• Wishlist

Ducati Multistrada 1200 Versi 2021 Pakai Mesin Panigale V4?

Ducati Multistrada 1200 Versi 2021 Pakai Mesin Panigale V4?

Ducati Multistrada 1200 generasi terbaru terlihat sedang uji coba. Tampak jelas dari foto mata-mata, yang diyakini sebagai motor penjelajah dari Ducati. Terlepas dari stiker kamuflase, versi final Multistrada dikabarkan pakai mesin Desmosedici Stradale V4 dari Panigale V4 atau Streetfighter V4.

Menurut informasi, pengetesan motor prototipe itu dilakukan di Eropa. Besar kemungkinan dekat dengan pabrik Ducati di Bologna, Italia. Uji cobanya ternyata sudah berlangsung sejak tahun lalu. Hal itu dibenarkan oleh bos Ducati, Claudio Domenicali. Ia memberikan informasi terkait Multistrada baru pada September 2019. “Multistrada baru diharapkan terlaksana pada akhir 2020, mungkin di EICMA,” katanya di laman Motorrad.

Walau terdapat beberapa ubahan, Multistrada V4 tetap berkiblat pada pendahulunya. Masih sebagai motor penjelajah yang memberikan kenyamanan ketika dibawa jalan jauh. Tampang masih tetap menganut model L-twin. Tetapi ada banyak perubahan dengan model lama.

spyshot ducati multistrada

Desain keseluruhan belum berubah secara drastis, tetapi unit yang diuji menggunakan headlamp LED baru, fairing yang direvisi, spion model baru, dan besar kemungkinan memakai Advanced Rider Assistance System (ARAS). Fitur itu bakal menjadi yang pertama kali digunakan pada sepeda motor produksi Ducati.

Sistem baru dari Ducati itu mampu memberikan proteksi kepada pengendaranya. Berupa sensor radar yang dapat membaca situasi sekitar secara terus menerus, dan memberikan respons saat situasi bahaya. Teknologi ini bahkan lebih cepat dari reaksi naluriah manusia. Teknologi keselamatan untuk rider itu telah dikembangkan bersama Audi selama beberapa tahun terakhir. Dan tampaknya siap untuk dirilis ke publik untuk kendaraan roda dua.

Unit radar diposisikan di atas lampu utama, serta di bawah lampu belakang. Sistem radar siap memonitor jarak ke kendaraan lain di depan, serta memberi peringatan jika kendaraan mendekat terlalu cepat dari belakang. Kemudian ada layar TFT baru yang lebih besar. Dibekali panel indikator LCD yang memiliki fitur koneksi ke Bluetooth. Beberapa fitur lain juga bakal dimiliki oleh Multistrada V4 seperti Kontrol Traksi, Cornering ABS, sensor IMU, sistem throttle elektronik dan berbagai mode berkendara.

ducati multistrada V4

Lalu ada beberapa perbedaan utama lain. Paling jelas di antaranya main frame, subframe belakang, dan swingarm. Rangka utama menggunakan jenis Casting Frame, sementara bingkai belakang justru pakai tipe teralis yang dicat merah. Swingarmnya kembali ke gaya tradisional seperti yang ditemukan pada Multistrada 1260 Enduro. Bukan lagi mengandalkan single arm.

Untuk meredam getaran kala dibawa turing, motor bergenre adventure dari pabrikan Italia masih mengandalkan tipe suspensi yang sama dengan pendahulunya. Dibekali peredam kejut upside down untuk bagian depan, dan monoshock buat belakang pakai lansiran Ohlins.

Setelah dikenalkan dalam bentuk produksi, Multistrada versi gres menjadi model ketiga dari Ducati yang menggunakan mesin V4. Setelah Ducati Panigale V4 dan Ducati Streetfighter V4. Keduanya mampu menghasilkan tenaga hingga 202 Hp dari mesin 1.103 cc. Kemungkinan motor turing Ducati disetel untuk lebih ramah. Karena memang motor tourer selalu berfokus pada performa yang lebih intens di rpm menengah. Diperkirakan daya yang dihasilkan berkisar 190 hp.

Multistrada generasi baru kemungkinan menjadi tambahan untuk model-model lain saat ini, Multistrada 950, dan Multistrada 1260. Namun ada spekulasi yang menyatakan kalau dirinya digadang untuk menggantikan versi lawas, yakni Multistrada 1260 yang masih dijual secara global saat ini. (Bgx/Odi)

Sumber: Motorcyclist online, Cycleworld, More bikes

Baca Juga: Waspada Penyebaran COVID-19, Pabrik Ducati Tutup Lebih Lama

Jelajahi Ducati MultiStrada

Ducati MultiStrada Rp 379 - Rp 735 Juta Cicilan : Rp 8,65 Juta

Bandingkan & Rekomendasi