, dan sistem rodanya tak terhubung langsung ke area setang. Oh iya, selain itu pengereman roda depan dan belakang sudah dibekali dengan kaliper 2 piston dari Brembo.

Sementara untuk fitur keamanan aktifnya sudah dibekali dengan pengereman Anti-lock Braking System (ABS) 2-Channel.

Italjet Dragster 200

Merek Italjet di Indonesia

Merek motor Italjet resmi masuk Indonesia lewat pameran IIMS Hybrid 2021 lalu. Saat itu UtomoCorp sebagai agen pemegang merek Italjet Dragster di Tanah Air menjual Dragster mesin bensin dengan harga cukup fantastis yakni Rp 137 sampai Rp 145 juta OTR.

Tak menutup kemungkinan jika Italjet Dragster berteknologi listrik juga akan hadir di Indonesia menanami versi mesin bensinnya. Jadi kita tunggu saja kejutan dari pabrikan terkait harga dan strategi pemasarannya. (Kit/Tom)

Sumber: Webike

Baca juga: Italjet Rekrut Andrea Dovizioso Untuk Kembangkan Dragster Baru

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor