IIMS Hybrid 2021: Italjet Dragster 200 Resmi Dipasarkan, Harga Tembus Rp 137 juta

IIMS Hybrid 2021: Italjet Dragster 200 Resmi Dipasarkan, Harga Tembus Rp 137 juta

UTOMOCORP sebagai payung APM Italjet di Indonesia resmi memasarkan Dragster 200 di IIMS Hybrid 2021 hari ini, Kamis (15/4/2021). Skuter berpenampilan brutal ini sekaligus menjadi tambahan line up dari model 125 cc sebelumnya eksis. Tentunya dengan bekalan dapur pacu lebih memukau. Sementara harga jualnya tembus Rp 137 juta OTR Jakarta untuk seri non-limited edition.

"Italjet Dragster adalah sebuah inovasi, ambisi dan passion. Merupakan Urban Superbike yang mencerminkan filosofi Italjet untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi, inovatif dan terdepan. Kami bangga dapat menghadirkan Dragster di Indonesia," ujar Denny Utomo, CEO UTOMOCORP.

Sebagai informasi, Italjet Dragster 200 pertama kali dikenalkan di ajang EICMA , Milan, Italia pada 2018 lalu. Motor yang terinspirasi oleh kendaraan luar angkasa ini, punya penampilan yang nyentrik. Tak heran kalau harga resminya ditunggu-tunggu oleh biker dari seluruh dunia.

Italjet Dragster 200

Selayaknya Italjet, Anda pasti langsung dapat mengenali sosoknya tanpa menerka-nerka terlalu lama. Eksekusi penampilan begitu khas. Memiliki karakter sangat kuat. Tentu beserta aksen terondol yang jadi resep kunci pada produk mereka. Fasad serba tajam dipresentasikan dengan kesan intimidatif. Sementara sambungan-sambungan besi dan aluminium menjadi hal paling maskulin dari skuter kencang satu ini. Lain daripada produk kompetitor.

Tidak soal penampilan saja tentu. Dragster memang hadir sebagai skuter berperforma tinggi. Sehingga perlengkapan dapur pacu hingga pendukungnya optimal. Kalau Anda sudah terpukau dengan yang seri 125, rasanya perlu melihat lagi versi 200 ini.

Desain mesin yang radikal ini terinspirasi dari motor Bimota Testi 3D- Style, dengan pengaplikasian mekanisme suspensi/ kemudi hub-center. Berbekal dapur pacu 200 cc DOHC empat katup satu silinder dengan liquid coling, dikombinasikan ECU Magneti Marelli. Ia mampu mencapai tenaga maksimal mencapai 20 Hp pada 8.250 rpm, sedangkan torsi puncaknya 17 Nm  pada 6.250 rpm.

Masih terlihat biasa? Tunggu dulu. Bobot keringnya cukup memukau buat ukuran motor 200 cc, yakni hanya 112 kg. Alias bisa mencapai angka power-to-weight ratio begitu optimal.

Italjet Dragster 200

Di samping bodinya minimalis, penghematan berat juga disebabkan penggunaan material papan atas. Ia ditopang struktur teralis dengan plat aluminium. Sampai ke lengan tunggal berbahan serupa. Selain itu, Independent Steering System (ISS) juga jadi salah satu nilai jual dimiliki. Hal ini memisahkan kinerja pengendalian dan pergerakan suspensi, supaya mengurangi getaran roda dan stang Dragster. Plus, tangki bensin 7-liter ditempatkan dekat footrest untuk distribusi bobot optimal dan merendahkan titik gravitasi.

Model suspensinya juga unik. Di depan mengenakan shock breaker hydro pneumatic dengan setelan spring (per). Begitu pula di belakang, ditopang model shock sama. Dengan setelan pula. Benda-benda tadi turut menempel pada ukuran roda belang khas Dragster, 12 inci 120/70 di depan dan 13 inci 140/60 roda belakang bermerek Pirelli Angel. Dan guna memaksimalisasi deselerasi, peranti rem diprakarsai disc brake hidrolis kaliper Brembo.

CEO Italjet  Massimo Tartarini mengungkapkan, punya konsep asli Italia dan tidak ada duanya. "The Italjet Dragsters  200 yang kami miliki adalah 100% murni buatan Italia. Itu menjelaskan mengapa itu agak mahal,” kata Alberto dikutip dari TopGear.com.ph.

Soal unit bagi mereka yang berminat sepertinya harus berbegas, pasalnya Indonesia mendapat jatah terbatas. "Italjet Dragster akan diproduksi sebanyak 499 unit dan dipasarkan di 19 negara. Khusus untuk Indonesia, kami memiliki alokasi sebanyak 40 unit Italjet Dragster yang sudah siap untuk dipesan,” tutup Denny. Untuk seri limited edition harganya sekitar Rp 145 juta OTR Jakarta. Lantas seri biasa diset Rp 137 juta OTR Jakarta. (Hlm/Raju)